Pendakicantik.com – Tips buat traveler jika berkunjung ke tempat wisata baru tentunya perlu diketahui dan dipahami biar tidak bingung dan menyusahkan diri sendiri.

Ada beberapa tips buat traveler yang perlu diperhatikan, ketika memutuskan untuk melakukan solo traveling atau berwisata sendirian.

Baca Juga: Perhutani KPH Lawu Ds Ijinkan Pendaki Rayakan HUT RI

Aktivitas solo traveling semakin diminati oleh generasi milenial. Trend wisata ini lebih efisien dan hemat budget dibanding pergi beramai-ramai.

TIPS SOLO TRAVELING KE SINGAPORE!

Akan ada sederet pengalaman seru dan relasi baru yang bisa kamu temui di perjalanan saat berwisata seorang diri.

Tips Buat Traveler Jika Mampir ke Tempat Baru

Agar solo traveling berjalan maksimal, sejumlah tips buat traveler berikut mungkin akan bermanfaat selama perencanaan hingga kamu tiba di destinasi tujuan nantinya.

Baca Juga: Syarat Pendakian Gunung Talang, Siapkan KTP Asli

Tips Bagi Solo Traveling Pemula

  1. Riset seputar destinasi wisata

Sebelum berangkat, lakukan riset terlebih dulu seputar keadaan destinasi yang akan dituju. Tips ini penting karena berhubungan dengan perlengkapan yang akan kamu bawa.

Selain mengetahui aktivitas wisata unggulan, ini juga bermanfaat untuk menyesuaikan barang-barang yang akan dibawa nantinya. Misalnya, jika akan pergi naik gunung atau trekking, bawalah pakaian olahraga yang memudahkan saat bergerak.

Contoh lainnya adalah membawa pakaian renang jika akan berenang, baik di kolam renang maupun alam.

Tips Buat Traveler Jika Mampir ke Tempat Baru
Foto: Pendaki Cantik – @ntt_travelingservices
  1. Susun itinerary perjalanan dan anggaran

Dengan menyusun itinerary perjalanan, kamu bisa merinci destinasi tujuan, spot terbaik, dan daftar kuliner yang ingin dikunjungi, secara terencana.

Tips ini tentunya beriringan pula dengan persiapan dana dan susunan anggaran. Jangan sampai muncul pengeluaran-pengeluaran tidak terduga di luar budget perjalanan.

  1. Disiplin protokol kesehatan

Firnandi mengimbau para traveler agar selalu disiplin dan patuh pada protokol kesehatan, mengingat aktivitas wisata dilakukan saat situasi pandemi Covid-19.

“Dengan menjaga protokol kesehatan secara disiplin, selain melindungi diri sendiri juga akan melindungi orang lain,” ungkapnya.

Hal ini termasuk mencari tahu tentang aturan perjalanan terbaru sehingga kamu membawa persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya, sertifikat vaksinasi yang diperlukan untuk perjalanan luar kota atau luar negeri.

Baca Juga: HUT Ke-77 RI Digelar di Gunung Talang; Peserta 20.000

  1. Interaksi dengan warga lokal

Canny menambahkan, tips buat traveler yang melakukan solo traveling lainnya adalah membangun komunikasi dengan warga lokal.

Selain menambah relasi, kamu mungkin bisa mendapat sejumlah rekomendasi hidden gem yang saran-saran lainnya yang akan mempermudah kegiatanmu di destinasi tersebut.

Tips Buat Traveler Jika Mampir ke Tempat Baru
Foto: Pendaki Cantik – @rioking99

Ketika bepergian ke luar negeri atau daerah lain dengan bahasa daerah yang tak kamu pahami, berinteraksi dengan warga lokal dapat membuat aktivitas wisata relatif lebih nyaman dan lancar.

Share.