Merapi: Kugapai Bersama Sahabat

Gunung Merapi terbilang spot pendakian yang populer di kalangan komunitas pendaki.

Merapi - Kugapai Bersama Sahabat
Merapi - Kugapai Bersama Sahabat | @tadjkanova

Gunung Merapi merupakan gunung berapi aktif yang terletak di bagian tengah pulau Jawa. Secara administratif, lingkupnya berada di dua wilayah provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Secara etimologis, nama “Merapi” sendiri berasal dari penyingkatan dua kata bahasa Jawa yakni “meru” yang berarti gunung, dan “api”. Sehingga penyebutan Merapi sendiri sebenarnya sudah berarti “gunung api”.

BacaMahameru: Titipan Manis dari Sahabat

Di kalangan pendaki, gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi  ini terbilang gunung pendakian yang populer. Salah satu alasannya, karena panorama alamnya yang menakjubkan.

Semula, ada tiga jalur pendakian menuju puncaknya, yaitu melalui babadan, kineharjo dan new selo. Namun, sejak erupsi tahun 2010, jalur via babadan dan kineharjo sudah tidak digunakan lagi.

Mendaki Bersama Sahabat

Setiap orang atau team ataupun kelompok (komunitas) pasti selalu punya alasan tersendiri ketika memilih tempat yang akan dijadikan objek untuk melakukan kegiatan bersama. Begitupun, komunitas pendaki cantik.

Alasan kami mungkin sangat sederhana. Karena posisi dan lokasi keberadaan kami tersebar di seluruh Indonesia, maka dipilihlah lokasi yang pas dan strategis. Lokasi yang mungkin jadi incaran banyak pendaki.

BacaJejak Pendakian Gunung Gede – Pangrango

Begitulah, ada beberapa faktor kenapa gunung dengan ketinggian puncak 2.930 mdpl ini dipilih sebagai lokasi pendakian bersama. Pertama, karena letaknya di tengah-tengah, baik itu dari rekan-rekan se-pulau Jawa, maupun se-Indonesia.

Kedua, karena jalur pendakiannya boleh dibilang tidak terlalu ekstrem. Hal ini tentunya akan menjadi faktor yang menguntungkan jika dalam komunitas, banyak pendaki pemula yang ingin ikut. Ketiga, panorama alamnya yang terkenal luar biasa indahnya.

Pendaki Cantik Merapi

Pengalaman pendakian kami akan diceritakan di lain waktu dalam tema tulisan tersendiri. Dalam edisi kali ini, yuk kita simak dulu sejumlah foto pilihan dari rekan-rekan pendaki cantik lainnya yang telah menapaki pendakian ke Merapi.

BacaWajah-wajah Cantik di Pendakian Gunung Merbabu

Semoga foto-foto ini sekaligus menjadi ajakan untuk para sahabat untuk mendaki ke Merapi. Sebentuk pesan yang sebisanya dititipkan sebelum mendaki: jagalah kelestarian alamnya, termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan.

View this post on Instagram

Maafkan… Aku hanya ingin merapikan feed 😁

A post shared by uci.purnama (@uci.purnama) on

View this post on Instagram

Aku senyumin ya 😊

A post shared by Melody (@cleopatramelody) on