Tips Mendaki Gunung dalam Rombongan Besar

Tips Mendaki Gunung dalam Rombongan Besar
Foto: Pendaki Cantik - Instagram/@pipow1999

#PendakiCantik – Mendaki gunung bukanlah masalah sepele. Mengingat mendaki sendirian cukup berbahaya dan beresiko maka mendaki dalam rombongan besar sangat direkomendasikan bagi pendaki pemula.

Seperti gambaran umum mendaki, agar bisa merelealisasikan hal tersebut dibutuhkan perencanaan yang sangat matang mulai dari rundown pendakian, keadaan fisik, logistik, hingga perlengkapan mendaki.

Namun, meskipun sudah mempersiapkan segala keperluan mendaki, kerap terjadi yang tidak terduga terjadi selama pendakian.

Tips Mendaki Gunung dalam Rombongan Besar
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@deantiwulandari

Cuaca yang tak tentu sering membuat rombongan/kelompok terpecah, ada yang ingin cepat-cepat sampai puncak, ada yang ingin pelan-pelan karena licin.

Mungkin jika rombongan hanya 4 sampai 6 orang akan lebih mudah berkoordinasi. Namun, jika melakukan pendakian bersama 10 hingga 40-an lebih.

Jumlah anggota yang terlalu banyak dalam sebuah kelompok pendakian tentu butuh cara tersendiri untuk mengoordinirnya.

Berikut ini tips mendaki gunung bersama rombongan agar Kamu terhindar dari berbagai macam hal yang membahayakan saat mendaki gunung.

1. Persiapkan Fisik Rombongan

Tips Mendaki Gunung dalam Rombongan Besar
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@azkia_qnoy21

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang membutuhkan fisik yang kuat agar bisa sampai ke tujuan (biasanya puncak).

Yang perlu diketahui, ketahanan fisik setiap orang itu berbeda, tentu saja saat mendaki akan terlihat jelas perbedaannya.

Kebanyakan pendakian rombongan akan terpecah-pecah karena ketahanan fisik yang berbeda-beda.

Untuk menyiasatinya, lakukanlah jogging bersama, setidaknya satu minggu sebelum melakukan pendakian bersama rombongan.

Hal tersebut akan membantu untuk mengetahui ketahanan fisik dan stamina masing-masing anggota.

2. Bagi Barang Bawaan Rombongan

Tips Mendaki Gunung dalam Rombongan Besar
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@awfiww_

Semakin banyak anggota rombongan, biasanya barang bawaan akan semakin banyak. Dari tenda, logistik dan air minum, hingga peralatan lainnya.

Akan lebih baik barang-barang yang digunakan untuk kepentingan rombongan dibagi rata ke tiap anggota.

Latihan fisik yang dilakukan sebelumnya dapat digunakan untuk menentukan siapa yang membawa barang yang lebih berat dan yang lebih ringan.

Biasanya, pembagian dilakukan sesuai tugas masing-masing. Hal ini dapat meminimalisir protes dari anggota jika barang-barang kelompok dibagi menggunakan metode ini.

3. Perhatikan Urutan Mendaki

Tips Mendaki Gunung dalam Rombongan Besar
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@ipehcaem

Kebanyakan pendaki gunung tersesat atau tertinggal karena urutan mendaki yang salah. Kebanyakan para pendaki yang ketahanan fisiknya lebih lemah malah berada di belakang, sehingga pendaki ini tertinggal dalam keadaan sakit.

Oleh karena itu, diperlukan pembagian urutan saat mendaki agar semua orang bisa mendapat perlindungan. Dalam hal ini setiap pendaki menentukan posisinya berdasarkan pengalaman atau kondisi fisiknya.

Dengan demikian, setiap pendaki akan mendapat bantuan dan perlindungan dari teman-teman satu rombongan ketika mengalami kendala saat mendaki gunung.*