Waspada! Ada Bencana Longsor di Lereng Gunung Sumbing

#PendakiCantik – Peristiwa bencana longsor telah terjadi di kawasan lereng Gunung Sumbing Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kaliangkrik, Magelang, Jateng, Rabu (27/1/2021).

Bencana ini terjadi akibat hujan lebat sepanjang hari Selasa (26/1/2021) yang menyebabkan tebing setinggi 25 meter dan lebar 10 meter longsor.

Dampak dari hal tersebut menyebabkan dua rumah hancur, satu rumah rusak ringan, sebuah mobil tertimbun tanah dan empat orang terluka.

Mengenal Bencana Longsor

Waspada! Ada Bencana Longsor di Lereng Gunung Sumbing
Foto: Pendaki Cantik – @bisnis

Tanah longsor merupakan perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran, yang kemudian bergerak ke bawah atau keluar lereng sehingga menimbun bangunan atau apa pun yang berada di bawahnya.

Penyebab tanah longsor sendiri cukup beragam. Tingginya curah hujan merupakan salah satu penyebab tanah longsor.

Saat musim kemarau yang panjang, tanah akan mengering dan membentuk rongga pecah-pecah atu pori-pori. Hal itu berakibat terjadinya keretakan pada tanah tersebut.

Kemudian, kala musim hujan tiba, air hujan akan masuk dan meresap ke dalam tanah yang retak dan memenuhi rongga, sehingga terjadilah pergeseran tanah. Tanah yang bergeser menyebabkan erosi tanah dan kemudian terjadi longsor.

Lereng Tebing yang Terjal

Lereng tebing yang terjal juga bisa menjadi penyebab tanah longsor. Proses pembentukan lereng atau tebing terjal adalah lewatnya angin dan air di sekitar lereng yang berdampak pada pengikisan lereng tersebut.

Apabila Anda bermukim di sekitar tebing atau lereng yang terjal, harap waspada karena merupakan daerah yang rawan longsor.

Pohon Berperan Penting

Hutan yang terdiri dari pepohonan merupakan salah satu cara pencegah banjir, sebab air akan tersimpan dahulu di akar pohon sehingga tanah tetap kokoh.

Namun, apabila suatu daerah terutama yang berupa lereng atau tebing memiliki hutan yang gundul maka akan berdampak pada struktur tanah yang melonggar karena tidak memiliki penahan, juga air tidak memiliki daerah resapan.

Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Himbauan untuk Pendaki

Sejauh ini, beberapa wilayah di Indonesia tengah mengalami beberapa bencana alam yang sangat beragam di berbagai tempat termasuk di gunung.

Mengingat akan hal itu, para pendaki diharapkan untuk bisa menahan diri untuk sementara waktu demi untuk menjaga keselamatan jiwa masing-masing.

Sementara bagi yang sudah terlanjur merencanakan perjalanan pendakian, tetap hati-hati. Persiapan segala sesuatunya dengan baik dan jangan pernah mencoba untuk mendaki sendirian.*

Terkini