Pendakicantik.com – Balai ┬áBesar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) akan meninjau pembukaan jalur pendakian, mengingat sekarang ini kondisi cuaca yang sangat buruk dan ekstrim hingga banyak pendaki yang sakit dan harus dievakuasi.

Humas Balai Besar TNGGP Agus Deni, menjelaskan pihaknya belum menerima informasi pasti apa akan dilaksanakan penutupan sementara atau pendakian tetap dibuka walau cuaca jelek.

Baca juga: TIPS MENDAKI GUNUNG BERSAMA ANAK

Pengelola Gunung Gede Evaluasi Pasca Pendaki Meninggal
Foto: Pendaki Cantik – @adewahyudi

Pengelola Gunung Gede Evaluasi Pasca Pendaki Meninggal

Tetapi pihaknya masih menilai, ditambah sesudah ada pendaki yang meninggal saat mendaki Gunung Gede Pangrango..

“Untuk sekarang ini masih tidak ada info berkaitan penutupan tetapi masih tetap dilakukan evaluasi,” katanya ke detikJabar, Rabu (16/3/2022).

Volunteer Gunung Gede Pangrango Ahmad Zaini, mengharap pihak TNGGP segera melakukan evaluasi untuk menahan terus munculnya pendaki yang sakit atau bahkan juga meninggal karena mendaki di saat kondisi cuaca jelek.

“Kita cuman mengharap ada penilaian atau evaluasi dan jika bisa ditutup untuk sementara waktu, karena cuaca ekstrem,” katanya.

Ia menjelaskan beberapa sukarelawan dan volunteer harus kerja extra semenjak satu bulan terakhir. Pasalnya banyak pendaki yang harus dievakuasi karena sakit atau alami peristiwa yang lain.

“Di akhir pekan kemaren hari saja kita evakuasi sampai delapan orang. Jika dikumulatifkan satu bulan banyak,” katanya.

Menurutnya keadaan itu karena cuaca yang buruk. Pasalnya pada cuaca bagus, jarang-jarang ada pendaki yang perlu dievakuasi karena sakit atau alami permasalahan saat mendaki.

“Jika cuaca memberikan dukungan, satu bulan itu cuman beberapa yang dievakuasi,” katanya

Pengelola Gunung Gede Evaluasi Pasca Pendaki Meninggal
Foto: Pendaki Cantik – @agspala

Share.