Tips Mendaki Gunung Bandahara Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Bandahara Bagi Pemula
Foto: Pendaki Cantik - @pendakicantikhijab

#PendakiCantik – Berbeda dengan Gunung Leuser maupun Gunung Kemiri, Gunung Bandahara masih terbilang alami karena orang jarang mendaki gunung tersebut.

Hal ini membuat jalur pendakian Gunung Bandahara tidak terlalu jelas dan tampak sedikit masih samar-samar. Apalagi struktur jalur trekingnya dipenuhi tumbuhan dan hutan.

Akibat tidak sering dilalui pendaki, jalur pendakian meski sudah dibuat di Gunung Bandahara seiring dengan berjalannya waktu pasti akan hilang dengan sendirinya.

Apabila kamu hendak mendaki Gunung Bandahara, berikut beberapa tips yang bisa kamu pakai agar pendakianmu aman dan nyaman.

Jangan Mendaki Sendirian

Tips Mendaki Gunung Bandahara Bagi Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @ismifilana

Saat mendaki Gunung Bandahara, mendaki sendirian bisa jadi merupakan sebuah pilihan yang sangat tidak disarankan.

Hal ini disebabkan karena selain cukup berbahaya, jalur pendakian yang tidak terlalu jelas akan merepotkan kamu selama mendaki. Jika tidak cermat, konsekuensinya kamu bisa saja tersesat.

Menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu mendaki berombongan. Setidaknya kalian bisa bekerja sama jika menemukan kendala selama perjalanan menuju puncak gunung.

Ikuti Aturan dari Masyarakat

Tips Mendaki Gunung Bandahara Bagi Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @rohman_hadi55

Gunung Bandahara memiliki aturan tersendiri yang sangat jauh berbeda dengan gunung-gunung lain. Hanya gunung ini yang tidak menyarankan pendaki mencapai puncak gunung.

Jika kamu mendaki Gunung Bandahara, maka kamu hanya diperkenankan mendaki sampai di Pos 3. Selebihnya kamu dilarang karena jalur pendakiannya tidak jelas menuju puncak.

Memang tidak ada mitos atau apapun yang mendukung larangan ini, namun jika dilihat dari model jalur pendakian, ketiadaan jalur menuju puncak merupakan alasan utamanya.

Perlengkapan Mendaki Gunung

Tips Mendaki Gunung Bandahara Bagi Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @arinaanggraini_

Selain juga menyiapkan fisik juga harus melakukan persiapan peralatan yang harus dibawa saat mendaki gunung.

Soal perlengkapan pendakian, kamu bisa membawa perlengkapan yang sama saat kamu mendaki gunung-gunung yang lain.

Paling penting adalah soal kesiapan kamu berada di tempat yang sepi pendaki dan kemungkinan kamu sendirian di gunung selama mendaki bisa saja terjadi.

Jangan Memetik Tanaman Endemik

Tips Mendaki Gunung Bandahara Bagi Pemula
Foto: Pendaki Cantik – @bellanatha_

Selain Bunga Edelweiss, salah satu tanaman endemik yang sangat dilindungi dan dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat adalah bung kantong semar.

Bunga ini merupakan ikon Sumatera yang banyak kamu temukan di sekitar Gunung Bandahara.

Jika kamu menemukan bunga ini selama mendaki gunung, ada baiknya jangan diganggu atau dibiarkan begitu saja agar habitatnya tetap terjaga dan tidak punah.