Wisata Menarik Di Sekitar Gunung Malabar

Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar merupakan tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara pegunungan. Gunung Malabar yang terletak di Jawa Barat ini memiliki ketinggian sekitar 1.676 mdpl dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Menikmati keindahan alam yang masih asri dan alami.
  • Menikmati kesejukan udara pegunungan yang segar dan menyehatkan.
  • Menjadi sarana rekreasi dan hiburan yang menyenangkan.

Adapun beberapa tempat wisata menarik di sekitar Gunung Malabar, di antaranya:

  • Kawah Kamojang
  • Curug Malela
  • Kebun Teh Malabar
  • Situ Cileunca
  • Tebing Keraton

Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar

Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar menawarkan berbagai pesona alam yang patut dijelajahi. Berikut adalah 10 aspek penting yang menjadi daya tarik utama kawasan wisata ini:

  • Pemandangan Alam
  • Udara Segar
  • Curug Malela
  • Kawah Kamojang
  • Kebun Teh Malabar
  • Situ Cileunca
  • Tebing Keraton
  • Villa dan Resort
  • Kuliner Khas
  • Akses Mudah

Keindahan alam sekitar Gunung Malabar menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Udaranya yang segar dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melepas penat. Kawah Kamojang, Curug Malela, dan Situ Cileunca adalah beberapa spot wisata alam yang wajib dikunjungi. Pengunjung juga dapat menikmati hijaunya hamparan kebun teh Malabar yang asri. Tak ketinggalan, Tebing Keraton menyajikan spot foto yang instagramable dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau.

Selain keindahan alam, kawasan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar juga menawarkan berbagai fasilitas penunjang, seperti villa dan resort yang nyaman. Beragam kuliner khas sunda yang lezat turut memanjakan lidah wisatawan. Akses menuju kawasan wisata ini juga terbilang mudah, sehingga dapat dijangkau oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Pemandangan Alam

Pemandangan Alam, Gunung Indonesia

Pemandangan alam merupakan salah satu aspek terpenting yang menjadikan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar begitu diminati wisatawan. Keindahan alam yang masih asri dan alami menjadi daya tarik utama kawasan wisata ini.

Hamparan kebun teh yang hijau membentang luas, air terjun yang mengalir deras, dan kawah yang masih aktif menjadi beberapa contoh pemandangan alam yang dapat dinikmati di sekitar Gunung Malabar. Pemandangan alam ini memberikan kesegaran dan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, pemandangan alam di sekitar Gunung Malabar juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Hal ini menjadikan kawasan wisata ini sebagai spot foto yang instagramable. Banyak wisatawan yang datang ke Gunung Malabar untuk mengabadikan keindahan alamnya melalui foto-foto yang menarik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemandangan alam memiliki peran yang sangat penting dalam menjadikan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar sebagai destinasi wisata yang populer. Keindahan alam yang masih asri dan alami menjadi daya tarik utama yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke kawasan wisata ini.

Udara Segar

Udara Segar, Gunung Indonesia

Udara segar merupakan salah satu komponen penting yang menjadikan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar begitu diminati wisatawan. Udara yang bersih dan segar di kawasan gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Udara segar di sekitar Gunung Malabar disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Ketinggian kawasan wisata yang berada di pegunungan.
  • Banyaknya pepohonan dan tumbuhan hijau di sekitar gunung.
  • Minimnya polusi udara karena jauh dari kawasan industri dan perkotaan.

Udara segar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan kadar oksigen dalam darah.
  • Memperlancar pernapasan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Menurunkan stres dan membuat pikiran lebih rileks.

Dengan demikian, keberadaan udara segar di sekitar Gunung Malabar menjadi salah satu faktor penting yang membuat kawasan wisata ini menjadi destinasi yang tepat untuk berlibur dan menyegarkan pikiran.

Curug Malela

Curug Malela, Gunung Indonesia

Curug Malela merupakan salah satu objek wisata alam yang populer di sekitar Gunung Malabar. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana yang menyegarkan.

  • Keindahan Alam

    Curug Malela memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Air terjun yang deras mengalir di antara tebing batu yang tinggi, dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Pemandangan ini memberikan kesejukan dan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung.

  • Udara Segar

    Selain keindahan alamnya, Curug Malela juga memiliki udara yang segar dan bersih. Hal ini dikarenakan lokasi air terjun yang berada di kawasan pegunungan yang masih asri. Udara segar ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

  • Spot Fotografi

    Curug Malela merupakan spot fotografi yang sangat populer. Pemandangan air terjun yang indah dan suasana alam yang asri menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar mengabadikan momen. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Curug Malela untuk mengambil foto-foto yang instagramable.

  • Sarana Rekreasi

    Selain keindahan alamnya, Curug Malela juga dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi. Wisatawan dapat menikmati kesegaran air terjun dengan berenang atau bermain air di bawah air terjun. Selain itu, wisatawan juga dapat bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Keindahan alam, udara segar, spot fotografi, dan sarana rekreasi yang lengkap menjadikan Curug Malela sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di sekitar Gunung Malabar. Air terjun ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, melepas penat, atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang, Gunung Indonesia

Kawah Kamojang merupakan salah satu objek wisata alam yang populer di sekitar Gunung Malabar. Kawah yang masih aktif ini menawarkan pemandangan alam yang unik dan menarik, sekaligus menjadi salah satu sumber energi panas bumi terbesar di Indonesia.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

    Kawah Kamojang merupakan salah satu sumber energi panas bumi terbesar di Indonesia. Di sekitar kawah terdapat beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang memanfaatkan panas bumi untuk menghasilkan listrik. Keberadaan PLTP ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang pemanfaatan energi terbarukan.

  • Pemandangan Alam

    Selain sebagai sumber energi panas bumi, Kawah Kamojang juga menawarkan pemandangan alam yang unik dan menarik. Wisatawan dapat melihat kawah yang masih aktif dengan asap belerang yang mengepul, serta pemandangan alam sekitar yang masih asri.

  • Wisata Edukasi

    Kawah Kamojang dapat menjadi tempat wisata edukasi yang menarik bagi wisatawan. Wisatawan dapat belajar tentang energi panas bumi, proses pembentukan kawah, dan manfaat energi panas bumi bagi kehidupan manusia.

  • Spot Fotografi

    Kawah Kamojang merupakan spot fotografi yang populer bagi wisatawan. Pemandangan kawah yang unik dan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar mengabadikan momen.

Keunikan alam, manfaat energi panas bumi, dan daya tarik wisatanya menjadikan Kawah Kamojang sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di sekitar Gunung Malabar. Kawah ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, belajar tentang energi panas bumi, atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Malabar, Gunung Indonesia

Kebun Teh Malabar merupakan salah satu komponen penting yang menjadikan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar begitu diminati wisatawan. Perkebunan teh yang luas dan hijau membentang di lereng-lereng Gunung Malabar, menciptakan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Selain keindahan alamnya, Kebun Teh Malabar juga memiliki nilai sejarah dan ekonomi yang tinggi. Perkebunan ini pertama kali didirikan pada masa kolonial Belanda pada tahun 1896. Sejak saat itu, Kebun Teh Malabar menjadi salah satu penghasil teh terbesar di Indonesia. Teh yang dihasilkan dari perkebunan ini memiliki kualitas yang tinggi dan telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Bagi wisatawan, Kebun Teh Malabar menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam perkebunan teh sambil berjalan-jalan atau bersepeda di antara hamparan teh yang hijau. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi pabrik pengolahan teh untuk melihat proses pembuatan teh dari awal hingga akhir.

Keberadaan Kebun Teh Malabar melengkapi daya tarik Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Perkebunan teh yang indah dan asri menjadi salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata ini. Selain itu, Kebun Teh Malabar juga memiliki nilai sejarah dan ekonomi yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata yang edukatif dan menarik.

Situ Cileunca

Situ Cileunca, Gunung Indonesia

Situ Cileunca merupakan salah satu komponen penting yang menjadikan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar begitu diminati wisatawan. Danau alami yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan mencari ketenangan.

Salah satu faktor yang membuat Situ Cileunca begitu menarik adalah lokasinya yang berada di kaki Gunung Malabar. Hal ini membuat Situ Cileunca memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dengan latar belakang Gunung Malabar yang menjulang tinggi. Selain itu, Situ Cileunca juga dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau dan asri, sehingga menambah keindahan alam di sekitarnya.

Sebagai danau alami, Situ Cileunca memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Hal ini membuat Situ Cileunca menjadi tempat yang ideal untuk berenang, bermain kano, atau sekadar bersantai di tepi danau. Selain itu, Situ Cileunca juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk memancing.

Keindahan alam, sarana rekreasi yang lengkap, dan akses yang mudah menjadi daya tarik utama Situ Cileunca. Danau ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, melepas penat, atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Tebing Keraton

Tebing Keraton, Gunung Indonesia

Tebing Keraton merupakan salah satu komponen penting yang menjadikan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar begitu diminati wisatawan. Tebing yang memiliki ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan menjadi spot foto yang instagramable.

Lokasi Tebing Keraton yang berada di ketinggian membuat wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah dari atas. Wisatawan dapat melihat hamparan perkebunan teh yang hijau, pegunungan yang menjulang tinggi, dan Situ Cileunca yang berkilauan dari kejauhan. Pemandangan alam yang indah ini menjadi daya tarik utama Tebing Keraton bagi wisatawan.

Selain pemandangan alamnya yang indah, Tebing Keraton juga memiliki spot foto yang instagramable. Tebing yang memiliki bentuk yang unik dan latar belakang pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar mengabadikan momen. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Tebing Keraton untuk mengambil foto-foto yang menarik dan mengunggahnya di media sosial.

Keindahan alam dan spot foto yang instagramable menjadikan Tebing Keraton sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di sekitar Gunung Malabar. Tebing ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, berfoto-foto, atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Villa dan Resort

Villa Dan Resort, Gunung Indonesia

Villa dan resort merupakan komponen penting yang melengkapi daya tarik Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Keberadaan villa dan resort memberikan alternatif penginapan yang nyaman dan mewah bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan wisata ini.

Villa dan resort di sekitar Gunung Malabar menawarkan berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, seperti kamar yang nyaman, restoran, kolam renang, dan spa. Selain itu, beberapa villa dan resort juga menawarkan pemandangan alam yang indah, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam Gunung Malabar dari tempat menginap mereka.

Kehadiran villa dan resort di sekitar Gunung Malabar memberikan dampak positif bagi perkembangan kawasan wisata ini. Villa dan resort memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat sekitar, sekaligus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan wisatawan. Selain itu, villa dan resort juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang mewah dan nyaman di tengah keindahan alam.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa villa dan resort memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Keberadaan villa dan resort memberikan alternatif penginapan yang nyaman dan mewah bagi wisatawan, sekaligus memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan kepuasan wisatawan.

Kuliner Khas

Kuliner Khas, Gunung Indonesia

Kuliner khas merupakan salah satu komponen penting yang melengkapi daya tarik Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Keberadaan kuliner khas memberikan variasi kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini, sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas daerah setempat.

Kuliner khas di sekitar Gunung Malabar sangat beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Beberapa kuliner khas yang populer antara lain peuyeum, nasi timbel, dan karedok. Peuyeum merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong yang difermentasi, sedangkan nasi timbel dan karedok merupakan makanan berat yang memiliki cita rasa yang khas.

Kuliner khas di sekitar Gunung Malabar memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan bahan-bahan lokal dan bumbu-bumbu rempah yang melimpah. Selain itu, kuliner khas di kawasan ini juga diolah dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan otentik.

Keberadaan kuliner khas di sekitar Gunung Malabar memberikan dampak positif bagi perkembangan kawasan wisata ini. Kuliner khas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, sekaligus memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat sekitar. Selain itu, kuliner khas juga dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya dan tradisi daerah setempat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kuliner khas memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Keberadaan kuliner khas memberikan variasi kuliner bagi wisatawan, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, serta memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Akses Mudah

Akses Mudah, Gunung Indonesia

Akses mudah merupakan salah satu faktor penting yang menunjang perkembangan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Kemudahan akses memungkinkan wisatawan untuk mencapai kawasan wisata ini dengan cepat dan nyaman, sehingga meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung.

Akses menuju Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar sangatlah mudah. Terdapat beberapa jalur utama yang dapat dilalui wisatawan, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jalan-jalan menuju kawasan wisata ini juga dalam kondisi yang baik, sehingga memudahkan perjalanan wisatawan.

Selain kemudahan akses jalan darat, Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar juga didukung oleh akses transportasi umum yang memadai. Terdapat beberapa rute angkutan umum yang melayani perjalanan menuju kawasan wisata ini, sehingga memudahkan wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Kemudahan akses transportasi umum ini semakin meningkatkan daya tarik Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar.

Akses mudah menuju Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar memberikan dampak positif bagi perkembangan kawasan wisata ini. Kemudahan akses membuat kawasan wisata ini lebih mudah dijangkau oleh wisatawan, sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Selain itu, akses mudah juga memberikan kenyamanan bagi wisatawan, sehingga meningkatkan kepuasan wisatawan.

Dengan demikian, akses mudah memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar. Kemudahan akses meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung, memberikan kenyamanan bagi wisatawan, dan berkontribusi pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Pertanyaan Umum tentang Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar:

Pertanyaan 1: Apa saja objek wisata utama di sekitar Gunung Malabar?

Objek wisata utama di sekitar Gunung Malabar antara lain Curug Malela, Kawah Kamojang, Kebun Teh Malabar, Situ Cileunca, Tebing Keraton, dan lain-lain.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menuju ke Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar?

Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar dapat diakses dengan mudah melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Pertanyaan 3: Apa saja aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sekitar Gunung Malabar?

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sekitar Gunung Malabar antara lain menikmati keindahan alam, berwisata kuliner, berfotografi, dan berbelanja oleh-oleh.

Pertanyaan 4: Apakah ada penginapan di sekitar Gunung Malabar?

Ya, terdapat berbagai pilihan penginapan di sekitar Gunung Malabar, mulai dari villa, resort, hingga hotel.

Pertanyaan 5: Apa saja makanan khas yang dapat dicicipi di sekitar Gunung Malabar?

Makanan khas yang dapat dicicipi di sekitar Gunung Malabar antara lain peuyeum, nasi timbel, dan karedok.

Pertanyaan 6: Apakah ada pemandu wisata yang tersedia di sekitar Gunung Malabar?

Ya, terdapat pemandu wisata yang tersedia untuk menemani wisatawan berkeliling Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar.

Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan umum tersebut, wisatawan dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik dan menikmati liburan yang menyenangkan di Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar.

Baca Juga: Tips Menikmati Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar

Tips Menikmati Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar

Untuk mendapatkan pengalaman wisata yang optimal di sekitar Gunung Malabar, berikut adalah beberapa tips bermanfaat yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Sebelum berangkat, rencanakan perjalanan Anda dengan matang, termasuk menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi, waktu kunjungan, dan akomodasi. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan menikmati perjalanan dengan lebih efisien.

Tip 2: Bawa Perlengkapan yang Tepat

Sesuaikan perlengkapan Anda dengan aktivitas yang akan dilakukan. Bawa pakaian yang nyaman, sepatu yang sesuai untuk berjalan kaki, dan peralatan seperti kamera atau teropong jika diperlukan. Jangan lupa membawa perlengkapan dasar seperti air minum, makanan ringan, dan obat-obatan pribadi.

Tip 3: Manfaatkan Jasa Pemandu Wisata

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata. Pemandu wisata yang berpengalaman dapat memberikan informasi mendalam tentang objek wisata, sejarah, dan budaya setempat, sehingga memperkaya pengalaman perjalanan Anda.

Tip 4: Hormati Alam dan Budaya Sekitar

Hormati lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan dan tidak merusak alam. Hormati juga budaya dan adat istiadat masyarakat setempat dengan bersikap sopan dan menghargai tradisi mereka.

Tip 5: Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia

Di sekitar Gunung Malabar, terdapat berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan wisatawan, seperti pusat informasi, tempat makan, dan penginapan. Manfaatkan fasilitas ini untuk kenyamanan dan kemudahan selama perjalanan Anda.

Tip 6: Cari Tahu Promosi dan Diskon

Sebelum melakukan perjalanan, cari tahu tentang promosi atau diskon yang mungkin tersedia untuk objek wisata, akomodasi, atau transportasi. Dengan memanfaatkan penawaran ini, Anda dapat menghemat biaya dan mendapatkan nilai lebih dari perjalanan Anda.

Tip 7: Nikmati Pengalaman Secara Penuh

Tips terpenting adalah untuk menikmati pengalaman wisata Anda secara penuh. Luangkan waktu untuk mengagumi keindahan alam, berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Dengan mengikuti tips ini, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang memuaskan dan berkesan di sekitar Gunung Malabar.

Kesimpulan

Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar menawarkan pesona alam yang luar biasa dan aneka atraksi yang mengesankan. Keindahan alam yang masih asri, udara yang segar, dan kekayaan budaya menjadi daya tarik utama kawasan wisata ini. Gunung Malabar dan sekitarnya memiliki potensi besar untuk terus berkembang menjadi destinasi wisata yang semakin diminati, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pemerintah dan masyarakat setempat perlu bekerja sama untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengembangkan infrastruktur wisata yang memadai. Dengan demikian, Wisata Menarik di Sekitar Gunung Malabar dapat terus memberikan pengalaman wisata yang berkesan dan bermanfaat bagi semua pihak.

Youtube Video:

Wisata Menarik Di Sekitar Gunung Malabar - sddefault


Share.