Uji Nyali Di Jalur Terseram Gunung Raung

Uji Nyali Di Jalur Terseram Gunung Raung
Foto: Pendaki Cantik - @fitriany_della

Pendakicantik.com – Gunung Raung dengan puncak paling tinggi ada pada ketinggian 3.344 mdpl. Secara administratif, kawasan gunung ini terletak diantara tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Secara geografis, lokasi gunung ini ada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan jadi puncak paling tinggi dari rangkaian pegunungan itu. Dihitung dari titik paling tinggi, Gunung Raung sebagai gunung paling tinggi ke-3 di Jawa Timur sesudah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, dan jadi yang paling tinggi ke-4 di Pulau Jawa.

Kaldera Gunung Raung sebagai kaldera kering yang paling besar di Pulau Jawa dan paling besar kedua di Indonesia sesudah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Ada empat titik puncak, yakni

  1. Puncak Bendera
  2. Puncak 17 atau Puncak Bendera (3159 mdpl)
  3. Puncak Tusuk Gigi,(3300 mdpl)
  4. Puncak Sejati (3.344 mdpl) sebagai puncak yang paling tinggi

Baca juga: 4 FAKTA SEPUTAR GUNUNG SALAK

Uji Nyali Di Jalur Terseram Gunung Raung
Foto: Pendaki Cantik – @raung_viasumberwringin

Uji Nyali Di Jalur Terseram Gunung Raung

Pegunungan di Indonesia sangat terkenal dengan keindahan pemandangan alam yang tidak ada duanya sampai jalur pendakian yang menantang nyali. Gunung Raung memiliki dua hal itu;keindahan pemandangannya dan jalur pendakian yang ekstrem.

Jalur Pendakian lewat Kalibiru

Denger namanya saja telah nyeri rasanya. Kata beberapa pendaki, daya tarik Gunung Raung lewat Kalibiru ialah kengerian yang sebenarnya. Pendakian ke arah puncak sejati Gunung Raung akan lebih mendebarkan dibandingkan pegunungan yang lain. Shiratal Mustaqim, demikian nama jalur maut yang berada di Gunung Raung ini.

Jalur yang ada di punggung Gunung Raung ini, tidak mempunyai pengaman sama sekali. Hanya ada jalan setapak yang penuh dengan kerikil-kerikil atau batu-batuan yang terjal, setiap saat dapat membuat pendaki terpeleset bila tidak waspada dan hati-hati. Bila berani melalui jalur ini, nyawa bakal menjadi taruhannya.

Uji Nyali Di Jalur Terseram Gunung Raung
Foto: Pendaki Cantik – @rica_wahyu19

Saat ada di sini perlu fokus dan harus extra berhati-hati, karena kanan dan kiri jembatan cuman jurang yang menganga siap menelan pendaki kapan pun. Dan yang lebih menakutkan, sepanjang jalur cuman dapat mengandalkan seutas tali karmantel untuk jaga agar tidak jatuh.

Keindahan Gunung Raung bukan hanya diukur dari tingkat kesusahan jalur pendakiannya, tetapi juga dinilai dari kelebihan rintangannya. Banyak pendaki yang berusaha untuk meraih puncak sejati gunung ini, tetapi cuma beberapa saja yang bisa berhasil sampai ke puncak sejati

Kesulitan dan Keberanian

Bila ingin mendaki Gunung Raung lewat Kalibaru, harus mempersiapkan perlengkapan dasar panjat tebing. Gunung ini benar-benar unik karena pendaki diharuskan untuk semi-scrambling, bahkan juga cukup banyak pendaki yang menyebutkan Gunung Raung sebagai salah satunya gunung paling sulit untuk didaki di Pulau Jawa.

Di jalur umum seperti Sumberwringin saja, pendaki diwajibkan untuk lakukan scrambling. Scrambling adalah tahap pendakian pada permukaan yang tidak terjal, namun tangan digunakan untuk menjaga keseimbangan. Untuk yang pemula, sebaiknya tali dipasang untuk pengaman sekalian memudahkan perjalanan.

Uji Nyali Di Jalur Terseram Gunung Raung
Foto: Pendaki Cantik – @diyanasiregar

Karakter puncak Gunung Raung pada intinya hampir serupa berbentuk batu-batuan dan pasir yang gampang sekali runtuh. Jika memang sudah niat ke gunung ini, kamu harus persiapkan perlengkapan dan peralatan super extra seperti tali karmantel minimum 5 meter, harnes, figur, pasak panjang, dan cangkul kecil atau ice axe.

Ingin memilih melewati jalur mana saja yang diputuskan, tetap hadapi  jalanan yang super ekstrim dan benar-benar beresiko bila tidak berhati-hati.