Mendaki Gunung Wajib Menyiapkan Minimal 5 Peralatan Penting Ini

5 Peralatan yang Wajib Disiapkan Jika Ingin Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik - @khairasoevi

Pendakicantik.com – Mendaki gunung kini tengah menjadi tren dikalangan anak muda dan menjadi seorang pendaki gunung merupakan kebanggaan tersendiri.

Keberhasilan mendaki gunung melewati rintangan hingga sampai ke puncak memberikan kebanggaan dan kepuasan tersendiri, selain tentu saja bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Pasca Gempa Cianjur Masih Ada Warga yang Belum Dapat Bantuan dari Pemerintah

Namun, faktor keselamatan saat mendaki gunung tidak boleh diabaikan oleh karena itu pendaki harus membawa peralatan yang diperlukan.

Alih-alih menciptakan kepuasan, terkadang para pendaki menghadapi bencana saat mendaki karena tidak membawa peralatan yang lengkap. Kasus kematian pendaki gunung sering terdengar.

Baca juga: Gunung Lawu Ada 5 Adat Istiadat Setempat yang Harus Dipatuhi saat Naik

5 Peralatan yang Wajib Disiapkan Jika Ingin Mendaki Gunung

Misalnya, pada pertengahan Maret 2022 ada pendaki asal Depok ditemukan tewas di Gunung Gede-Parango, Cianjur, Jawa Barat karena kedinginan.

5 peralatan yang wajib dibawa oleh para pendaki gunung dilansir dari Nepal Climbing Info:

Tali prusik

Tali prusik merupakan alat pelengkap berupa tali yang digunakan bagi kalangan pecinta alam, pemanjat tebing, atau pendaki yang banyak manfaatnya meski berdiameter kecil. Untuk pendakian gunung, sebagian besar pemandu merekomendasikan pendakian dengan tali dinamis dan statis. Yang pertama berguna untuk memanjat karena lebih elastis. Sedangkan yang kedua paling baik untuk rappelling dan penyelamatan karena lebih kaku.

5 Peralatan yang Wajib Disiapkan Jika Ingin Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @annisamalati

Tenda

Tenda adalah salah satu peralatan penting yang harus dibawa para pendaki selama ekspedisi pendakian gunung. Fungsi tenda berguna untuk tempat berlindung, mengingat kondisi alam yang ekstrim, seperti curah hujan yang tinggi. Ada berbagai ukuran dan bentuk tenda yang tersedia untuk ekspedisi gunung. Faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli tenda adalah jenis, kekuatan, dan kemudahan pemasangan.

Baca Juga: Gempa Cianjur Tidak Pengaruhi Aktivitas Vulkanik Gunung Gede

Peralatan Masak

Meski para pendaki biasanya telah membawa bekal makanan cukup, namun tidak menutup kemungkinan bakal habis di tengah perjalanan. Untuk bertahan hidup, salah satu cara terbaiknya adalah memasak sendiri di tengah hutan. Mengingat peralatan yang tersedia di sana sangat terbatas, maka penting untuk membawa peralatan memasak sendiri dari rumah. Ini tentu akan sangat membantu.

Alat navigasi

Alat navigasi seperti peta atau kompas berfungsi sebagai penunjuk arah selama pendakian. Ini sebagai alat cadangan ketika pendaki tersesat di tengah hutan. Selain membawanya, para pendaki khususnya pemula juga harus mengetahui cara mengoperasikan alat navigasi. Percuma bila dibawa, namun tidak mengerti cara menggunakannya.

5 Peralatan yang Wajib Disiapkan Jika Ingin Mendaki Gunung
Foto: Pendaki Cantik – @anindiyaaaaa_

Pakaian dan Alat Kesehatan

Kondisi alam tidak bisa diprediksi dan sering kali berubah-ubah. Cuaca dingin akibat badai dan curah hujan tinggi kerap menjadi tantangan para pendaki gunung. Biasanya, para pendaki yang tidak mengantisipasinya mengalami kedinginan hebat. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa pakaian memadai dan sejumlah perlengkapan keselamatan kesehatan.