#PendakiCantik – Gunung Prau yang membentang di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah akan mulai tahap uji coba dibuka kembali pada Jumat (3/7/2020).

Meski demikian pembukaan dalam taraf uji coba ini akan dilakukan dengan sejumlah persyaratan ketat.

Menurut keterangan pihak Administratur Perhutani Kedu Utara (PKH) Ir. Damanhuri karena masih dalam tahap uji coba atau ada batasan waktu maka rencananya akan dilakukan sebulan.

Damanhuri juga mengatakan, dalam tahap uji coba ini, pengunjung Gunung Prau juga terbatas hanya pengunjung yang berasal dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) saja.

Pengunjung dibatasi

Memulai Uji Coba, Gunung Prau Akan Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@wanitaexplorer

Selain itu kapasitas pengunjung yang datang juga dibatasi separuh dari kapasitas normal, sebanyak maksimal 1.500 orang per hari.

Adapun model pembagiannya adalah 600 orang untuk basecamp Patak Banteng dan sisanya dibagi ke dalam 5 basecamp lain.

Adapun tenda juga diharuskan untuk diisi separuh dari kapasitas tenda tergantung dari ukuran besarnya.

Sementara itu, beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan pada pengunjung Gunung Prau di antaranya adalah:

Memulai Uji Coba, Gunung Prau Akan Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@bellaa_septiana
  1. Dilakukan desinfektan pada pengunjung yang baru datang
  2. Pendaki wajib cuci tangan dengan sabun
  3. Pendaki akan dicek suhu tubuhnya
  4. Pendaki wajib melakukan registrasi satu nama satu KTP
  5. Pendaki diwajibkan membawa surat keterangan sehat
  6. Pendaki diwajibkan membawa handsanitizer, masker dan sarung tangan

Soal Rapid Tes

Memulai Uji Coba, Gunung Prau Akan Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@cahya.pn

Adapun perihal apakah nantinya para pendaki diwajibkan membawa tes PCR atau Rapid Tes, pihaknya menjelaskan yang diperlukan para pendaki adalah surat keterangan sehat dari Puskesmas dimana dirinya berasal.

Kalau yang bersangkutan tidak membawa (surat keterangan sehat), bisa memeriksakan diri ke Puskesmas Kejajar dan petugas kesehatan yang standby di basecamp Patak Banteng.

Terkait persiapan, Damanhuri menjelaskan simulasi telah dilakukan oleh basecamp-basecamp pendakian yang ada di Gunung Prau.

Informasi Simulasi

Memulai Uji Coba, Gunung Prau Akan Dibuka Kembali
Foto: Pendaki Cantik – Instagram/@kopi_senja_

Seperti basecamp Dwarawati Banjarnegara (KPH Banyumas Timur), Basecamp Dieng, Basecamp Kalilembu, Basecamp Pathak Banteng, Basecamp Igirmranak dan Basecamp Wates.

Pelaksanaan simulasi tersebut telah dilakukan pada Minggu (28/6/2020) lalu. Simulasi persiapan pembukaan Gunng Prau ini juga sempat diunggah oleh akun @prau_mountain.

 

View this post on Instagram

 

Adaptasi kebiasaan baru mendaki gunung Prau sudah siap pendaki wajib membawa : 1. surat keterangan sehat, 2. handsanitizer 3. masker minimal 2 4. sarung tangan minimal 2 , dan perlengkapan standar pendakian , Pendaki dibatasi sistem kuota , kapasitas tenda 50 persen dari kapasitas maksimal kecuali satu keluarga . kami siap menyambut kalian dengan protokol kesehatan.. Bc Dwarawati : @basecampdwarawati Bc Dieng : @basecamp_prau_dieng Bc kalilembu : @ basecamp_prau_kalilembu Bc Patak banteng : @ranger_prau Bc igirmranak: @basecamp.prau_igirmranak Bc Wates : @gunungprau_viawates . dan tunggu kabar tanggal resmi dibuka ! segera.. . 🎥 @prau_mountain 🎼 puncak Prau @asune_djowo #prau_mountain

A post shared by GUNUNG PRAU (@prau_mountain) on

Adapun peserta simulasi sendiri terdiri dari unsur Perhutani, basecamp, Basarnas Pos Wonosobo, Perwakilan Gugus Tugas, Puskesmas Kejajar.*

Share.