Tiga Pendaki Ditemukan Usai Dinyatakan Hilang di Bawakaraeng

Tiga Pendaki Ditemukan Usai Dinyatakan Hilang di Bawakaraeng
Foto: Pendaki Cantik - Web/tribuntimur.com

#PendakiCantik – Tiga orang pendaki gunung yang hilang di Gunung Bawakaraeng Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akhirnya berhasil ditemukan.

Menurut keterangan Kapolsek Tinggimoncong Polres Gowa, Iptu Hasan Fadhlyh mengatakan bahwa Ketiga pendaki itu ditemukan selamat di pos 7 Gunung Bawakaraeng, Senin (7/9/2020) siang.

Polisi menyampaikan, ketiga pendaki tersesat dilaporkan bernama Tomy (20), warga Jl Sunu Kota Makassar, Fadel (16) warga Sudiang Kota Makassar, dan Danil (34) warga Barombong Kota Makassar.

Ketiganya sudah dievakuasi dari pos 7 turun ke pos registrasi di Hutan Pinus, Lembanna, Kabupaten Gowa.

Kronologi Kejadian

Tiga Pendaki Ditemukan Usai Dinyatakan Hilang di Bawakaraeng
Foto: Pendaki Cantik – Web/tribuntimur.com

Iptu Hasan melanjutkan, para pendaki tersebut berangkat dari Lembanna menuju puncak Gunung Bawakaraeng pukul 16.00 WITA Sabtu, 05 September 2020.

Mereka sempat beristirahat dan berkemah di pos 6 pada 23.00 Wita, Sabtu (5/9/2020) tengah malam.

Mereka melanjutkan perjalanan ke pos 7 pada pagi hari keesokan harinya, Minggu (6/9/2020). Namun mereka salah jalur karena mengambil jalur kanan ke arah talung,” ujar Iptu Hasan.

Para pendaki itu pun tersesat. Keadaan kian runyam karena stok makanan yang mereka bawa sudah hampir habis.

Ketiga pendaki yang tersesat tersebut baru berhasil ditemukan pada keesokan harinya, Senin (7/9/2020) hari ini. Petugas pos registrasi di Lembanna menghubungi aparat kepolisian dan Basarnas Makassar.

Aparat Polsek Tinggimoncong, Basarnas, BPBD Kabupaten Gowa yang menerima laporan turun melakukan pencarian.

Ada Pendaki Meninggal di Bawakaraeng

Tiga Pendaki Ditemukan Usai Dinyatakan Hilang di Bawakaraeng
Foto: Pendaki Cantik – Web/tribuntimur.com

Selain kasus pendaki hilang karena tersesat, Gunung Bawakaraeng selama masa New Normal telah menelan beberapa korban jiwa.

Salah satu peristiwa yang menggemparkan publik terjadi pada saat peringatan HUT RI ke-75 beberapa waktu lalu.

Seorang pendaki remaja meninggal dunia saat hendak mengikuti upcara bendera di puncak gunung. Ia meninggal di jalur pendakian diduga karena hypotermia.

Sementara seorang pendaki lain yang merupakan mahasiswa pecinta alam ditemukan tewas usai tenggelam saat melakukan susur sungai di lingkungan Gunung Bawakaraeng.

Di tempat yang sama jug, Tim SAR yang mencari seorang pendaki yang hilang juga pernah tersesat selama beberapa hari di gunung tersebut.