Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada Level II

Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada Level II
Foto: Pendaki Cantik - Web/indozone

#PendakiCantik – Gunung Raung yang mencakup lokasi di Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember statusnya meningkat dari normal menjadi waspada level II.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Hendra Gunawan, membenarkan gunung yang memiliki tinggi 3.332 meter di atas permukaan laut ini naik levelnya jadi waspada.

Berdasarkan data pemantauan secara visual selama 1 Januari hingga 16 Juli 2020 pukul 07.52 WIB, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Kemudian teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar 50 meter dari puncak.

Embusan Asap Kecokelatan

Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada Level II
Foto: Pendaki Cantik – Web/infopublik

Sementara, pada 16 Juli 2020 pukul 10.52 WIB, teramati kenaikan tinggi asap embusan menjadi 100 meter dari atas puncak disertai perubahan warna menjadi putih kecokelatan.

Kemudian pada pukul 13.56 WIB teramati perubahan warna kolom embusan menjadi warna putih kelabu, dengan ketinggian 100 meter dari atas puncak.

Dan teramati 60 kali embusan/erupsi sejak pukul 10.52 WIB, berupa kolom abu berwarna kelabu dan kemerahan dengan ketinggian 50 hingga 200 meter.

Sementara itu, ia juga menjelaskan bahwa pada 17 Juli 2020 pukul 00.00 – 06.00 WIB erupsi masih terjadi sebanyak 26 kali.

Menghasilkan kolom abu berwarna cokelat dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 50 – 200 meter di atas puncak/kawah.

Data Aktivitas Sejak Januari 2020

Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada Level II
Foto: Pendaki Cantik – Web/kumparan.com

Berdasarkan data kegempaan jumlah dan jenis gempa yang terekam selama 1 Januari hingga 16 Juli 2020 didominasi oleh gempa tektonik jauh,

tektonik lokal, satu kali gempa terasa pada tanggal 19 Maret 2020 serta beberapa kali gempa hembusan sejak tanggal 13 Juli 2020.

Jumlah gempa hembusan terus meningkat sejak tanggal 16 Juli 2020 pukul 10.52 WIB dan diikuti oleh kemunculan tremor non-harmonik.

Adapun gempa letusan dan hari ini hingga pukul 06.00 WIB terekam 26 kali gempa letusan dan 20 getaran tremor non-harmonik.

Hendra mengatakan potensi bahayanya sebaran material dari hembusan abu pada 16 dan 17 Juli 2020 masih berada di sekitar kawah/puncak Gunung Raung yang merupakan Kawasan Rawan Bencana III.

Penyebaran Abu Tergantung Angin

Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada Level II
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@raung_viasumberwringin

Meski demikian sebaran abu dapat terbawa ke daerah yang lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

Secara garis besar, aktivitas vulkanik Gunung Raung baik secara data pengamatan visual dan kegempaan, mulai menunjukkan peningkatan.

Maka tingkat aktivitas vulkanik yang berada di Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) sejak tanggal 17 Juli 2020, pukul 14:00 WIB.

Larangan Mendekati Gunung

Status Gunung Raung Meningkat Jadi Waspada Level II

Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@dwiriyantoo

PVMBG pun merekomenasikan masyarakat atau pengunjung tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 Km dari puncak.

Gunung Raung sendiri merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di Jawa Timur dan gunung api itu merupakan gunung api strato berkaldera.

Dengan kawah utama Kaldera Raung. Tingkat aktivitas Gunung Raung adalah Level I sejak 24 Oktober 2016.