Klarifikasi Ratusan Pajero Masuk di Lautan Pasir Bromo

Foto: Pendaki Cantik -

Pendakicantik.com – Klarifikasi ratusan Pajero masuk di Lautan Pasir Bromo seputar pelaksanaan bakti sosial (baksos) dan pengibaran bendera di Laut Pasir Bromo masih hangat jadi bahan perbincangan publik.

Bukan hanya persoalan kehadiran komunitas Pajero di laut pasir Bromo yang ramai dibahas, namun yang tak kala hebohnya juga seputar sampah sisa kegiatan yang menumpuk di Kawasan Laut Pasir Bromo.

Baca Juga : Jembatan Kaca Antara Uji Nyali dan Suguhan View Alam

Narahubung Pajero Indonesia Bersatu (PIB), Dodit, sangat menyayangkan dengan adanya kegaduhan tersebut.

Gaduh di Lautan Pasir Bromo, Begini Respon Klub Pajero

Klarifikasi Ratusan Pajero Masuk di Lautan Pasir Bromo

Dodit pun klarifikasi ratusan Pajero bahwa mereka telah menyelesaikan izin dengan pengelola kawasan. Dalam hal ini pihak BB TNBTS.

“Tidak mungkin kami berani menggelar acara jika izin dan segala prosedurnya tidak beres,” ungkapnya dikutip dari WartaBromo, Sabtu (20/08/2022).

Ijin Sudah Beres dan Sampah Sudah Dibersihkan

Selain persoalan tersebut, Dodit pun klarifikasi ratusan Pajero yang menyisakan sampah sisa kegiatan juga jadi persoalan. Dalam video disebutkan jika sampah kegiatan tidak diangkut.

“Sebab video viral itu diambil sebelum tim pengangkut menyelesaikan tugasnya,” jelasnya.

Baca Juga: Air Terjun Lapopu Berbentuk Tangga yang Unik dari Pulau Sumba

Dodit mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi keberadaan sampah tersebut. Di mana ada manusia dan kegiatan, pasti ada sampah.

“Kondisi Bromo kembali seperti sebelum kami datang. Pembersihan sampah dilakukan langsung hari itu juga, sampah langsung dibersihkan,” ungkapnya mengklarifikasi terkait adanya isu sampah dibiarkan saja di Laut Pasir Bromo seperti terlihat dalam video yang beredar.

Klarifikasi Ratusan Pajero Masuk di Lautan Pasir Bromo
Foto: Pendaki Cantik –

Namun karena hari itu berbarengan dengan perayaan Yadnya Karo di kalangan masyarakat Tengger, pos-pos penjualan solar pun tutup. Sehingga terpaksa, truk pengangkut solar turun terlebih dahulu mengisi BBM.

Baca Juga: Jalur Erek Erek Renggut Dua Nyawa Pesepeda Gunung

Proses pembersihan pun, juga memerlukan waktu. Pihaknya pun sangat menyayangkan, adanya oknum yang mengambil video sebelum proses pembersihan dilakukan. Ironisnya, video tersebut viral saat itu juga.

“Tidak ada maksud lain dari kami, selain untuk sama-sama membangun ekonomi pariwisata di tempat-tempat di mana kami hadir. Dengan membawa seluruh anggota kami, yang datang sebagai duta-duta wisata yang turut “berbelanja”, sekaligus mempromosikan tempat-tempat pariwisata yang ada,” ungkapnya lebih lanjut.

Klarifikasi Ratusan Pajero Masuk di Lautan Pasir Bromo
Foto: Pendaki Cantik –

Sejauh ini kata Dodit, PIB sudah berkeliling Indonesia. Dengan harapan, ada dampak positif bagi lokasi wisata yang menjadi tujuan. Hotel penginapan, UMKM dan masyarakat selalu mendapatkan dampak ekonomi positif di setiap kehadiran PIB.

Artikel SebelumnyaJembatan Kaca Antara Uji Nyali dan Suguhan View Alam
Artikel BerikutnyaSolo: Kota Kuliner Murah dan Wisata Budaya Terbaik