Pendakicantik.com – Saat mengemas barang-barang pendakian, tentu saja ada teknik-teknik yang mesti diketahui agar ransel lebih nyaman untuk dipanggul saat mendaki. Hal itu untuk mengantisipasi pendakian di wilayah tropis yang seringkali cuaca tak menentu.

Keuntungan Bila Melakukan Packing Dengan Benar
Foto: Pendaki Cantik – @putrisipayuung‚Ā£

Baca: Ketika Harus Memilih: Antara Hobi dan Pasangan

Keuntungan Bila Melakukan Packing Dengan Benar

Penataan barang dalam ransel atau carrier (packing) merupakan faktor yang amat sangat penting karena berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan kita selama melakukan perjalanan tau pendakian di alam bebas.

Mengatur dan menyusun rapi perlengkapan ke dalam sebuah carrier sebagai awal persiapan sebelum melakukan pendakian bukanlah pekerjaan yang mudah dan sembarangan.

Sebab kadang kala carrier/backpack yang sudah kita siapkan untuk dibawa terasa tak aman dan tidak nyaman dan sangat berat saat digantungkan di pundak. Keadaan seperti ini disebabkan oleh kesalahan kita saat menyusun perlengkapan ke dalam carrier atau backpack.

Prinsip dasar packing secara umum

  • Kumpulkan perlengkapan, jeni barang, dan logistik berdasarkan jenis masing-masing dalam satu kantung sebelum dimasukkan ke dalam carrier/backpack
  • Letakkan barang-barang yang berat di bagian paling atas. Hal ini sangat penting diperhatikan agar berat beban tidak sepenuhnya bertumpu di pinggang atau punggung
  • Tata atau atur letak barang pada carrier/backpack di bagian bawah, tengah dan atas sesuai dengan keperluan dan fungsinya masing-masing biar lebih memudahkan saat mengambilnya
  • Simpan barang-barang, terutama pakaian tidur dan peralatan elektronik ke dalam kantung plastik atau polybag agar tidak basah manakala saat di gunung terjadi hujan
  • Jangan lupa buat checklist perlengkapan agar tidak ada barang yang tertinggal
Keuntungan Bila Melakukan Packing Dengan Benar
Foto: Pendaki Cantik – @yefiaardhanii_

Keuntungan Melakukan Packing Dengan Benar Sebelum Mulai Pendakian?

1. Barang Bawaan Tidak Mudah Rusak

Barang bawaan seperti bahan makanan atau barang-barang yang mudah terbakar seperti spiritus ataupun gas untuk kompor portable akan sangat rentan rusak apabila asal dimasukkan ke dalam carrier. Jika diatur dengan baik maka barang-barang tersebut akan aman dan tidak mudah rusak.

2. Mudah Diambil Jika Diperlukan

Jika melakukan packing dengan benar keuntungannya apabila memerlukan barang bawaan dengan segera, bisa saja dengan cepat mendapatkannya tanpa harus bersusah payah mencari dalam carrier.

Hal ini dipengaruhi oleh desain carrier itu sendiri. Carrier yang bagus, setidaknya terdiri dari beberapa komponen utama, yang bisa memilah barang bawaan ke dalam beberapa kategori, termasuk barang-barang untuk keperluan survival, pakaian dan logistik.

Mudah Diambil Jika Diperlukan
Foto: Pendaki Cantik – @deanbete_08

3. Memudahkan Pergerakan Kita

Tidak bisa dipungkiri, membawa barang dengan berat puluhan kilogram dengan track vertikal tentu akan menyulitkan pergerakan. Seringkali beban carrier menyebabkan tubuh terasa sakit terutama di bagian pundak dan pinggang karena penekanan yang lama dan bertambah nyeri saat berjalan.

Itulah ulasan tentang Keuntungan Bila Melakukan Packing Dengan Benar. Jika ada masukan atau pendapat lain silakan tulis di kolom komentar yaaa..

Memudahkan Pergerakan Kita
Foto: Pendaki Cantik – @herman_faelani09

Share.