Pendakicantik.com – Teluk Nanga Lok atau sering disebut Bukit Cinta yang terletak di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Teluk Nanga Lok atau Bukit Cinta ini meraih juara satu Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 untuk kategori Surga Tersembunyi di Indonesia.

Baca Juga: Pendakian Gunung Carstensz Pyramid di Puncak Jayawijaya Ditutup Sementara untuk Umum 

Prestasi tersebut diumumkan di malam puncak API Award 2022 di Banda Aceh, Aceh, pada Jumat (25/11/2022).

“Teluk Nanga Lok berhasil keluar sebagai juara satu setelah bersaing dengan sembilan nominasi lainnya dari berbagai destinasi di Indonesia,” ujar Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin, yang dihubungi Kompas, Minggu (27/11/2022).

Teluk Nanga Lok Raih Juara Satu Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022

Teluk Nanga Lok memiliki suara terbanyak yakni 26,09 persen berdasarkan hasil voting mulai Rabu (1/6/2022) hingga Senin (31/10/2022) melalui sejumlah kanal yakni Instagram, YouTube, dan Facebook.

Baca Juga: Pendakian Gunung Agung via Jalur Pendakian Pura Pengubengan Ditutup Sementara

Kategori Surga Tersembunyi di Indonesia

Jehamin menjelaskan, tiga tempat wisata yang masuk peringkat tiga besar untuk kategori tersebut adalah Teluk Nanga Lok, Terujak Falls, dan Danau Ulak Lia.

“Peringkat tiga, Danau Ulak Lia (di) Kabupaten Musi Banyuasin dengan perolehan 20,25 persen suara. Peringkat dua, Terujak Falls (di) Kabupaten Aceh Timur dengan perolehan voting 23,25 persen suara, dan Teluk Nanga Lok dengan perolehan 26,09 % suara,” jelasnya.

Prestasi ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh semua pihak, baik itu Pemerintah Daerah maupun masyarakat Manggarai Timur yang secara intens memberi suara  mereka.

Teluk Nanga Lok Raih Juara Satu Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022
Foto: Pendaki Cantik – @_rmbone

Untuk diketahui, tahun 2022 merupakan tahun kedua Kabupaten Manggarai Timur berpartisipasi dalam ajang ini. Sebelumnya pada tahun 2021, ada tarian Vera yang ikut ajang serupa namun gagal masuk peringkat tiga besar.

Selain Teluk Nanga Lok, ada pula beragam tempat wisata lainnya di pantai utara Kabupaten Manggarai Timur. Beberapa di antaranya adalah Pantai Watu Payung, Pantai Pota, Danau Rana Tonjong, Pantai Laing Lewe, Pantai Nanga Lirang, Pantai Teluk Ninge, dan Pantai SUT.

Baca Juga: Buat Pendaki Pemula; Perlengkapan Mendaki Gunung yang Harus Disiapkan dan Dibawa

Sebagai Juara Umum Ada Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

Pada API Award 2022, tercatat 134 Kabupaten dan kota serta 34 provinsi yang terlibat dan bersaing dalam 18 kategori.

“Provinsi Aceh keluar sebagai Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2022,” ujar Jehamin.

Provinsi Aceh mencatat sejarah sebagai provinsi pertama yang meraih juara umum secara berturut-turut sejak tahun 2021. Tidak hanya itu, provinsi ini juga menyabet gelar juara favorit melalui nominasi dari Kota Langsa.

Teluk Nanga Lok Raih Juara Satu Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022
Foto: Pendaki Cantik – @hirzakini

API Award 2022 diharapkan dapat mengedukasi para penggerak pariwisata di daerah dalam mengajak berbagai pihak untuk aktif dalam meningkatkan kepedulian terhadap pariwisata di daerah, sekaligus mempromosikannya dengan lebih efektif.

Ajang API Award ini diharapkan dapat memberi kesadaran bagi Pemerintah Daerah dan pengelola tempat wisata agar selalu berupaya membangun sektor pariwisata.

Share.