Pendakicantik.com – Pendaki Perempuan Uruguay diketahui bernama Maria sedang melakukan pendakian menuju Puncak Gunung Kerinci tanpa peralatan pendakian memadai dan tanpa tenda.

Maria merupakan salah seorang warga negara asing (WNA) yang berasal dari Uruguay.

Baca Juga: Gunung Bismo via Sikunang; Rute Tercepat Menggapai Dataran Tinggi Dieng

Pendaki Perempuan Uruguay ini melakukan pendakian Gunung Kerinci sendirian tanpa pemandu. Dia memulai pendakian Jumat (29/07/2022) lalu sampai pada hari Minggu pendaki perempuan ini hilang kabar.

Pendakian Gunung Kerinci 3 hari 2 malam

Maria mendaki sendirian, namun hingga Minggu (31/07/2022), belum ada kabar.

Tidak Lapor Petugas

Diketahui Maria mendaki ke Gunung Kerinci tanpa melapor terlebih dahulu ke petugas pos pendakian di R10.

Baca Juga: Gunung Lawu via Cemoro Sewu Dipadati Pendaki di Malam 1 Suro Untuk Ritual dan Wisata

Hal tersebut disampaikan langsung Rangga, Pemandu Wisata Kerinci yang tergabung di Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia ( APGI).

“Ada dugaan bahwa WNA yang mengaku bernama Maria itu mulai memasuki jalur pendakian Gunung Kerinci pada pukul 05:00 pagi hari,” jelas Rangga ke MetroJambi.

Rangga menjelaskan jika Maria melakukan pendakian tanpa peralatan memadai. Beberapa pendaki bertemu dia di jalur antara shelter 1 ke shelter 2. Mereka melihat dia hanya tidur di bawah akar dan pepohonan yang membentuk terowongan.

“Maria melakukan pendakian tak bawa tenda,” ujar Rangga.

Pendaki Perempuan Uruguay Naik Gunung Kerinci tanpa Lapor Petugas dan Hilang Kabar
Foto: Pendaki Cantik –

Mendaki Tanpa Peralatan Pendakian dan Tenda

Hingga siang kemarin 30 Juli 2022 pukul 12:00 WIB sambung Rangga, berdasarkan informasi dari para pendaki yang baru saja turun dari Gunung Kerinci, terlihat Maria masih di Gunung Kerinci.

Ada beberapa pendaki yang bertemu Maria di Shelter 3 sedang mencari sumber air untuk persediaan air ke puncak. Namun hingga malam hari 30 Juli 2022, Maria belum terlihat turun dari puncak Kerinci.

”Cuaca di Gunung Kerinci saat itu hujan lebat dari pukul 14:00 hingga malam hari,” jelasnya.

Baca Juga: Intip Destinasi Wisata Alam Indah nan Eksotik di Kabupaten Seram Bagian Timur, Indonesia

Rangga bersama teman lainnya masih menunggu perkembangan di lapangan. Meski sudah mencoba menghubungi nomor whatsapp Maria oleh salah satu orang teman tapi ceklis satu, tak masuk.

“Informasi ini saya himpun dari beberapa teman yang sedang melakukan pendakian,” ungkapnya.

Jets, pemandu wisata Kerinci mengatakan pendaki trail running yang melakukan tek tok di Kerinci pada 30 Juli 2022, sempat bertemu Maria di Tugu Yudha antara jam 15.00 -17.00 WIB sore.

“Pada malam hari sekitar pukul 19.30 WIB, Maria terpantau tidur di atas shelter 3 oleh Vito. Dalam keadaan tertidur dengan mengunakan tas/Cerrier,” ungkap Jets.

Pendaki Perempuan Uruguay Naik Gunung Kerinci tanpa Lapor Petugas dan Hilang Kabar
Foto: Pendaki Cantik – @JetzHikersPenda

Jets mengatakan, pada pagi Minggu (31/07/ 2022) saat tim Vito naik ke puncak tidak menemukan Maria ada di tempat mereka temukan sore kemarin.

“Hingga tim turun dari puncak mereka belum bertemu Maria. Siang ini pukul 13:49 WIB, Rian mencoba menghubungi WhatsAppnya namun ceklis 1 tidak aktif,” jelasnya lagi.

Dan berdasarkan info bahwa saat ini Maria sudah turun dari Gunung Kerinci dan lapor ke petugas.

Share.