Pendakicantik.com – Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asli dan indah. Hamparan gunung dan pegunungan yang membentang dari Sabang sampai Merauke menambah keasrian alam Indonesia.

Beberapa gunung dengan puncak paling tinggi di Indonesia dikenal sebagai Seven Summit Indonesia. Pegunungan ini terletak di beberapa pulau di Indonesia mulai dari Sumatera sampai Papua.

Baca juga: TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER MASUK SERIAL OUR GREAT NATIONAL PARKS

Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @nadinelist

Seven Summit Indonesia: Antara Hobi dan Budget

Terkadang untuk bisa menyalurkan hobi, sangat diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Bukan hanya kesiapan fisik dan mental saja yang diperlukan; tetapi yang paling adalah budget atau uang untuk membiayai sebuah perjalanan menuju puncak impian.

Secara umum, biaya yang disiapkan untuk menggapai seven summit ini tidak sedikit. Namun kali ini hanya mengulas tentang seven summit atau puncak tertinggi di Indonesia.

1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Puncak Jaya juga biasa dikenal dengan nama Carstensz Pyramid yang merupakan puncak dari Pegunungan Jayawijaya di Propinsi Papua.

Gunung yang menjadi sport tourism ini mempunyai ketinggian 4.884 mdpl dan sebagai salah satunya puncak paling tinggi di Indonesia. Carstensz Pyramid juga dinobatkan sebagai salah satu Wold Seven Summits atau puncak paling tinggi di dunia.

Untuk capai puncak, pendaki harus mempunyai ketrampilan khusus seperti panjat tebing. Jalur pendakian untuk mencapai puncak Jaya yaitu

  • Jalur pendakian melalui Ilaga
  • Jalur pendakian melalui Sugapa
Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @noviherdyy

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci sebagai gunung paling tinggi yang terletak di Pulau Sumatera. Dengan ketinggian yang mencapai 3.805 mdpl, Gunung Kerinci ditetapkan sebagai Seven Summit Indonesia.

Lokasi gunung ada di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Perlu diketahui bahwa Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional paling besar di Indonesia.

Salah satu Seven Summit Indonesia ini sudah memiliki status sebagai gunung berapi paling tinggi di Asia Tenggara. Di samping itu, gunung sebagai sasaran para pendaki ini sudah ditetapkan sebagai Word Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @paulalieoni

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang di Propinsi Jawa Timur. Gunung Semeru berada pada ketinggian 3.675 mdpl. Gunung Semeru sebagai salah satu gunung aktif di Indonesia. Kurang dari 20 menit sekali, kawah di gunung ini mengeluarkan abu vulkanik.

Salah satu Seven Summit Indonesia ini berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Daya tarik paling utama Gunung Semeru adalah karakteristik medan yang bervariasi.

Di perjalanan ke arah puncak, pendaki bisa melihat lanscape padang sabana hutan cemara, danau gunung, sampai hutan montana.

Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @jullyten

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani sebagai gunung paling tinggi di rangkaian kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung berapi aktif kedua di Indonesia ini mempunyai ketinggian 3.726 mdpl. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani ialah danau kaldera yang ada di puncaknya. Untuk mencapai puncak itu, pendaki bisa melalui dua lajur pendakian, yakni

  • Jalur pendakian gunung Rinjani melalui Sembalun
  • Jalur pendakian gunung Rinjani melalui Senaru.
Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @talita

5. Gunung Bukit Raya

Jejeran Seven Summit Indonesia menelusuri sampai Pulau Kalimantan. Gunung Bukit Raya berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Gunung yang secara administratif berada di bawah pemantauan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Gunung ini berada pada ketinggian 2.278 mdpl. Berbeda dengan beberapa Seven Summit Indonesia yang lain, Gunung Bukit Raya bukan termasuk gunung berapi.

6. Gunung Latimojong

Seven Summit Indonesia ini berada di Pulau Sulawesi. Gunung Latimojong mempunyai ketinggian 3.430 mdpl. Puncak paling tinggi Gunung Latimojong ada di puncak Rantemario.

Daya tarik Gunung Latimojong ialah ada bermacam tipe satwa yang tinggal dan hidup di lokasi ini. Bahkan juga jika beruntung, pendaki bisa bertemu dan melihat anoa dan babi rusa sepanjang pendakian. Jalur umum pendakian yang paling sering digunakan ialah jalur Kecamatan Baraka.

Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @ibu_pendaki

7. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya berada di Kepulauan Maluku. Tepatnya, gunung ini berada di Pulau Seram, Maluku. Puncak Binaiya mempunyai ketinggian 3.027 mdpl dan termasuk  dalam pegunungan kars dan tidak aktif.

Kekhasan Gunung Binaiya mempunyai medan yang bervariatif. Gunung memiliki hutan dengan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, hingga hutan sub alpin.

Seven Summit Indonesia: Antara Hobi Dan Budget
Foto: Pendaki Cantik – @lasportivaindonesia

Share.