#PendakiCantik – Longsor kembali terjadi di Kecamatan Tosari, Pasuruan. Longsor di Desa Podokoyo dan menutup jalur alternatif menuju Gunung Bromo.

Berdasarkan keterangan Camat Tosari, Hari Hijroh Saputro pada Jumat (26/2/2021) Longsor terjadi pada Kamis malam sekitar pukul 19.00 WIB, akibat hujan sejak pagi.

Hari mengatakan, longsor menyebabkan 4 pohon berdiameter 30 sentimeter dengan ketinggian 20 meter roboh.

Pohon-pohon itu melintang ke jalan dan menyebabkan jalur alternatif ke Bromo via Tutur-Purwodadi tertutup.

Menanggapi hal tersebut, sebagian material longsor sudah dievakuasi agar bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Meski jalur tersebut sudah bisa dilalui, namun material longsor masih belum dievakuasi. Pihaknya telah mengerahkan alat berat sekaligus memperingatkan agar masyarakat terus waspada.

Banjir Juga Menjadi Ancaman

Waspada, Jalur Alternatif ke Bromo Tertimbun Longsor
Foto: Pendaki Cantik – @detik.com

Selain ancaman longsor, ratusan rumah di Jalur Lingkar Selatan (JLS) Kota Probolinggo banjir setelah diterjang hujan deras selama 3 jam, Jumat (26/2/2021).

Rumah-rumah yang ada di Jalan Prof Hamka, di Kelurahan Kedupok, Kecamatan Kedupok, ini terendam sedalam 1,5 meter.

Warga pun memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman dan meninggalkan harta bendanya. Selain di Kota Probolinggo, di atas lereng Gunung Bromo juga hujan deras.

Sehingga debit air hujan terus tinggi, hingga beberapa sungai tidak mampu menahan debit air dan meluap ke pemukiman hingga jalan raya.

Akibat Hujan Deras

Salah seorang warga Kelurahan Kedupok, Sutopo mengatakan hujan deras pada jumat sore serta banjir kiriman dari Bromo membuat air sungai meluap.

Selain masuk permukiman warga, banjir juga meluber ke jalan hingga ke persawahan di sekitar lokasi kejadian.

Mengantisipasi kemacetan akibat banjir di Probolinggo, Satlantas, Polsek Wonoasih, dibantu Dishub Pemkot Probolinggo, mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Mastrip.

Untuk memastikan tidak ada warga terjebak banjir, BPBD Kota Probolinggo, Damkar, Satpol PP dibantu TNI/Polri melakukan pengecekan ke rumah warga yang terendam banjir.

Informasi yang dihimpun dari detik.com menyebutkan kondisi banjir berada di Kelurahan Kedupok, Kelurahan Sumber Wetan, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedupok.*

Share.