Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Kamu Tahu

Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik - @_indahjuliaa

#PendakiCantik – Sama seperti gunung-gunung lainnya, Gunung Dempo juga memiliki beberapa misteri dan mitos yang masih dipercaya hingga hari ini.

Di kalangan pendaki maupun masyarakat, Gunung Dempo sangat populer dengan kisah Manusia Harimau.

Manusia Harimau diyakini sebagai penunggu Gunung Dempo, dia tidak akan mengganggu jika tidak diganggu. Manusia Harimau kadang terlihat menyerupai manusia namun ada kalanya berwujud harimau.

Keberadaan Manusia Harimau juga tidak terlepas dari tarian Ulu atau silat Harimau yang bernuansa magis, dimana tidak sembarang orang bisa terpilih untuk mendapatkan ilmu dari guru besar yang ada di Dompu.

Mengenai wujud guru besar tersebut apakah sebangsa manusia atau makhluk gaib masih menjadi misteri.

Legenda Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat

Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @fadillanuari

Selain itu, Gunung Dempo juga identik dengan kisah legenda Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat. Permusuhan kedua orang dengan kesaktian tinggi tersebut bahkan masih membekas hingga ke anak cucu keturunan mereka.

Si Pahit Lidah yang dikenal dengan nama asli Serunting merupakan nenek moyang dari Suku Basemah di wilayah Sumatera Selatan bagian Barat dan Bengkulu.

Sementara Si Mata Empat merupakan nenek moyang dari Suku Komering dan Lampung.

Keduanya bertarung sampai mati, namun sebelum ajal menjemput Si Pahit Lidah bersumpah dan mengutuk siapa saja keturunan Si Mata Empat yang menginjakkan kakinya di Gunung Dempo maka akan celaka.

Sampai saat ini para juru kunci di Gunung Dompo melarang keturunan Suku Komering dan Lampung mendaki kecuali didampingi oleh juru kunci atau penduduk Pagaralam.

Kutukan Diduga Pernah Terjadi

Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @ainunsari19

Beberapa informasi menunjukkan bahwa dalam periode tahun 1980-2000 sudah terjadi banyak kasus yang terkait dengan legenda tersebut.

Ada rombongan pendaki dari Mapala mupun pribadi keturunan Suku Komering yang dinyatakan hilang, dan beberapa diantaranya ditemukan sudah meninggal.

Terkait kondisi tersebut, maka tidak mengherankan jika sebelum pendakian para pendaki akan ditanyai mengenai asal usulnya, apakah keturungan Suku Komering atau bukan.

Jika iya, maka biasanya akan diminta untuk tidak mendaki ke Gunung Dempo, atau bisa tetap mendaki namun harus didampingi oleh juru kunci atau warga Pagaralam.

Keajaiban Kumandang Adzan

Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @_nandanatasya

Mitos lain yang beredar di masyarakat dan kalangan pendaki adalah keajaiban kumandang adzan yang diyakini bisa membuka kabut tebal yang menghambat perjalanan.

Sudah sangat jamak di kalangan pendaki, ketika menjumpai kabut tebal di tengah perjalanan maka solusinya adalah dengan mengumandangkan adzan.

Meskipun belum ada penjelasan ilmiah mengenai kondisi ini, namun sudah banyak yang membuktikan bahwa hal itu benar-benar nyata dan terjadi.

Mitos Kayu Panjang Umur

Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Pendaki Cantik – @reffywd_

Keberadaan kayu panjang umur di Gunung Dempo juga menjadi kisah unik yang akan menemani perjalanan pendakian.

Kepopuleran tumbuhan ini bahkan semakin membuat populasi kayu panjang umur semakin menipis karena banyak pendaki yang mengambilnya.

Kayu panjang umur atau Cantigi memang banyak tumbuh di Gunung Dempo dengan kecantikan bunganya yang memikat.

Pohonnya sendiri berbentuk batang-batang dengan daun-daun kecil yang rapat, pucuk-pucuk daunnya berwarna merah. Pucuk-pucuk inilah yang dinggap sebagai “bunga” dari Cantigi atau kayu panjang umur.

Konon warna bunga ini tidak akan pudar meskipun telah dipetik selama berhari-hari, namun lambat laun akan berubah menjadi hitam dengan bentuknya yang tetap cantik menawan.