Roni Nur Efendi, Wisatawan Hilang Secara Misterius di Gunung Bromo

Pendakicantik.com – Roni Nur Efendi (20), seorang wisatawan lokal yang merupakan warga Wendit Timur, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada Minggu (19/6/2022) hilang secara misterius di Gunung Bromo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengungkapkan jika sebelumnya Roni Nur Efendi bersama dengan teman-temannya berwisata di Kawasan Gunung Bromo.

Dilansir dari kompas.com, korban berpamitan pulang lebih dahulu dari teman-temannya setelah puas menikmati keindahan Kawasan Gunung Bromo. Ia memutuskan melalui jalur Tumpang. Namun korban seketika menghilang dalam perjalanan pulang tersebut.

Baca juga: Vani dan Ahmad, Dua Bocah yang Menggapai Puncak Rinjani

Roni Nur Efendi, Wisatawan Hilang Secara Misterius di Gunung Bromo
Foto: Pendaki Cantik – @gunungbromo

Roni Nur Efendi, Wisatawan Hilang Secara Misterius di Gunung Bromo

Salah satu teman seperjalanannya memberi informasi kepada petugas jika Roni sempat mengirimkan pesan via Whatsapp untuk share lokasi keberadaannya kepada teman-temannya.

“Sempat mengirim WhatsApp kepada teman-temannya yang isinya shareloc,” ungkap Sadono.

Kronologi Kejadian Korban Hilang

Rombongan melakukan perjalanan dari Malang melewati Nongkojajar pada pukul 22.00 WIB. Awalnya, mereka tidak memiliki firasat buruk sampai saat menuju Gunung Penanjakan keesokan harinya pukul 08.00 WIB. Setelah puas menikmati kawasan Bromo, korban (Roni) minta ijin dan berpamitan pulang lebih dahulu melewati Tumpang.

Namun, pukul 09.00 WIB, korban seketika menghilang dalam perjalanan pulang. Teman-temannya yang dihubungi tersebut sempat mencari korban ke berbagai lokasi. Namun, hasilnya nihil sehingga membuat mereka berpikir Roni sudah balik pulang ke rumah lebih dulu. Akhirnya mereka memutuskan pulang.

Namun, pukul 15.00 WIB, pihak keluarga korban menghubungi teman-temannya dan mempertanyakan keberadaan Roni. Pada saat itu, teman-teman seperjalanannya baru menyadari bahwa korban benar-benar hilang saat perjalanan pulang.

Roni Nur Efendi, Wisatawan Hilang Secara Misterius di Gunung Bromo
Foto: Pendaki Cantik –

Petugas Temukan Motor dan Perlengkapan di Lokasi

Setelah mendapatkan laporan dari pengunjung tentang adanya wisatawan yang hilang, petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pun menurunkan tim untuk mencari keberadaan korban.

Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menemukan motor merek Suzuki Satria Fu dengan nomor polisi N 5851 ECZ yang diduga milik Roni di kawasan Bukit Emprit, sekitar pukul 12.38 WIB. Selain motor, petugas juga menemukan helm, hoodie, dan ponsel, diduga milik Roni.

Sekitar pukul 16.43 WIB, kakak Roni datang ke resort Gunung Penanjakan dengan tujuan mencari keberadaan Roni. Namun hasilnya hanya mendapatkan sepeda motor yang diamankan petugas.

Proses pencarian terus dilakukan. Rute hilangnya korban di lautan pasir Gunung Bromo arah ke Tumpang, Malang.

Kabut Menghalangi Proses Pencarian

Pencarian Roni juga dihentikan sementara pada tadi malam jam 20.00 WIB karena terkendala kabut sangat pekat di lokasi. Rencananya petugas dan tim pencarian korban akan kembali melakukan pencarian di hari ini, Selasa (21/6/2022). Mudah-mudahan korban bisa segera ditemukan dalam keadaan selamat.

Roni Nur Efendi, Wisatawan Hilang Secara Misterius di Gunung Bromo
Foto: Pendaki Cantik –

Terkini