Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa Saat Musim Penghujan

Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa Saat Musim Penghujan
Foto: Pendaki Cantik - @merdeka

Pendakicantik.com – Perlengkapan mendaki di saat musim hujan tentu lebih banyak dan ribet dari musim kemarau.

Saat akan mendaki gunung, tentu para pendaki gunung harus banyak mempersiapkan segala sesuatu agar perjalanan mendaki bisa aman, nyaman, santai, dan bahagia.

Baca Juga: Tips Aman Lakukan Pendakian di Malam Hari; Tidak Direkomendasikan untuk Pemula

Selain perlengkapan pendakian, yang perlu dan harus diperhatikan juga adalah kondisi tubuh yang harus prima hingga barang bawaan di dalam tas.

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan Agar Aman dan Nyaman

Bukan seperti mendaki saat musim kemarau; mendaki saat musim penghujan tiba jauh lebih banyak persiapan yang harus dilakukan.

Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa Saat Musim Penghujan

Hal yang perlu disiapkan dan dibawa saat mendaki di musim hujan

Baca Juga: Sumatera: Pulau yang Kaya akan Keindahan Panorama Alam juga Flora dan Fauna

Bawa atau Siapkan Mantel (Jas Hujan)

Jas hujan adalah perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki di musim hujan. Ini akan membantu pendaki gunung dari basah kuyup bila tiba-tiba hujan turun. Selain itu, bahaya dari turunnya kabut secara tiba-tiba juga menyebabkan tubuh basah kuyup.

Kondisi basah kuyup dalam perjalanan di gunung tentu sangat bahaya karena dapat memicu terjadinya hipotermia.

Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa Saat Musim Penghujan
Foto: Pendaki Cantik – @saraahhns_

Sepatu yang kedap air dan anti-slip

Menggunakan sepatu yang sedang basah dalam perjalanan tentu tidak nyaman. Apalagi, perjalanannya yang dilalui adalah area pegunungan dengan kondisi yang terjal saat cuaca dingin. Jadi, mendaki gunung saat musim hujan sebaiknya menggunakan sepatu yang kedap air dan anti-slip. Sehingga saat hujan turun, kaki pendaki tetap nyaman dan tidak khawatir terpeleset.

Baca Juga: Talamau: Gunung yang Suguhkan View Alam yang Masih Asri dan Indah di Sumatera Barat

Kebugaran

Bila tubuh dalam kondisi bugar, maka aktivitas mendaki saat musim hujan bisa memungkinkan terhindar dari berbagai penyakit seperti flu, batuk, sakit kepala, dan demam. Selain itu, persiapan dan perlengkapan seperti membawa obat-obatan juga dapat dilakukan untuk terhindar dari penyakit di tengah perjalanan.

Mendaki gunung merupakan olahraga yang keras dan berat. Oleh sebab itu sudah sewajarnya ia menuntut kemampuan fisik dan mental yang prima kepada para pendaki agar mereka tidak mudah patah semangat apabila menemui kesulitan dalam perjalanan sehingga berhasil dalam menjalankan misinya.

Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa Saat Musim Penghujan
Foto: Pendaki Cantik – @novi_ekasulistia

Payung

Tak hanya jas hujan, tetapi penggunaan payung juga sangat penting saat mendaki di musim hujan. Biasanya, payung dapat digunakan pada saat berdiam di tempat berkemah untuk lebih praktis dan efisien dalam bergerak di wilayah kemah. Selain itu, payung juga dapat menutupi bagian depan kemah dari rintik hujan.

Baca Juga: Gunung Kerinci via Kersik Tuo Tertutup Abu Vulkanik dan Jalur Pendakian Masih Ditutup

Rute yang mudah

Saat musim hujan, perlengkapan sebaiknya memilih rute pendakian yang tak terlalu berisiko dari gunung, sangat tidak disarankan untuk mendaki gunung dengan medan yang sangat becek. Para pendaki harus mencari pilihan jalur lain untuk mencapai puncak yang hendak dituju.

Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa Saat Musim Penghujan
Foto: Pendaki Cantik – @dealevinaps

Persiapan pengetahuan

Mengutip publikasi Persiapan Fisik Bagi Pendaki Gunung: Sebuah Alternatif Pencegahan Kecelakaan, memiliki pengetahuan dan dapat menerapkannya di gunung juga merupakan salah satu persiapan, terlebih lagi dikala hujan.

Pengetahuan ini meliputi membaca peta, menggunakan tali, kompas, P3K, mendapatkan air bersih, memasak, mendirikan tenda dan pengetahuan tentang pegunungan, flora, fauna, dan sebagainya.