Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan

#PendakiCantik – Indonesia secara keseluruhan masih memasuki musim hujan. Mendaki dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini tentu perlu berhati-hati.

Beberapa jalur pendakian memang masih ditutup karena pertimbangan cuaca sekaligus karena mengalami erupsi yang sangat membahayakan pendaki.

Meski demikian, beberapa jalur pendakian akan dibuka kembali pada Maret mendatang sekaligus menjadi momen dimana pendaki sudah bisa naik gunung lagi.

Salah satu jalur pendakian yang sudah mengonfirmasi terkait pembukaan jalur pendakian adalah Gunung Gede Pangrango. Pertanyaannya adalah aman kah mendaki gunung saat musim hujan?

Jawabannya tergantung bagaimana cara kamu mendaki dan mempersiapkan diri. Jika sudah demikian, maka kamu perlu mempertimbangkan hal berikut sebelum mendaki Gunung Gede Pangrango dalam waktu dekat.

1. Jangan Lewat Jalur Selabintana

Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan
Foto: Pendaki Cantik – @iknowu_fifi

Ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih untuk mendaki Gunung Gede – Pangrango. Akan tetapi, jika kamu mendaki di musim penghujan, jalur Selabintana adalah jalur yang kurang direkomendasikan.

Selama musim hujan, tanah akan menjadi lebih basah, dan gerombolan pacet (Hirudo medicinalis) juga akan lebih banyak kamu temui jika melewati jalur ini.

Sebagai alternatif, kamu bisa melakukan pendakian dari jalur Gunung Putri yang akan berujung di Alun – Alun Suryakencana yang berada di Gunung Gede.

Selain itu, jalur pendakian lewat Gunung Putri juga cenderung lebih ringkas dan singkat karena jarak tempuhnya yang hanya 6 – 7 jam dari lokasi basecamp.

2. Pilih Lokasi Mendirikan Tenda yang Terlindung dari Angin

Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan
Foto: Pendaki Cantik – @bellanatha_

Angin di gunung bisa jadi berbahaya bagi para pendaki saat bermalam.

Selain angin yang kencang dapat merusak tenda, risiko hipotermia juga mengancam para pendaki karena dinginnya angin gunung yang menerpa saat kamu tidur.

Karena itu, penting bagi kamu untuk memilih lokasi mendirikan tenda yang terlindung dari terpaan angin.

Lewat Suryakencana, kamu akan menemukan sebuah ceruk yang berada tidak jauh dari sumber mata air yang ada di alun – alun sisi barat.

Biasanya, ceruk ini akan menjadi rebutan para pendaki yang akan camping. Apalagi jika memasuki musim hujan.

Tapi kalau kamu tidak berhasil mendirikan tenda di sana, jangan menunggu lama dan segera lah bergeser ke arah utara atau arah puncak.

Kamu bisa mencari tempat membuka tenda yang cukup dekat dengan rimbunan pohon dan edelweiss. Tempat seperti ini dapat membantu melindungi tenda kamu dari terpaan angin kencang dan hujan deras yang bisa tiba – tiba terjadi.

3. Naik ke Puncak (Summit) Sebelum Pukul Delapan Pagi

Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan
Foto: Pendaki Cantik – @_aisyahh97

Kalau kamu berencana untuk melihat matahari terbit, sebaiknya usahakan untuk bangun lebih pagi. Karena di musim hujan, kabut putih cepat sekali muncul.

Bahkan jam 8 pagi pun kabut sudah mulai turun lagi. Jadi, usahakan kamu sampai di puncak sebelum jam delapan.

Begitu sampai di atas, kamu bisa melihat momen matahari terbit yang memukau dan juga keindahan panorama kawah Gunung Gede dan kawasan wisata puncak.

Lewat dari jam 8, seluruh pemandangan ini akan mulai kembali tertutup kabut.

4. Jangan Memaksakan Diri Mendaki Tanpa Bermalam

Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango Saat Musim Hujan
Foto: Pendaki Cantik – @uci.csl

Selain itu, pastikan juga kamu tidak memaksakan diri. Supaya fit, lebih disarankan untuk bermalam satu malam dulu di Gunung Gede atau Gunung Pangrango.

Selain untuk memulihkan tenaga, kamu juga punya banyak waktu untuk menikmati keindahan Gunung Gede – Pangrango tanpa harus terburu-buru turun.

Pada hari pertama, kamu bisa bermalam dan camp di Alun-Alun Suryakencana jika datang dari jalur Gunung Putri, atau di Kandang Badak jika datang dari jalur Cibodas.

Barulah di hari kedua, kamu dapat melanjutkan naik ke Puncak Gunung Gede dan mendaki Gunung Pangrango serta mampir ke Mandalawangi.*

Terkini