Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest

Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest
Foto: Pendaki Cantik - Web/kumparan.com

#PendakiCantik – Pemerintah Nepal mengatakan akan membuka kembali pegunungan Himalaya termasuk Gunung Everest untuk para pendaki pada musim gugur.

Langkah ini merupakan salah satu cara negara yang mengandalkan pariwisata itu mendorong perekonomian mereka.

Nepal yang memiliki delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia menutup jalur pendakian pada Maret.

Negara Asia Selatan itu berusaha menahan laju penyebaran virus corona yang telah menginfeksi 19.547 dan menewaskan 52 orang di negara itu.

Dibuka Musim Gugur

Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest
Foto: Pendaki Cantik – Web/tribunnews.com

Pemerintah setempat melalui Departemen Pariwisata Nepal, Mira Acharya menjelaskan bahwa rencana pembukaan jalur pendakian dan izin pendakian pada musim gugur mendatang.

Acharya menambahkan setiap pendaki harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah dirilis pemerintah. Periode pendakian musim gugur di Nepal dimulai September hingga November.

Saat jumlah kasus infeksi di negara-negara Barat menurun, penularan virus corona di Asia Selatan termasuk Nepal bertambah dengan stabil.

Dampak Ekonomi

Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest
Foto: Pendaki Cantik – Web/bonepos.com

Ketiadaan pendakian di periode yang populer bulan April hingga Mei membuat Nepal kehilangan jutaan dolar.

Hal ini berdampak pada ratusan turis dan sekitar 200 ribu sherpa, pemandu wisata, dan porter. Walaupun pemerintah ingin membuka kembali jalur pendakian tapi penerbangan internasional masih ditutup hingga pertengahan Agustus.

Nepal juga masih menerapkan larangan masuk. Penyelenggara ekspedisi mengatakan ini artinya pendaki belum dapat melakukan pendakian.

Hotel dan Fasilitas Lain

Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest
Foto: Pendaki Cantik – Web/Phinemo.com

Penyelenggara ekspedisi pendakian Ang Tshering Sherpa juga masih pesimis dengan situasi yang ada.

Melansir AFP, ia mengaku optimis dengan pendaki gunung-gunung kecil namun ragu dengan akan adanya pendaki di gunung-gunung yang lebih besar.

Mulai Kamis (30/7) lalu Nepal juga sudah membuka kembali hotel-hotel dan restoran dengan protokol kesehatan yang ketat.

Wakil presiden Asosiasi Hotel Nepal (HAN) Binayak Shah mengatakan ruang konferensi, seminar, gym, dan kasino masih dilarang dibuka.

Jalur Penerbangan Dibuka

Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest
Foto: Pendaki Cantik – Web/kompas.com

Departemen Pariwisata Nepal, Mira Acharya mengatakan dibukanya kembali wisata Everest sejak pemerintah mencabut penguncian wilayah (lockdown) pekan lalu.

Untuk mendatangkan turis asing, Nepal juga akan mengizinkan penerbangan internasional mulai 17 Agustus. Nepal pertama kali menutup perbatasan dan menghentikan jalur pendakian Everest pada Maret lalu.

Semua penumpang internasional yang datang dan berangkat ke Nepal harus memiliki sertifikat kesehatan yang menyatakan bahwa mereka bebas virus corona.

Wajib Karantina

Pemerintah Nepal Membuka Jalur Pendakian Gunung Everest
Foto: Pendaki Cantik – Web/kompas.com

Menteri Pariwisata dan Penerbangan Sipil Nepal, Yogesh Bhattarai, mengatakan, para pelancong yang tiba juga harus menjalani karantina, meski ia tak mengungkap durasinya.

Acharya mengatakan protokol kesehatan tetap diberlakukan bagi keselamatan turis. Turis akan diharuskan melakukan karantina saat tiba di Nepal, sebelum memulai pendakian.

Ahli memperingatkan puncak kedatangan wisatawan ke gunung Everest pada September hingga November. Pengunjung diminta mewaspadai angin kencang dan suhu yang lebih rendah di puncak gunung di tengah pandemi Covid-19.

Keputusan itu dilakukan kendati ada lebih dari 1.000 kasus baru yang dilaporkan pekan, sehingga total 19.547 orang terinfeksi virus corona.