Seorang Pendaki Gunung Ijen yang Hilang Ditemukan Selamat

Seorang Pendaki Gunung Ijen yang Hilang Ditemukan Selamat
Foto: Pendaki Cantik - Kompas

Pendakicantik.com – Gavila (18) seorang pendaki yang sempat dilaporkan hilang di Kawah Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sejak Sabtu (7/5/2022) akhirnya ditemukan.

Korban diketemukan dalam kondisi selamat pada Minggu (8/5/2022). Gavial ditemukan oleh tim relawan di dalam jurang dengan kedalaman sekitaran 25 meter.

“Setelah ditemukan titiknya, tim gabungan turun untuk melakukan evakuasi korban menggunakan troli penambang belerang,” ujar Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko dalam keterangan tertulis ke kompas, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: SEORANG PENDAKI ASAL CALIFORNIA MENINGGAL DI GUNUNG BATUR

Seorang Pendaki Gunung Ijen yang Hilang Ditemukan Selamat
Foto: Pendaki Cantik – Kompas

Seorang Pendaki Gunung Ijen yang Hilang Ditemukan Selamat

Sesudah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa ke Pos Paltuding Ijen memakai troli penambang belerang. Dari Pos Paltuding korban kemudian dibawa ke Puskesmas Sempol untuk memperoleh perawatan lebih lanjut.

“Kondisi korban pada saat ditemukan memang dalam kondisi lemas, tapi tidak ada patah atau pun luka-luka berat. Karena memang sudah tidak makan sejak hilang kemarin, jadi kondisinya lemas,” katanya.

Proses Evakuasi Korban

Proses pencarian dan evakuasi pendaki ini berlangsung sejak Minggu, (8/5/2022) sekitar pukul 07.00 WIB. Basarnas, BPBD Bondowoso, TNI-Polri, Sar TWA Gunung Ijen, dan juga masyarakat sekitar turut dilibatkan dalam pencarian.

“Tadi pencarian dibagi menjadi empat tim. Jumlah per timnya beragam, dari lima orang sampai ada yang 12 orang,” jelasnya.

Wimboko menilai, pendaki ini bisa sampai terperosok ke jurang karena belum paham jalur yang dilaluinya.

“Pada saat itu (ditemukan pertama kali, red) survivor dalam kondisi duduk menggunakan sarung dan memang dalam kondisi demikian,” urainya.

Ia pun mengimbau seluruh wisatawan yang ingin mendaki ke Kawah Ijen agar tetap berhati-hati. Kawah Ijen aman, asal proses pendakiannya mengikuti aturan dari pemandu.