#PendakiCantik – Jenazah pria yang ditemukan di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu diketahui bernama Andy Sulistyawan (18).

Pendaki asal Dukuh Sepelem Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah itu sempat dikabarkan hilang pada Minggu (6/7/2020).

Andy diketahui berangkat mendaki bersama lima temannya dari Jalue Cemoro Sewu Magetan pada Sabtu (4/7/2020) pukul 16.00 WIB. Mereka berenam dikabarkan tiba di Hargo Dalem pada pukul 22.30 WIB.

Kronologi Kejadian

Sempat Hilang, Andy Sulistyawan Ditemukan Tewas di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – Web/HarianJogja

Semula rekan korban, bernama Nurhayati ingin buang air kecil. Nurhayati membangunkan rekannya pada Minggu (6/7/2020) pukul 03.00. Namun rekannya tidak kunjung bangun.

Saat keluar tenda, Nurhayati mendapati korban telah berada di luar tenda dan memintanya mengantarkan buang air kecil di semak-semak.

Namun setelah selesai buang air kecil, Nurhayati tidak menemukan korban dan mengira korban sudah kembali ke tenda. Ternyata ketika pagi hari, korban tidak berada di dalam tenda.

Kemudian, teman-temannya mencoba mencari korban di sekitar Pos Hargo Dumilah hingga Hargo Tiling tapi tidak berhasil menemukan korban. Rombongan pun memutuskan turun melalui Jalur Cemoro Sewu pada Minggu (6/7/2020) pukul 13.00.

Dilaporkan Hilang

Sempat Hilang, Andy Sulistyawan Ditemukan Tewas di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@sarfkam

Setelah melakukan perjalan turun, rombongan tiba di basecamp Cemoro Sewu pukul 17.00. Kemudian melaporkan ada pendaki terpisah selang 30 menit kemudian.

Relawan Anak Gunung Lawu (AGL), Budi menyampaikan, semula relawan mendapatkan laporan ada jenazah di tebing Gegerboyo dekat puncak Lawu. Namun di sisi lain relawan juga mendapatkan laporan adanya pendaki yang terpisah dari rombongan.

Setelah Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan konfirmasi, belakangan diketahui bahwa jenazah yang dilaporkan itu merupakan pendaki yang hilang atau terpisah dari rombongan.

Dia menjelaskan posisi korban berada di bawah jurang sedalam sekitar 5-7 meter. Saat hendak dievakuasi, korban hanya mengenakan celana panjang hitam.

Sedangkan baju berada sekitar 300 meter dari lokasi ditemukan. Dari baju dan celana korban, sesuai dengan ciri-ciri pendaki yang dilaporkan terpisah dari rombongan.

Proses Evakuasi

Sempat Hilang, Andy Sulistyawan Ditemukan Tewas di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@sarfkam

Komandan SRU Basarnas Pos SAR Trenggalek, Andris Dwi Presetya mengungkapkan proses evakuasi akan dilakukan melalui Jalur Cemoro Kandang. Hal ini karena cuaca sedang hujan dan jalur tersebut cenderung landai.

Diperkirakan rombongan tiba di basecamp Cemoro Kandang sekira pukul 23.00 WIB tadi mala. Sementara dugaan sementara korban terjatuh, kemungkinan karena kabut jarak pandang terbatas dan korban terjatuh.

Selain cuaca yang ekstrem dan kurangnya perlengkapan mendaki. Ia juga mengimbau agar pendaki selalu berhati-hati dan jangan sampai memisahkan diri dari rombongan.*

 

Share.