Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali

Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik - @asariself

#PendakiCantik – Kabar gembira datang dari pengelola jalur pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat. Pendakian tersebut sudah dibuka kembali.

Sebelumnya, pihak pengelola menutup kawasan konservasi tersebut sejak 10 September 2020 dalam rangka evaluasi kegiatan pendakian di masa normal baru, dan evaluasi ketertiban pengunjung wisata terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Melansir kompas.com, Petugas Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar TNGGP Poppy Octadiyani dalam keterangannya mengatakan, reaktiviasi jalur pendakian untuk umum terhitung sejak Rabu (21/10/2020).

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

 

View this post on Instagram

 

Alhamdulillah gede pangrango sudah dibuka untuk umum. Monggo japri via WhatsApp 087820033012

A post shared by info gede pangrango (@infogununggede) on

Pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Gede Pangrango menurut Poppy diharapkan bisa mendorong pertumbuhan masyarakat melalui multiplier effect yang ditimbulkan.

Pihak pengelola masih membatasi jumlah kuota pendakian sebesar 25 persen dari kuota normal sebanyak 300 orang per hari akumulasi untuk tiga pintu masuk, Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana.

Pembukaan kembali jalur pendakian ini menurut Poppy masih bersifat sementara dan akan dilakukan evaluasi dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar para pengunjung dan pendaki TNGGP bisa mematuhi aturan dan SOP yang diberlakukan.

Protokol Kesehatan Harus Diperhatikan

Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik – @annisamalati

Selain mengikuti SOP yang berlaku di TNGGP, pengunjung juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan di tatanan normal baru dan pendaki wajib membawa surat sehat.

Dijelaskan, ada beberapa poin dan aturan yang harus ditaati pendaki, di antaranya tidak melakukan pendakian apabila menunjukan gejala batuk, flu, demam, panas tinggi, dan sesak nafas.

Selanjutnya, memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer, menggunakan sarung tangan apabila memungkinkan, dan menjaga etika batuk atau bersin.

Menjaga jarak aman selama pendakian, jarak antar tenda juga diatur per 1 meter, dan mengisi 50 persen dari kapasitas tenda.

Ditutup Usai Dievaluasi

Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik – @irana_d

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup pada 10 September 2020 setelah postingan tentang jumlah pengujungan yang membeludak viral di media sosial.

Setelah ditutup, pihak pengelola kemudian melakukan evaluasi dan mulai melakukan kegiatan pembersihan untuk menjaga keasrian alam gunung tersebut.