Pendakicantik.com – Khansa Syahlaa, pendaki muda Indonesia yang mendunia bakal mendaki Gunung Elbrus bersama tim Eiger.

Pendaki Khansa Syahlaa tengah menjadi perbincangan publik dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: Jalur Pendakian Patak Banteng–Dieng; View Terindah Suguhan Gunung Prau

Dirinya dilepas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di acara Weekly Press Briefing yang digelar pada 8 Agustus 2022 untuk mendaki puncak tertinggi di Eropa.

Summit attack di GUNUNG ELBRUS Seven Summit

Dikutip dari Kumparan Travel, gadis 16 tahun tersebut memiliki misi untuk mengibarkan sang saka Merah Putih di Puncak Gunung Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia sebagai hadiah kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

Khansa Syahlaa: Pendaki Cantik Indonesia yang Mendunia

“Berangkatnya tanggal 7 Agustus 2022. Persiapannya sekitar empat bulan sebelum pendakian. Pendakian ini cukup menantang, karena memang ini bakal jadi gunung yang berbeda buat aku. Karena bakal jadi gunung yang full snow (penuh salju),” ujar Khansa.

Baca Juga: 50 Opsetan Burung Cenderawasih Berhasil Diaman di Bandara Mopah Merauke

Elbrus akan menjadi puncak gunung ke-77 yang akan akan didaki Khanza, bersamaan dengan peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia. Bagi yang ingin mengenal sosoknya lebih jauh, silahkan menyimak profil Khansa Syahlaa berikut ini.

Khansa Syahlaa merupakan pendaki wanita muda yang berasal dari Bogor. Dara kelahiran 16 Maret 2006 ini telah berhasil menaklukkan 76 gunung di dunia, termasuk tujuh puncak tertinggi di Indonesia.

Hobi mendaki yang dimiliki Khansa rupanya memang sudah tumbuh sejak kecil. Pendakian pertamanya adalah Gunung Rinjani bersama sang ayah, saat usianya menginjak 7 tahun. Sejak saat itu, kecintaannya terhadap naik gunung pun semakin menjadi.

Khansa Syahlaa: Pendaki Cantik Indonesia yang Mendunia
Foto: Pendaki Cantik – @khansa_summiters

Meski usianya terbilang masih sangat muda, pendakian Khansa sama sekali tidak mengganggu pendidikannya. Anak kedua dari tiga bersaudara tersebut tetap menekuni pendidikannya dengan baik dan meraih nilai yang bagus.

Mengutip laman resmi Kemenparekraf, pada tahun 2017, Khansa berhasil mencapai puncak tertinggi di Indonesia, yakni Cartenz Pyramid yang berada di ketinggian 4.884 mdpl. Tak sampai di situ, dua tahun setelahnya, ia berhasil mendaki gunung tertinggi di benua Afrika, yaitu Gunung Kilimanjaro yang memiliki ketinggian 5.895 mdpl.

Baca Juga: 5 Puncak Gunung yang Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih

Berkat prestasinya tersebut, Khansa pun dianugerahi piagam MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) sebagai pendaki perempuan termuda Indonesia yang berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro.

Beberapa gunung lain yang pernah ditaklukkan Khansa di antaranya adalah Gunung Semeru di Jawa Timur, Gunung Kerinci di Sumatera Barat, hingga Gunung Rantemario di Sulawesi.

Khansa Syahlaa: Pendaki Cantik Indonesia yang Mendunia
Foto: Pendaki Cantik – @khansa_summiters

Kini, Khansa masih dalam perjalanannya mendaki Gunung Elbrus di Rusia. Setelah itu, Khansa akan melanjutkan program 7 Summit Dunia dengan mendaki Gunung Aconcagua di Argentina yang berada di ketinggian 6.800 mdpl. Rencananya, Khansa akan berangkat pada awal tahun 2023 mendatang.

Share.