#PendakiCantik – Ledakan gas belerang terjadi di dasar Telaga Ngebel, yang ada di Lereng Gunung Wilis Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Akibatnya, ribuan ekor ikan di telaga dan di keramba mati keracunan.

Fenomena alam ledakan gas belerang ini terjadi setiap musim hujan. Ditandai dengan warna air telaga keruh kekuning-kuningan, juga tercium bau belerang menyengat di sekitar telaga.

Kerugian Hingga Belasan Juta

Salah seorang warga pemilik keramba, Agung Laksono mengaku, ikan-ikan di telaga ini keracunan belerang sejak tiga hari lalu.

Puncak dari kejadian terebut terjadi pada Senin (8/2/2021) malam ada ribuan ikan mati mengapung di perairan telaga.

Akibat kejadian ini, peternak ikan pemilik keramba rugi belasan juta rupiah. Diakuinya, fenomena ini akan hilang dengan sendirinya setelah celah saluran gas belerang alami di dasar telaga tertutup sendiri.

Tentang Gunung Wilis

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Olivia Reva (@olivia_reva)

Gunung Wilis adalah sebuah gunung berapi tidak aktif yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.563 mdpl.

Sementara secara geografis Gunung Wilis termasuk dalam wilayah enam kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Daerah perbukitan Gunung Wilis pernah dilalui oleh Jenderal Sudirman, sebelum melakukan Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta.

Share.