Sergi Mingote, Pendaki Spanyol yang Tewas Saat Mendaki K2

#PendakiCantik – Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez mengumumkan sebuah berita duka tentang tewasnya salah seorang pendaki asal negara tersebut saat mendaki K2.

Pendaki asal Spanyol yang disebut Pedro adalah Sergi Mingote yang menjadi bagian dari tim ekspedisi pertama Spanyol menaklukkan puncak tertinggi kedua di dunia yang terletak di Pakistan itu.

Melalui instagram pribadinya, Pedro Sanchez mengungkapkan bela sungkawa dan perasaan sedih yang mendalam atas kepergian Sergi Mingote.

Dalam postingan itu, ia menyebut kematian Sergi merupakan hal yang sangat tragis untuk dialami seorang putra terbaik negara Spanyol.

Tentang K2

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sergimingote (@sergimingote)

K2, bagian dari Pegunungan Karakoram yang melintasi perbatasan Pakistan-Cina, adalah gunung tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 8.611 meter.

Dikutip dari CNN, 17 Januari 2021, sebuah unggahan di akun Instagram resmi Mingote berbunyi: “Beristirahatlah dalam damai Sergi. Hari ini Anda memulai pendakian baru.”

Sehari sebelumnya, pendaki tersebut membagikan unggahan yang mengumumkan bahwa ia telah mencapai hari ke-27 pendakian dan telah mencapai 7.000 meter.

Chhang Dawa Sherpa, seorang pendaki gunung Nepal yang memimpin ekspedisi musim dingin K2, mengatakan di Instagram bahwa Mingote “tiba-tiba jatuh”.

“Kami (diberitahu) oleh gerakan tak terduga pada pelacak GPS-nya dan dapat melihat dia jatuh dalam, anggota di lokasi dengan cepat memastikan kecelakaan itu, tetapi tidak bisa berbuat banyak untuk membantunya lagi,” kata Sherpa.

Planet Mountain melaporkan Sergi mencoba mendaki gunung tertinggi kedua di dunia tanpa oksigen tambahan.

Pendaki gunung Catalan berusia 49 tahun itu turun dari Camp 1 ke Advanced Base Camp ketika dia jatuh hingga meninggal.

Kejadian Sebelum Meninggal

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sergimingote (@sergimingote)

Menurut informasi yang diberikan oleh Chhang Dawa Sherpa dari Base Camp, Mingote tiba-tiba jatuh saat turun dari Camp 1 atau ketinggian 6050 meter menuju Advanced Base Camp (ABC).

“Alex Gavan, Tamara dan dua pendaki Polandia lainnya memberinya bantuan di ABC, kami mengirim tim medis dari Basecamp tapi sayangnya tidak bisa menyelamatkannya lagi,” kata Chhang Dawa Sherpa.

Insiden tragis ini bertepatan dengan ekspedisi K2 yang dilakukan pendaki Nepal Nirmala Puja dan tim pada 16 Januari 2021.

Kisah 10 Pendaki Nepal

Sergi Mingote, Pendaki Spanyol yang Tewas Saat Mendaki K2
Foto: Pendaki Cantik – @nimsdai

10 pendaki Nepal mencapai puncak 8.160 meter K2, gunung tertinggi kedua di dunia, pada hari Sabtu, 16 Januari 2021, National Geographic melaporkan.

Pencapaian yang telah lama dinanti ini menambah babak baru yang menakjubkan dalam sejarah pendakian gunung.

K2 terletak di dalam Karakoram Range, rumah bagi konsentrasi pegunungan tinggi terbesar di dunia.

Puncak ini terkenal di kalangan pendaki gunung karena kesulitannya dan dianugerahi julukan “Gunung Ganas” karena sifatnya yang tak kenal ampun.

Dibandingkan dengan lebih dari 4.000 orang yang telah mendaki Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter, hanya 350 orang yang telah berdiri di puncak K2 pada tahun 2018 sejak puncaknya pertama kali didaki pada tahun 1954.

Sekitar 77 pendaki tewas saat mencoba menaklukan puncak K2.

Terkini