Mitos Tentang Danau Penuh Misteri di Puncak Gunung Rajabasa

Mitos Tentang Danau Penuh Misteri di Puncak Gunung Rajabasa
Foto: Pendaki Cantik - @wnaprni

#PendakiCantik – Sebagai pintu masuk Sumatera, Lampung Selatan memiliki begitu banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah danau di puncak Gunung Rajabasa.

Ada begitu banyak objek wisata bahari yang tersebar di Lampung Selatan baik alami maupun yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat.

Selain objek wisata pantai, pemandian air panas yang tersebar di beberapa tempat di wilayah ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pada kesempatan ini, Pendaki Cantik hanya akan membahas tentang danau yang penuh misteri di puncak Gunung Rajabasa. Seperti apa modelnya, simak ulasan berikut ini:

Danau Vulkanis Bekas Letusan

Mitos Tentang Danau Penuh Misteri di Puncak Gunung Rajabasa
Foto: Pendaki Cantik – @yosi_irintikaa

Selain objek wisata Pantai seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Lampung Selatan juga memiliki danau Vulkanis yang terletak di puncak Gunung Rajasasa.

Objek wisata ini belum terlalu populer karena akses dan medan yang hendak ditempuh sangat berat serta melelahkan. Biasanya para pecinta alam sama warga sekitar saja yang bisa menjangkaunya.

Gunung Rajabasa sendiri merupakan gunung tertinggi di Lampung Selatan, khususnya untuk wilayah Kalianda dan sekitarnya. Gunung ini juga menjadi penyedia sumber air bagi masyarakat.

Akses Menuju Danau Vulkanis

Mitos Tentang Danau Penuh Misteri di Puncak Gunung Rajabasa
Foto: Pendaki Cantik – @ernisapriany

Danau di puncak Gunung Rajabasa dinamakan Danau Vulkainis karena merupakan sisa dari letusan yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya.

Puncak Gunung Rajabasa sendiri berjarak Kurang lebih 17 km Kecamatan Penengahan. Kamu bisa memulai perjalanan dari beberapa titik atau pos.

Bisa dari Desa Padan dan Desa Merambung, Kecamatan Penengahan, serta Daerah Pesisir Kecamatan Kalianda dan Rajabasa.

Kamu akan melewati jalan setapak dan akan sampai ke tepi hutan larangan. Disini, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat luar biasa indah.

Danau Penuh Misteri

Mitos Tentang Danau Penuh Misteri di Puncak Gunung Rajabasa
Foto: Pendaki Cantik – @fharellgpp14

Sebelum mendaki Gunung Rajabasa, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari perlengkapan pendakian serta tembakau yang dipercaya bisa mengusir pacet.

Menurut masyarakat setempat, Gunung Rajabasa memiliki banyak misteri yang sulit diprediksi sehingga kamu perlu memerlukan jasa guide lokal agar tidak tersesat.

Danau Rajabasa juga merupakan danau misteri. Berdasarkan cerita masyarakat sekitar tidak semua orang bisa melihat danau tersebut meski sudah berada di puncak gunung.

Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan air yang sangat jernih di danau tersebut. Namun jika tidak, walau hujan lebat sekalipun danau tersebut akan tetap kering.

Banyak juga yang bercerita bahwa danau itu memiliki air tetapi keruh. Ada juga yang mengatakan bahwa danau itu memiliki air tetapi hanya cukup untuk diminum pengunjung.

Batu Cukup yang Berbentuk Nisan

Mitos Tentang Danau Penuh Misteri di Puncak Gunung Rajabasa
Foto: Pendaki Cantik – @reffywd_

Selain danau yang penuh dengan misteri, di bibir danau juga terdapat sebuah batu yang bernama Batu Cukup. Batu ini berbentuk seperti nisan yang mampu menampung ratusan orang sekaligus.

Menariknya, pada saat dilihat batu ini tampak seperti batu biasa kebanyakan. Namun saat dinaiki, berapa pun jumlah kalian pasti muat ditampung di batu tersebut.

Ada juga beberapa batu lain yang biasa disebut Batu Sukhat yang berbentuk seperti Al-quran yang terbuka. Ada juga batu nisan dan banyak lain batu-batu lain di sekitar gunung tersebut.

Sayangnya, sejauh ini ada kabar bahwa ada pihak yang hendak mengeksploitasi keindahan Gunung Rajabasa untuk gas alam. Padahal masyarakat menggantungkan kebutuhan airnya di gunung tersebut.