Pendakicantik.com РAktivitas mendaki gunung sekarang ini menjadi salah satu diantara kegiatan favorit saat berlibur di kelompok atau kalangan anak muda bahkan juga keluarga. Nikmati keelokan alam, menghirup angin segar, dan melatih fisik ialah beberapa pendapat dari orang-orang  yang suka mendaki gunung.

Manfaat mendaki gunung juga dapat dirasakan oleh tiap pendaki dari semua umur, tidak terkecuali anak-anak. Mendaki gunung sendiri sebagai salah satu aktivitas yang dipandang sebagai media pembelajaran karakter atau watak.

Baca juga: INFO BUKA TUTUP DESTINASI WISATA DI SEKITAR GUNUNG MERAPI

Manfaat Mendaki Gunung untuk Anak
Foto: Pendaki Cantik – @cancanindya

Manfaat Mendaki Gunung untuk Anak

Buat orang tua yang suka mengajak dan mengikutsertakan anak dalam kegiatan outdoor misalkan mendaki gunung merupakan langkah yang baik. Karena singkah tersebut membantu anak dalam proses pembelajaran tentang lingkungan alam bebas.

Olahraga mendaki gunung buat anak memiliki beberapa manfaat, diantaranya

Latih sikap penuh penghitungan dan tanggung jawab

Dalam mendaki gunung, anak akan belajar untuk berlaku penuh penghitungan dan bertanggungjawab. Kekuatan untuk bertanggungjawab dapat dilatih dimulai dari mempersiapkan penyiapan pendakian.

Anak akan belajar terlatih tidak ceroboh dan selalu penuh penghitungan setiap jalannya sesuatu hal. Dengan melakukan perencanaan, anak akan mengasah sikap agar lebih teliti.

Anak dapat dibawa untuk turut menyiapkan pendakian dimulai dari meriset mengenai gunung yang hendak didaki, menyiapkan logistik makanan, dan yang lain.

Manfaat Mendaki Gunung untuk Anak
Foto: Pendaki Cantik –

Cinta lingkungan

Aktivitas mendaki gunung bisa juga menumbuhkan rasa cinta pada alam dan lingkungannya. Anak langsung bisa saksikan secara langsung keadaan alam yang ditempati oleh hewan dan tumbuhan.

Saat mendaki, anak dapat saksikan langsung keadaan medan pendakian seperti kebersihan dan tutupan hutan. Anak dapat memakai semua panca indra untuk turutserta menunjukkan alam demikian indah hingga anak dapat belajar bertanggungjawab selalu untuk merawatnya.

Tangguh Dan Tidak Mudah Putusasa

Saat mendaki gunung, keadaan alam pasti tidak selamanya gampang diprediksikan. Anak akan hadapi medan perjalanan sudah pasti menanjak, tidak rata, dan tentunya sangat melelahkan.

Tantangan-tantangan lain yang hendak ditemui anak seperti cuaca, keadaan udara, dan yang lain yang hendak dihadapi anak. Anak dapat dilatih untuk selalu terus berusaha tanpa rasa patah semangat dan hilangkan malas saat mendaki gunung.

Mengenali batasan diri

Saat mendapati rintangan dalam mendaki gunung, anak bisa juga dilatih untuk mengenali batasan diri. Anak dapat disuruh untuk mengenali dirinya sendiri dengan memandang keadaan tubuhnya..

Manfaat Mendaki Gunung untuk Anak
Foto: Pendaki Cantik – @fawwazhendri

Belajar Disiplin

Sikap disiplin bisa juga dilatih dalam aktivitas mendaki gunung. Salah satu caranya adalah ketika beristirahat, pendaki sangat dianjurkan seseorang untuk mengambil jaket untuk memelihara panas tubuh.

Di keadaan dingin, panas badan perlahan-lahan hilang. Rasa capek kerap kali membuat seorang malas untuk bergerak buka tas untuk ambil dan kenakan jaket. Maka dari itu, anak perlu disiplin untuk memakai jaket. Kembali lagi dapat latih untuk melawan perasaan malas.

Share.