Tips Menghindari Kejadian Mistis Saat Mendaki Gunung

Tips Menghindari Kejadian Mistis Saat Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik - @riskarn__

#PendakiCantik – Kejadian mistis selama mendaki gunung sering kali terjadi dan dialami oleh banyak hampir sebagian besar pendaki Indonesia.

Meski tidak semua orang percaya dengan hal-hal bersifat mistis seperti itu, tetapi nyatanya kejadian-kejadian itu selalu saja menghiasi daftar pengalaman para pendaki kita.

Jika kamu pendaki pemula dan takut bahwa kejadian mistis akan menimpamu selama mendaki gunung, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama dalam perjalanan.

Tips ini dibagikan oleh seorang Youtuber Indonesia, Prasodjo Muhammad yang secara khusus membahas konten-konten horor. Berikut tipsnya.

Jangan Lupa Berdoa

Tips Menghindari Kejadian Mistis Saat Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @tiaramandalawangi

Hal pertama yang harus dilakukan menurut Prasodjo adalah berdoa. Sesulit apapun medan pendakian yang kamu lewati, jangan pernah meninggalkan kebiasaan berdoa.

Berdoa akan membuat kamu tenang dan bisa membuat resiko gangguan terhadap keselamatan semakin kecil.

Sehingga dalam keadaan apapun, melepas kebiasaan berdoa akan membuat kondisi semakin memburuk akibat perasaan cemas.

Berpikir Positif

Tips Menghindari Kejadian Mistis Saat Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @eviwiyanti_

Selain berdoa, hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu berpikir positif. Hal ini agar kamu tidak terlalu memikirkan hal-hal yang nantinya mengganggu perjalanan.

Berpikir positif sering kali menjadi hal yang sulit dilakukan saat pendaki mengalami kelelahan dan banyak gangguan selama perjalanan.

Jadi, selama dalam perjalanan kamu perlu menjaga pikiran agar tetap aman dan kamu tidak terganggu.

Bersikap Sopan

Tips Menghindari Kejadian Mistis Saat Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @aspmwt

Bersikap sopan merupakan salah satu etika mendak gunung yang wajib kamu lakukan dan harus selalu diperhatikan dengan baik.

Menurut Prasodjo, sebagai pendatang, pendaki gunung harus senantiasa menghormati penghuni yang ada. Baik yang terlihat maupun yang tidak

Contoh pada saat kencing bilang dulu Assalamu’alaikum, jangan pernah kencing di lubang dan di pohon, jadi di semak-semak saja. Jangan buang sampah sembarangan.

Prasodjo juga menekankan bagi pendaki wanita yang sedang datang bulan sebaiknya tak naik gunung. Mereka bisa menjadi incaran.

Apa yang lagi haid, ini penting banget dijaga. Kalo mau naik di tahan dulu deh naik gunung.

Karena yang lagi haid itu mereka itu diincar, jadi ditahan dulu deh mendakinya atau dikira-kita tanggalnya untuk meminimalisir, meskipun nggak semua yang haid diganggu tapi kebanyakan mereka dijadikan incaran.