Mengenal Gunung Soputan, yang indah di Sulawesi Utara

Mengenal Gunung Soputan, yang indah di Sulawesi Utara
Foto: Pendaki Cantik - @marsheilatengor

Pendakicantik.com – Gunung Soputan adalah salah satu tempat wisata alam yang jadi incaran oleh para pendaki untuk melihat keindahan panorama atau view dari puncak.

Gunung Soputan merupakan gunung api yang terletak di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Gunung ini terbentuk pada masa kuarterner di tepi selatan kaldera Tondano dan salah satu gunung api teraktif di Sulawesi.

Baca juga: MINAT PENGUNJUNG PENDAKIAN GUNUNG RINJANI MENINGKAT TIAP TAHUN

Foto: Pendaki Cantik – @marsheilatengor

Mengenal Gunung Soputan, yang indah di Sulawesi Utara

Gunung Soputan menjadi sumber material berupa batu dan pasir. Di daerah kaki gunung Soputan terdapat material yang baik untuk bahan pembangunan rumah atau gedung oleh masyarakat sekitar.

Tentang Gunung Soputan

Gunung Soputan berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya selatan kota Manado dan berjarak sekitar 12 kilometer di sebelah timur laut kota Tombatu, kabupaten Minahasa Tenggara. Gunung Soputan berada pada ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut.

Tercatat telah terjadi letusan yang cukup sering dalam rentang waktu beberapa tahun sekali. Letusan Soputan tercatat terjadi pertama kali pada tahun 1785 dan letusan terakhirnya terjadi pada 5 Oktober 2018. Tipe erupsi dari Soputan adalah ledakan, kubah lava, aliran piroklastik, dan aktivitas strombolian.

Jalur Pendakian Gunung Soputan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berencana ke pendakian puncak Gunung Soputan. Selain harus mempersiapkan fisik, mental, dan logistik; para pendaki juga wajib mengetahui jalur menuju puncak agar tak tersesat seperti kejadian empat pendaki remaja yang tersesat kemarin, Rabu (6/4/2022).

Hal utama yang harus jadi perhatian para pendaki, adalah jalur pendakian resmi yang diinformasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui laman resmi. Perjalanan dapat dimulai dari beberapa arah lereng gunung api.

Beberapa rute atau jalur pendakian Gunung Soputan, adalah

  • Dari arah utara bisa melewati dua jalur yaitu Kampung Tombasian Atas, Kecamatan Tombasian dan Kampung Pinebetengan, Kecamatan Tompaso

Dalam waktu dua jam, para pendaki bisa tiba di Kawah Masem. Dari lokasi itu, kamu membutuhkan satu jam lagi untuk mencapai puncak Gunung Soputan. Perjalanan dari dimulai yaitu Kampung Tumaratas, Kecamatan Langowan Barat.

  • Dari arah selatan atau barat, para pendaki bisa melewati Kampung Silian, Kecamatan Tombatu. Perkemahan bisa dekat hulu Sungai Masem, bekas pabrik belerang sebelum perang dunia kedua. Jarak dari situ ke Puncak Gunung Soputan sekitar kurang lebih 5 km.
  • Foto: Pendaki Cantik – @marsheilatengor

Exit mobile version