Pendaki Meninggal Saat Turun Dari Gunung Gede Pangrango

Pendaki Meninggal Saat Turun Dari Gunung Gede Pangrango
Foto: Pendaki Cantik - @merdeka

Pendakicantik.com – Seorang pendaki asal Depok, Jawa Barat berinisial DN usia 46 tahun dinyatakan meninggal saat turun dari pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Cianjur, Sabtu (12/3/2022).

Peristiwa itu bermula saat korban melakukan running pendakian, tetapi tersandung dan jatuh langsung tidak sadar diri, lalu meninggal dunia di tempat kejadian.

Kepala Sektor I PTN Daerah I Cianjur Balai Besar TNGGP (Taman Nasional Gunung Besar Pangrango) Diah Qurani Kristina membenarkan ada seorang pendaki yang meninggal di jalur pendakian Gunung Gede Pangrango. Tetapi tidak dapat dipastikan secara jelas apa pemicu korban meninggal.

Baca juga: PENDAKIAN GUNUNG RINJANI KEMBALI DIBUKA

Pendaki Meninggal Saat Turun Dari Gunung Gede Pangrango
Foto: Pendaki Cantik – @chatnews

Pendaki Meninggal Saat Turun Dari Gunung Gede Pangrango

Kristina menjelaskan, kejadian meninggalnya pendaki baru diketahui pada Sabtu sore sekitaran jam 15.09 WIB.

“Iya, korban dinyatakan meninggal saat lakukan aktivitas pendakian. Tetapi untuk alasan atau penyebabnya tidak bisa dijelaskan secara pasti; apa penyakit serangan jantung atau karena lainnya,” ucapnya ke detikJabar, Senin (14/3/2022).

Kronologis Kejadian

Korban saat itu terpisah dari kelompok. Rekan-rekan sependakiannya baru sadar jika ada teman mereka yang terpisah dan tertinggal di atas, sesudah berada di pertengahan jalan menuju jalur turun ke base camp. Karena itu, teman-temannya memutuskan balik lagi ke atas untuk cari korban. Tetapi saat diketemukan korban sudah tidak bernyawa.

“Kronologis kejadiannya, saat itu korban dengan kelompoknya tengah jalan menuruni jalur pendakian pada saat keadaan hujan, tetapi yang berkaitan terpisah dari kelompoknya,” ucapnya.

Lebih lanjut Diah menjelaskan, mayat korban diketemukan rekannya pas ada di jalur pendakian Gunung Gede, atau sekitaran 15 – 20 menit arah jalur  turun dari puncak gunung Gede Pangrango.

Pendaki tersebut telah dan berhasil dievakuasi team pada Minggu (13/3/2022) pagi hari, dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

“Saat itu juga, jenazah korban langsung dievakuasi oleh sekitar 20 petugas gabungan terbagi dalam petugas TNGGP dan ditolong warga, volunteer dan sukarelawan lain. Pada proses penyelamatan mayatnya petugas cukup kesulitan karena terhalang cuaca,” ucapnya.

Pendaki Meninggal Saat Turun Dari Gunung Gede Pangrango
Foto: Pendaki Cantik – @itrip

Belum bisa dipastikan penyebab kematian pendaki asal Depok itu. Tetapi dipastikan kalau beberapa rombongan pendaki itu awalnya sudah lakukan proses yang berjalan dan sesuai prosedur dalam pendakian, dimulai dari check kesehatan dan lain-lain.

“Hingga saat ini belum bisa ketahgui secara pasti penyebab kematiannya, apa disebabkan karena penyakit serangan jantung atau faktor yang lain. Namun, saat sebelum mulai pendakian menuju Puncak Gunung Gede Pangrango, para pendaki khususnya korban berada dalam kondisi sehat, tidak ada tanda-tanda sedang sakit,” jelasnya.