#PendakiCantik – Sorang pendaki bernama Angga (26) dilaporkan meninggal dunia saat melakukan pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu pada Minggu (23/8/2020).

Korban diketahui berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Hal ini menambah jumlah daftar pendaki yang meninggal selama masa New Normal.

Kronologi Kejadian

 

View this post on Instagram

 

LAWU BERDUKA KEMBALI 😭 pendaki Wonogiri berjenis kelamin laki-laki 27 tahun meninggal . Kronologi : Pada hari sabtu (22/08) pukul 17.30 WIB Survivor a/n A melakukan pendakian melalui jalur Cemorosewu. Hari Minggu (23/08/2020) Pukul 00.00 WIB dibawah pos 2 survivor merasakan tubuh dingin, Pukul 02.00 WIB Survivor sampai pos 2, Survivor bersama temannya mendirikan tenda. sekitar pukul 03.00 WIB 2 orang teman Survivor turun ke basecamp Cemorosewu melaporkan bahwa kondisi Survivor kritis. Pukul 06.00 WIB mendapat kabar dari PGL bahwa Survivor meninggal . Berdasarkan laporan yang di terima Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Magetan pukul 11.44 WIB jenazah berhasil di evakuasi dan telah sampai di pos watu jago (jalur pendakian cemorosewu) . Video kontributor @de.veneno @dolanmagetan @mountravellers • #penikmathutannusantara #lawu #cemorosewu #gununglawu #gunungindonesia #gunung #pendaki #pendakiindonesia #wonogiri #berduka #survivor#tkpenjelajah #pendakilampung #infopendakigunung #kabarberita #gunung #traveler

A post shared by tapak kaki penjelajah (@tapakkaki.penjelajah) on

Menurut keterangan resmi Pusdalops-PB BPBD Magetan, korban diketahui mulai mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu pada Sabtu (22/8/2020) tepat pada pukul 17.30 WIB.

Sekitar pukul 02.00 WIB, korban diketahui sampai di pos 2 dan mulai mendirikan tenda bersama rekan-rekannya.

Namun, pada pukul 03.00 WIB dua orang teman survivor turun ke basecamp Cemorosewu melaporkan bahwa kondisi survivor kritis. Selanjutnya pada pukul 06.00 WIB survivor dilaporkan meninggal.

Proses Evakuasi

Lagi, Seorang Pendaki Meninggal di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – @lepeners.adventure

Jenazah korban kemudian dievakuasi dan tiba di Watu Jago yang merupakan jalur pendakian Cemorosewu pada pukul 11.44 WIB.

Pada pukul 13.26 WIB dilakukan identifikasi terhadap survivor di Pos Sendang oleh Inafis Polres Magetan.

Selanjutnya pada pukul 14.01 WIB korban telah sampai di pintu masuk pendakian Cemorosewu.

Penyebab kematian pendaki tersebut masih diselidiki pihak berwajib dan jenazah diserahkan ke pihak keluarga.

Pernah Terjadi Bulan Juli

Lagi, Seorang Pendaki Meninggal di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – @lepeners.adventure

Sebelumnya pada bulan Juli lalu, seorang pendaki ditemukan tewas di Gunung Lawu, Senin (6/7/2020). Pendaki tersebut merupakan pendaki yang dilaporkan terpisah dari rombongannya.

Dikutip dari Kompas.com (7/7/2020), rombongan yang berjumlah 6 orang ini berasal dari Kabupaten Karanganyar.

Mereka naik ke puncak Gunung Lawu pada Sabtu (4/7/2020) pukul 16.00 WIB. Rombongan sampai di puncak pada pukul 22.00 WIB dan mendirikan dua tenda.

Sekitar pukul 03.00 WIB, salah seorang pendaki merasa ingin buang air kecil dan membangunkan rekan-rekannya. Rekan korban bangun dan mengantar ke semak-semak.

Korban Meninggal

Lagi, Seorang Pendaki Meninggal di Gunung Lawu
Foto: Pendaki Cantik – @pusdalopspb.magetan

Rekan korban melakukan pencarian ke Hargo Dalem, Pasar Dieng, dan Hargo Tiling hingga Minggu pukul 13.00 WIB. Namun, tidak membuahkan hasil.

Pada Senin pukul 11.00 WIB salah satu anggota relawan KPH Lawu Selatan menemukan seorang pendaki yang telah tewas di pinggir jurang tak jauh dari kawasan puncak Gunung Lawu.

Gunung Lawu sendiri merupakan gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut.

Share.