Ranu Grati: Danau Vulkanik yang Eksotik di Kaki Gunung Bromo

Ranu Grati: Danau Vulkanik yang Eksotik di Kaki Gunung Bromo
Foto: Pendaki Cantik - @rahmanderantaw & @Loveantourandtravel

Pendakicantik.com – Ranu Grati merupakan sebuah danau alami yang terletak di Kaki Gunung Bromo tepatnya di bagian timur Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Ranu Grati sebagai danau alami yang terbentuk karena aktivitas vulkanik gunung berapi dan merupakan danau di dataran rendah Jawa Timur.

Baca Juga: Dusun Legetang: Cerita Mistis Dusun Hilang tak Berbekas di Dataran Tinggi Dieng

Bentuk seperti corong dengan dasar danau yang dalam dan memiliki kandungan sedimen mineral jadi bukti penguat status Ranu Grati sebagai danau vulkanik.

Ranu Grati: Danau Vulkanik yang Eksotik di Kaki Gunung Bromo

Selainnya sebagai tempat wisata, danau ini banyak juga dipakai untuk keperluan irigasi.

Sebagai objek wisata Pasuruan, pengelolaan danau dinilai belum maksimal. Agus Sugiarto, praktisi ekowisata Jawa Timur menjelaskan, walau mempunyai pemandangan menarik, danau atau ranu ini belum sanggup berkompetisi dengan objek-obyek wisata lain di Jawa Timur.

Baca Juga: Dusun Legetang: Cerita Mistis Dusun Hilang tak Berbekas di Dataran Tinggi Dieng

Danau vulkanik

Arif Darmawan, Dkk., dalam penelitiannya yang dimuat di jurnal Oseanologi dan Limnologi di Indonesia, terbitan LIPI 2019 menjelaskan, Ranu Grati sebagai danau alami yang tercipta secara vulkanis dan didukung peta geologi skematis karya van Bemmelen yang dibuat 1947.

Menurut Arif, lokasi Ranu Grati sebagai pusat erupsi kecil yang tercipta karena ada aktivitas vulkanik berupa erupsi kecil dan bersebelahan dengan celah sesar Pegunungan Bromo-Tengger Semeru.

Berdasar pemetaan mereka, Ranu Grati dengan luas 1.085 hektar itu memiliki kedalaman rata-rata 74,07 meter. Di beberapa titik, kedalaman maksimum 121,9 meter.

“Bagian barat daya memiliki dasar lebih curam dibanding bagian utara dengan panjang segmen mencapai 1.688,81 meter atau 1,68 kilometer,” tulis Arif dalam jurnal yang rilis 2019 itu.

Ranu Grati: Danau Vulkanik yang Eksotik di Kaki Gunung Bromo
Foto: Pendaki Cantik – @ciput_ranoe

Lokasi Mudah Diakses

Rute menuju lokasi termasuk sangat mudah dijangkaudi mana mulai start dari gerbang tol Grati –  bagian ruas tol Pasuruan – Probolinggo. Jaraknya hanya sekitar satu setengah kilometer atau dua kilometer dari jalur Surabaya – Banyuwangi.

Dengan membeli tiket seharga Rp2.500 per orang pengunjung sudah bisa masuk ke lokasi. Malam hari pun, lokasi wisata tetap buka.

Baca Juga:  Jalur Pendakian Baru Gunung Ciremai: Tidak Perlu Bawa Tenda dan Logistik

Momen paling favorit bagi pengunjung adalah menikmati keindahan sunset saat posisi matahari mulai condong ke barat memantulkan cahaya keemasan di permukaan danau.

Secara geografis, Ranu Grati berada di 3 desa yaitu Grati Tunon, Ranu Klindungan, dan Desa Sumberdawesari. Ketiganya berada di Kecamatan Grati.

Ranu Grati: Danau Vulkanik yang Eksotik di Kaki Gunung Bromo
Foto: Pendaki Cantik – @rizkaaprilia

Tersedia Fasilitas dan Spot Foto

Sebagai tempat rekreasi, ada banyak fasilita bisa dinikmati antara lain becak air atau sepeda air, bahkan perahu untuk berkeliling area danau. Beberapa anjungan apung di tepian danau juga bisa menjadi pilihan bersantai sembari memancing.

Buat pengunjung yang photoholic tak perlu khawatir karena Pemkab Pasuruan menyediakan spot untuk berswafoto dengan latar belakang pegunungan Bromo-Tengger.