Pendakicantik.com – Sebuah kamera mengabadikan keberadaan seekor macan tutul di lereng Gunung Raung di Banyuwangi tertangkap kamera.

Binatang tersebut tak sengaja terekam kamera petugas saat tahun baru 2023 di Desa Sumberarum, Songgon, Banyuwangi.

Baca juga: Gunung Argopuro: Tempat Hiking Bagi Pendaki Nikmati Liburan Nataru

Binatang tersebut terlihat di sekitar air terjun Telunjuk Raung, malam tahun baru, Sabtu (31/12/2022) tengah malam. Saat itu petugas dan sekitar 150 wisatawan sedang berkemah di sana.

Penampakan hewan buas itu berawal dari suara gaduh kawanan monyet di sekitar lokasi atau tepat di belakang kantin.

Baca juga: Niken Widyawati: Hobi Naik Gunung karena Pusing Tugas Kuliah yang Numpuk

Macan Tutul Terlihat di Lereng Gunung Raung, Warga Diminta Waspada

Setelah petugas mengecek sumber kegaduhan, ternyata terlihat seekor macan tutul sedang memangsa monyet.

“Itu sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian petugas wisata mengecek ke sumber suara. Setelah dicek, ternyata ada seekor macan tutul yang sedang memakan seekor monyet,” kata Kepala Desa Sumberarum Ali Nur Fatoni dilansir dari detikJatim, Senin (2/1/2023).

Mengetahui hal ini, petugas penjaga dan wisatawan kemudian mengabadikan momen melalui kamera handphone. Dalam video berdurasi 19 detik yang beredar, macan tutul itu terlihat tengah tidur di atas dahan pohon.

Selama merekam, petugas juga menyorot macan tutul dengan senter sehingga penampakan hewan tersebut terlihat jelas. “Macan tutul itu terlelap tidur sampai sekitar pukul 04.00 WIB,” lanjut dia.

Macan Tutul Terlihat di Lereng Gunung Raung, Warga Diminta Waspada
Foto: Pendaki Cantik – CNN Spanyol

Selama macan tertidur, kata Fatoni, petugas jaga menungguinya di lokasi. Sampai akhirnya macan tutul tersebut terbangun. Hewan tersebut langsung kabur dan menghilang.

Fatoni mengatakan lokasi penemuan binatang ini berjarak sekitar 3 kilometer (km) dari perkampungan. Sebelum temuan serupa juga pernah disampaikan warga ke petugas di daerah lain.

“Terakhir warga mengaku bertemu sekitar 2 minggu yang lalu. Lokasinya berbeda. Tapi saat itu tidak ada bukti foto atau videonya,” lanjut Fatoni.

Baca Juga: Bagja, Seorang Guide Meninggal di Gunung Tampomas karena Kecapean

Lokasi pertemuan warga dengan hewan buas ini sebelumnya berada di kawasan Kampung Anyar. Sementara lokasi terbaru penemuan macan tutul di Dusun Manggaran.

“Lokasinya masih satu desa,” lanjutnya.

Hanya saja, Fatoni belum dapat memastikan apakah binatang buas yang direkam saat malam tahun baru itu sama dengan macan tutul yang sebelumnya ditemui warga.

“Sejauh ini, kami sudah menerima 5 laporan warga yang bertemu macan. Namun baru satu yang terekam kamera,” tutupnya

Pihak desa telah berkoordinasi dengan aparat terkait penemuan tersebut. Ia berharap temuan itu bisa ditindaklanjuti.

“Dari kepolisian tadi juga sudah datang ke lokasi. Juga sudah berkoordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) setempat untuk segera ditindaklanjuti,” lanjut Fatoni.

Macan Tutul Terlihat di Lereng Gunung Raung, Warga Diminta Waspada
Foto: Pendaki Cantik – @anggidast

Fatoni juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada selama beraktivitas di sekitar lokasi penemuan macan tutul. Ia juga meminta warga tak melakukan perburuan terhadap satwa tersebut

“Warga saya minta untuk waspada, karena tampaknya tidak mengganggu orang. Mudah-mudahan tidak sampai mengganggu masyarakat saya,” tandas Fatoni.

Share.