Pendakicantik.com – Nepal van Java merupakan tempat wisata baru nan asri yang terletak di Dusun Butuh, lereng Gunung Sumbing.

Nepal van Java ibarat Nepal yang sangat dikenal dengan latar Gunung Everest yang selalu jadi background foto dari Kota Kathmandu.

Baca Juga: Pencarian Pendaki Hilang Dihentikan Pada Hari Ketujuh

Sungguh tempat yang sangat indah, perpaduan antara karya tangan manusia dan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Nepal van Java: Tips Berkunjung ke Nepal-nya Indonesia

Dusun Butuh yang juga dijuluki sebagai Nepal van Java merupakan salah satu tempat yang benar-benar tertata dengan sangat rapi.

Rumah-rumah warga yang tertata rapi berjajar, berwarna-warni dengan latar Gunung Sumbing yang berdiri megah menambah eksotisnya kawasan wisata ini. Gunung setinggi 3.371 mdpl tersebut tampak berdiri kokoh di tengah pemukiman yang berjajar rapi. Pemandangan ini menjadi sebuah kombinasi foto yang pas.

Baca Juga: Seorang Pendaki Terhimpit di Celah Tebing Batu, Kondisi Telanjang Bulat

Nepal van Java berlokasi di Dusun Butuh, Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jarak yang bisa ditempuh 1 jam 52 menit dari Kota Semarang sekitar 102 km atau dari Kota Yogyakarta sekitar 2 jam 6 menit karena hanya berjarak 64 km.

Nepal van Java: Tips Berkunjung ke Nepal-nya Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – @alivikry

Tips untuk wisatawan sebelum berkunjung ke Nepal van Java

Pertama, Kendaraan yang prima

Pastikan para traveler menggunakan kendaraan yang cukup bagus atau bertenaga karena medan yang ditempuh berupa tanjakan sehubung dengan lokasi Dusun Butuh berada di lereng Gunung Sumbing. Kondisi jalan yang terjal tentu membutuhkan kendaraan yang cukup prima baik mobil maupun motor.

Kedua, Siapkan drone atau perangkat dokumentasi

Siapkan drone atau perangkat dokumentasi yang dapat menangkap objek secara luas. Karena objek foto yang cukup luas, ada baiknya jika wisatawan memiliki drone atau perlengkapan dokumentasi untuk mengabadikan keindahan Nepal van Java. Jika tidak memiliki juga tidak masalah. Kamu bisa mengabadikannya secara terpisah.

Baca Juga: Pencarian Pendaki Hilang di Bukit Krapyak Libatkan Tokoh Spiritual

Ketiga, Datang di pagi hari saat cuaca cerah

Saat cerah langit biru juga bakal mempercantik pemandangan dikombinasikan dengan hijaunya Gunung Sumbing dan perumahan penduduk akan tampak serasi. Cuaca cerah biasanya berkisar bulan Mei hingga September.

Nepal van Java: Tips Berkunjung ke Nepal-nya Indonesia
Foto: Pendaki Cantik – @awaneko20

Tiket Masuk

Dulu objek ini hanya merupakan jalur pendakian para pendaki gunung ke Gunung Sumbing, tapi sekarang sudah diubah oleh warga sekitar menjadi kawasan wisata alam.

Tiket masuk sebesar Rp 10.000 kita bisa mengexplore dusun ini dengan berjalan kaki atau jika merasa tidak terlalu kuat maka bisa menyewa jasa ojek dengan biaya Rp 35.000 per hari.

Para pengunjung bisa request ke mana saja dan dibantu berfoto. Di kawasan Nepal van Java ini disediakan juga tempat untuk menginap di rumah-rumah penduduk.

 

Share.