Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi

Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi
Foto: Pendaki Cantik -

Pendakicantik.com – Gunung Merapi yang terletak di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempunyai begitu banyak kisah mistis. Satu diantaranya tentang mitos suara-suara yang sering ada di kawasan Pasar Bubrah; salah satu jalur pendakian Gunung Merapi.

Lokasi Pasar Bubrah letaknya tidak jauh dari Puncak Merapi. Banyak masyarakat sekitar dan juga para pendaki yang percaya bahwa ada kehidupan tak kasat mata di wilayah itu.

Salah seorang warga dari Dusun Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali pernah menjelaskan bahwa sebenarnya nama aslinya bukan ‘Pasar Bubrah’ tetapi ‘Pasar Bubar’.

Berbagai kisah yang bertutur tentang adanya suara-suara misterius di Pasar Bubar alias Pasar Bubrah telah berkembang secara turun temurun. Suaranya serupa keriuhan suasana pasar menjelang tutup. Karena kondisi seperti itu maka dulu tempat itu disebut Pasar Bubar.

Baca juga: INFO TERBARU BUAT YANG SUDAH KANGEN KEINDAHAN GUNUNG CIREMAI

Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi
Foto: Pendaki Cantik – @fidelliayovita

Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi

Berkaitan dengan dunia lain dan atau makhluk kasat mata tentunya tidak semua orang percaya. Terkadang itu hanya merupakan mitos yang dipercaya dan selalu dijaga oleh masyarakat setempat. Dan sebagai tamu, hendaknya para pendaki dan pengunjung menghormati dan ikuti tata cara masyarakat setempat biar perjalanan selama pendakian bisa lebih aman dan nyaman.

Pasar Bubrah: Sekilas Tentang Nama

Konon berdasarkan kisah para sepuh, masyarakat yang membuat sedekah gunung, dimana mereka naik ke Merapi saat tengah malam dan tiba di atas sudah pagi. Saat sebelum sampai di Pasar Bubar atau Pasar Bubrah itu, mereka mendengar banyak sekali suara orang seperti layaknya suasana pasar di kehidupan sehari-hari.

Tetapi, setelah orang-orang yang naik tengah malam itu tiba di Pasar Bubrah, mereka tidak melihat ada keramaian di tempat tersebut. Mereka cuma menyaksikan sisa-sisa keramaian, seperti bekas pincuk dan bungkus makanan. Sehingga sejak itu tempat tersebut dinamakan ‘Pasar Bubar’ dan sekarang lebih dikenal dengan sebutan ‘Pasar Bubrah’.

Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi
Foto: Pendaki Cantik – @ibrahimazzainy

Mbah Simbar Joyo: Sosok Misterius Di Pasar Bubrah

Selain cerita yang telah berkembang secara turun-temurun, ada kisah lain yang dialami oleh beberapa pendaki gunung yang mengaku pernah mengalami pengalaman misterius di Pasar Bubrah. Cerita para pendaki ini seolah makin memperkuat citra Pasar Bubrah sebagai kawasan menyeramkan alias angker.

Selain cerita dari beberapa pendaki tentang Pasar Bubrah, pernah juga seorang wisatawan asing, bercerita jika pernah melihat kereta kencana di Pasar Bubrah saat dia turun dari puncak Merapi.

Selain itu, beberapa warga setempat juga mengaku kalua meraka pernah bertemu dengan sesosok orang tua berjenggot di daerah tersebut. Warga sekitar biasa menyebut sosok tua misterius itu dengan sebutan Mbah Simbar Joyo.

Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi
Foto: Pendaki Cantik – @jogjaku

Jaga Sikap, Tutur Kata dan Berdoa

Kisah-kisah misterius di jalur pendakian Gunung Merapi tentunya dapat memberikan pelajaran kepada para pendaki dan pengunjung untuk selalu berhati-hati, jaga sikap dan tutur kata saat melintas di jalur pendakian itu. Dan paling utama jangan lupa berdoa agar perjalananmu aman dan bisa pulang kembali ke rumah dengan selamat.

Pasar Bubrah: Suara-suara Misterius di Jalur Pendakian Merapi
Foto: Pendaki Cantik -@iamelinch_