Wajib Tahu, Ini Info dan Tips Mendaki Gunung Sindoro

Wajib Tahu, Ini Info dan Tips Mendaki Gunung Sindoro
Foto: Pendaki Cantik - @faizaaaas_

#PendakiCantik – Gunung Sindoro menjadi salah destinasi wisata pendakian yang paling banyak diminati pendaki selama memasuki masa New Normal.

Hal ini membuat gunung ini selalu ramai dikunjungi para pendaki setelah sebelumnya ditutup karena pandemi Covid-19.

Apabila kamu hendak mendaki Gunung Sindoro dalam waktu dekat, berikut Pendaki Cantik merangkum beberapa info dan tips penting untuk kamu pahami sebelum berangkat.

1. Lokasi dan Jam Operasional

Wajib Tahu, Ini Info dan Tips Mendaki Gunung Sindoro
Foto: Pendaki Cantik – @dianmaharr_

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah lokasi atau letak Gunung Sindoro. Secara geografis gunung yang berdampingan dengan Gunung Sumbing ini terletak di Kota Temanggung, Jawa Tengah.

Sementara untuk jam operasionalnya sendiri yaitu terbuka setiap hari selama 24 jam dan pendaki hanya diperbolehkan memulai mendaki di atas jam 6 pagi dan dibatasi sampai jam 12 malam.

Selain itu, biaya tiket masuk untuk memulai pendakian di gunung ini yaitu Rp 25.000 dan Rp 10.000 untuk parkir kendaraan.

2. Rute dan Jalur Pendakian

Wajib Tahu, Ini Info dan Tips Mendaki Gunung Sindoro
Foto: Pendaki Cantik – @fahira_a.n

Gunung Sindoro memiliki setidaknya empat jalur pendakian resmi yang bisa kamu pilih sendiri yaitu Jalur Kledung, Sigedang, Alang Alang Sewu, dan Bansari.

Jalur Kledung memiliki basecamp tepat di samping jalan raya yang membuatnya sangat mudah untuk ditemukan. Jalur ini terletak di Desa Kledung, Temanggung, Jateng.

Jalur Sigedang terletak di desa Sigedang, Kecamatan Tambi, Wonosobo. Jalur ini disebut sebagai jalur utara. Jalur Sigedang terdiri dari 3 pos, tetapi jalurnya lumayan terjal dan cukup sulit untuk pendaki pemula.

Jalur Alang Alang Sewu juga terletak di samping jalan raya di Reco, Kertek, Wonosobo. Trek jalur ini sangat sulit dan terjal sehingga tidak direkomendasikan untuk pemula.

Sementara Jalur Bansari itu setidaknya memiliki pos sebanyak 5 pos sampai pada puncaknya. Jika kamu memiliki fisik yang kurang bagus, jangan mendaki lewat jalur ini.

3. Tips Mendaki Gunung Sindoro

Wajib Tahu, Ini Info dan Tips Mendaki Gunung Sindoro
Foto: Pendaki Cantik – @melidestalinaaa

Sebelum kamu mendaki Gunung Sindoro, simak dan perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Perhatikan sampah atau logistik yang kamu bawa saat mendaki. Setiap selesai mendaki pihak basecamp akan mengecek dan ada hukuman yang bisa kamu terima jika abai.
  2. Jika kamu memiliki fisik yang tidak cukup kuat atau sekadar malas, kamu bisa menyewa jasa ojek dengan membayar Rp 25.000.
  3. Bawalah surat surat rekomendasi yang dijadikan syarat pendakian saat ini. Seperti surat keterangan sehat dari Puskemas, KTP, surat izin dari RW setempat, dan juga surat hasil tes COVID-19.
  4. Jangan lupa untuk membawa perlatan yang lengkap. Sediakan juga alat alat kesehatan, seperti handsanitizer dan masker. Karena saat ini masih dalam tahap new normal.
  5. Bawalah persediaan logistik yang cukup seperti air dan makanan. Karena di atas tidak ada sumber air sama sekali.