Pendakicantik.com – Tanpa sengaja seorang pendaki menemukan satu koin kuno yang terkubur diantara puing-puing dalam sebuah situs kuil Romawi Kuno di Pegunungan Alpen, pada 2020 lalu.

Pendaki tersebut melaporkan penemuannya ke pihak berwenang setempat dan dari situ terungkap jelas bahwa situs di dataran tinggi tersebut menyembunyikan lebih dari sekadar beberapa keping uang.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi Lontaran Setinggi 600 Meter di Atas Puncak

“Kami kadang-kadang menemukan satu koin Romawi di Pegunungan Alpen, tetapi situs ini tidak biasa karena jumlah koin dan lokasinya,” ungkap Regula Gubler, manajer proyek ilmiah di tim arkeologi yang telah meneliti situs tersebut sejak 2022 dilansir dari Newsweek.

Menurut Gubler, mereka baru awal penyelidikan, namun timnya menilai bahwa lokasi tersebut merupakan tempat suci.

Pendaki Temukan Koin Kuno Romawi di Pegunungan Alpen; Lokasi Tempat Suci

“Orang pergi ke sana untuk menyimpan persembahan nazar (kaul) terutama koin, tetapi juga benda-benda lain (dan) meminta sesuatu kepada dewa atau berterima kasih kepada mereka. Saya kira semacam ziarah,” ungkapnya.

Baca juga: Mendaki Gunung dan Berpapasan dengan Cewek yang Sedang BAB

Menemukan Barang Zaman Romawi

Para arkeolog telah menemukan 100 koin Romawi kuno, 59 paku sepatu Romawi, 27 kristal batu kecil, sebuah bros, dan pecahan plakat nazar berbentuk daun. Pada ketinggian 2.590 meter, hampir 8.500 kaki di atas permukaan laut dan jauh dari tempat-tempat yang biasa dilalui, situs tersebut terbukti sulit dijangkau bahkan oleh tim penggalian modern.

“Tempat itu jauh dari tempat tinggal manusia, baik hari ini maupun di zaman Romawi dan jelas bukan jalan masuk,” ungkapnya.

Pendaki Temukan Koin Kuno Romawi di Pegunungan Alpen; Lokasi Tempat Suci
Foto: Pendaki Cantik –

Meski demikian, hal itu menunjukkan situs tersebut dahulunya adalah tempat yang penting.

“Tidak dapat dikesampingkan bahwa dataran tinggi antara puncak Ammertenhorn dan Pegunungan Wildstrubel, jika terlihat dari jauh, adalah tempat suci,” jelas Adriano Boschetti, seorang arkeolog dari Layanan Arkeologi Kanton Bern dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Gunung Raung: Jalur Pendakian Selama Bulan Ramadhan Tetap Dibuka

Pegunungan Alpen Punya Makna Religius

Gubler menambahkan, pegunungan ini mempunyai makna religius.

“(Ini) adalah situs yang menarik karena menunjukkan bahwa penduduk Romawi di wilayah itu tidak hanya menyembah gunung dari jauh, tetapi juga naik dan mendekatinya untuk menyimpan persembahan nazar,” ungkap Gubler.

Pendaki Temukan Koin Kuno Romawi di Pegunungan Alpen; Lokasi Tempat Suci
Foto: Pendaki Cantik –

Menurut dugaan arkeolog, fungsi situs tersebut berkaitan dengan formasi kristal batu alami yang ditemukan di sana. Situs ini hanya berjarak 19,3 kilometer atau 12 mil dari kota Thun, tempat beberapa kuil Romawi dapat ditemukan, termasuk patung yang secara khusus dikhususkan untuk dewi-dewi Pegunungan Alpen.

Share.