#PendakiCantik – Gunung Geureudong atau Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong adalah gunung stratovolcano di bagian utara Sumatera, Indonesia.

Secara administratif gunung dengan ketinggian 2.885 mdpl ini terletak di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Nangro Aceh Darusalam.

Kawasan Gunung Geureudong pernah menjadi perbincangan saat ditemukan bebatuan yang diduga adalah peninggalan kehidupan purba yakni Situs Hunian Megalitik.

Selain itu, wilayah gunung ini juga potensial untuk sumber energi. Hal tersebut masih dalam tahap penelitian.

Jalur Pendakian

Mengenal Gunung Geureudong, Tempat Hidup Gajah Sumatera
Foto: Pendaki Cantik – @hasnayf_

Agar dapat mendaki Gunung Geureudong, kamu bisa memulainya lewat Desa Wih Porak atau Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Pendakian Gunung Geureudong masih jarang dilakukan, hal ini dikarenakan trek yang jauh dan sulit. Jarak basecamp dengan kampung terdekat mencapai 10 km lebih.

Pendakian Geureudong sendiri memakan waktu hingga 7 hari. Perjalanan awal pendakian akan melewati perkebunan. Selanjutnya adalah trek hutan rotan.

Banyak ditemukan jejak-jejak gajah liar. Sebelum mencapai Puncak Geureudong, pendaki akan menemui padang savana yang cukup luas. Dari padang savana tersebut sudah bisa terlihat Puncak Geureudong.

Panduan Mendaki

Mengenal Gunung Geureudong, Tempat Hidup Gajah Sumatera
Foto: Pendaki Cantik – @dmeylinda___

Gunung Geureudong memiliki banyak keunikan yang membuat banyak pendaki penasaran untuk menaklukkan gunung tersebut.

Selain Gajah Sumatera yang berada di puncak gunung, padang savana yang membentang luas sebelum mencapai puncak juga menjadi sebuah pemandangan cukup menarik.

Selama mendaki Gunung Geureudong, kamu akan melewati pemukiman dan perkebunan penduduk yang berasal dari suku Jawa. Mereka menggunakan bahasa Jawa dan Gayo dalam kehidupan sehari-hari.

Di mulai dari Desa Bukit Mulie, jarak yang akan kamu tempuh kurang lebih sekitar 7 kilometer dan untuk mencapai puncak dibutuhkan waktu sekitar 5 hari.

Pemandangan Bukit Barisan

Mengenal Gunung Geureudong, Tempat Hidup Gajah Sumatera
Foto: Pendaki Cantik – @tian_oke

Selama perjalanan, kamu akan menelusuri jalanan beton yang cukup panjang. Namun, kamu tidak akan merasa bosan karena pemandangan bukit barisan sangat indah untuk dipandang.

Jalur pendakian yang akan kamu lalui juga cukup beragam, dengan vegetasi yang beragam pula. Sesampainya di pintu rimba, pendakian yang sebenarnya pun dimulai.

Jalur yang banyak Warga lewati untuk berburu yang menjadi tantangan bagi kamu untuk melewatinya.

Tanaman rotan yang banyak ditemukan sering kali melukai beberapa bagian tubuh ketika melewatinya.

Perbedaan cuaca dari yang cerah pada pagi hari menjadi hujan di tiap sore, tidak menghalangi akan untuk terus berjalan melewati rintangan yang dihadapi.

Tempat Mendirikan Tenda

Mengenal Gunung Geureudong, Tempat Hidup Gajah Sumatera
Foto: Pendaki Cantik – @tiaramandalawangi

Jika kamu kelelahan dan membutuhkan waktu untuk beristirahat, tempat yang bisa kamu pilih untuk mendirikan tenda adalah di kaki Sarimin. Disini, areanya sudah mulai lembab.

Tempat lain yang bisa dijadikan rest area berikutnya adalah Lembah Tamat. Di tempat ini, kamu akan berhadapan dengan dengan padang savana yang cukup luas dan indah.

Di tempat ini kamu bisa menemukan jalur atau jejak-jejak kehidupan Gajah Sumatera yang ditandai dengan keberadaan kotoran-kotoran mereka.

Setelah itu, kamu sudah bisa menjangkau puncak Gunung Geureudong yang ditandai dengan sebuah pilar.

Dari puncak kamu bisa melihat jajaran Pegunungan Bukit Barisan. Setelah turun dari puncak, kamu juga bisa menikmati sumber air panas di kaki gunung.

Share.