#PendakiCantik – Belum hilang duka para pendaki setelah Andi Sulistyawan ditemukan tewas setelah sempat hilang di Gunung Lawu beberapa hari lalu, kabar duka baru datang dari Gunung Rinjani.

Seorang pendaki ilegal bernama Sahli (36) ditemukan tewas di Gunung Rinjani pada Senin (6/7/2020). Korban diketahui meregang nyawa usai jatuh dari jalur pendakian Torean, Lombok Utara.

Sebelum melakukan perjalan mendaki, korban dikabarkan tidak mengurus perizinan di tempat yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Kronologi Kejadian

Seorang Pendaki Ilegal Ditemukan Tewas di Gunung Rinjani
Foto: Pendaki Cantik – Web/Kompas.com

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady mengatakan, korban jatuh saat turun dari Danau Segara Anak pada Senin lalu.

Dedy menjelaskan bahwa korban yang jatuh tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 11.45 WITA di tanah Sinjong.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan pihak BTNGR, korban diketahui berangkat mendaki Gunung Rinjani bersama 15 rekannya pada Jumat (3/7/2020).

Proses Evakuasi

Seorang Pendaki Ilegal Ditemukan Tewas di Gunung Rinjani
Foto: Pendaki Cantik – Web/Kumparan.com

Rombongan itu melakukan pendakian dan menginap di Goa Susu pada Sabtu pagi. Keesokan harinya, rombongan itu melanjutkan perjalanan ke Danau Segara Anak.

Rombongan itu pulang pada Senin (6/7/2020). Sampai di daerah Banyu Urip, rombongan itu berhenti mengambil air.

Saat melanjutkan perjalanan turun, korban terjatuh dan ditemukan tewas. Korban baru bisa dievakuasi warga sekitar pada Selasa (7/7/2020) kemarin.

Setelah dievakuasi, korban dibawa ke Kantor Desa Torean dan diserahkan ke pihak keluarga yang diwakilkan Kepala Desa Tampak Siring.

Rinjani Baru Dibuka 7 Juli 2020

Seorang Pendaki Ilegal Ditemukan Tewas di Gunung Rinjani
Foto: Pendaki Cantik – Web/MTMA Sport

Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sebelumnya mengumumkan pembukaan destinasi wisata di kawasan ini pada 7 Juli 2020.

Belum diketahui pasti tempat-tempat mana saja yang akan dibuka. Hal tersebut diungkapkan akun Instagram resmi TNGR @gunungrinjani_nationalpark yang menuliskan informasi terkini persiapan new normal Gunung Rinjani.

Dalam akun resmi tersebut tertulis bahwa pada 7 Juli 2020 kemarin merupakan pembukaan destinasi wisata tahap pertama TNGR.

TNGR sendiri memiliki dua kategori wisata yakni hiking atau non pendakian dan trekking atau pendakian. Kategori pertama yaitu hiking, disebutkan durasi maksimal wisatanya satu hari atau one day trip dan tanpa mendirikan tenda atau camping.*

Share.