#PendakiCantik – Seorang pendaki bernama Agus Febrianto (28) dilaporkan hilang pada Sabtu (25/6/2020) di Gunung Manglayang, Jawa Barat.

Pendaki yang merupakan warga Jl. Karang Layung Dalam No. 15 RT 003/ 10 Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung dinyatakan hilang setelah warga melapor ke Kantor SAR Bandung.

Kronologi Kejadian

Lagi, Seorang Pendaki Hilang di Gunung Manglayang
Foto: Pendaki Cantik – Web/Antara

Kantor SAR Bandung menerima laporan warga, Sabtu 25 Juli 2020 pada pukul 21.00 WIB terkait satu orang survivor yang diduga tersesat di gunung Manglayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menyebutkan, kejadian berawal pada pukul 05.00 WIB survivor mendaki bersama tiga temannya ke puncak Gunung Manglayang.

Jalur pendakian melalui Baru Bereum, pada pkl 09.00 WIB survivor terpisah dari rombongannya di Pos 4.

Menanggapi laporan tersebut mereka langsung membentuk tim pencari yang terdiri dari Kantor SAR Bandung, Wanadri, Kompas, PAL IKOPIN, MAHATVA, MAPALI, IEA, PPG SADAWANA, WANAPALA dan KKT Adventure.

Ditemukan Selamat

Lagi, Seorang Pendaki Hilang di Gunung Manglayang
Foto: Pendaki Cantik – Web/Pikiran Rakyat

Tidak menunggu lama, semua pihak terkait langsung melakukan pencarian di area Gunung Manglayang. Kabar baiknya, mereka berhasil menemukan Agus dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menyebutkan korban ditemukan dengan jarak 1.3 Km dari lokasi kejadian.

Agus ditemukan di sekitar Curug Ciantani pada pukul 00.35 WIB dalam keadaan sehat dan dievakuasi ke Pos Pendakian Baru Bereum.

Tim selanjutnya membawa Agus ke Pos Pendakian Baru Bereum. Lalu sekitar pukul 02.00 WIB tim gabungan menyerahkan Agus kepada keluarga.

Pkl. 02.00 WIB Tim SAR Gab dengan Survivor tiba di Pos Pendakian Baru Bereum, selanjutnya survivor diserahterimakan kepada keluarga.

Banyak Kasus Pendaki Hilang

Lagi, Seorang Pendaki Hilang di Gunung Manglayang
Foto: Pendaki Cantik – Web/tribunnews.com

Sejak dibuka kembali saat memasuk masa New Normal, wisata alam gunung ramai dikunjungi wisatawan. Melonjaknya pengunjung wisata gunung ini berbanding lurus dengan jumlah pendaki yang hilang.

Beberapa waktu terakhir, kisah hilangnya Andi Sulistyawan kembali muncul ke publik usai video dirinya bertemu pendaki lain sebelum meninggal di Gunung Lawu meninggal.

Beberapa kasus lain juga banyak bermunculan, sebelum kasus Andi, di Gunung Cikuray juga ada pendaki hilang namun bernasib baik karena ditemukan selamat.

Oleh karena itu, bagi pendaki yang hendak mendaki disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Jangan mendaki sendirian dan kalau banyak orang, usahakan tidak memisahkan diri dari rombongan.*

Share.