Ketika Harus Memilih: Jodoh Atau Hobi?

Terkadang, hobi yang kita tekuni tidak disetujui orang-orang terdekat, terutama pasangan.

Jodoh Atau Hobi? | @sitikhonaah505

Jodoh atau hobi? Jika kamu dihadapkan pada dua piliihan dan hanya boleh memilih salah satu di antaranya, manakah yang akan kamu pilih? Hmmm…

Setiap kita pasti memiliki hobi atau bakat di dalam diri. Hobi itu bermacam-macam, bahkan ada yang jenisnnya ekstrim dan berbahaya namun mengasyikkan. Mendaki gunung, misalnya.

Terkadang, hobi yang ditekuni itu mendapat tantangan dari orang-orang terdekat. Bisa keluarga, sahabat, lingkungan, dan bahkan pasangan atau jodoh.

Tidak heran, kalau banyak dari antara pendaki cantik yang berharap, semoga jodohnya nanti bisa menerima hobinya sebagai seorang pendaki cantik.

BacaJika Nanti Pacarmu Seorang Pendaki Cantik, Pahami Ini

Pertanyaannya kemudian adalah: bagaimana jika nanti sang pasangan itu, tidak bisa menerima hobi kekasihnya untuk mendaki gunung? Bagaimana jika seorang Pendaki Cantik harus dihadapkan pada pilihan, memilih jodoh atau hobi?

Simak kisah-kisah ringan dan sharing para Pendaki Cantik tentang tema “Ketika Harus Memilih: Jodoh atau Hobi?”

Semoga dengan mengetahui isi curahan hati mereka, kamu juga akan bisa memahami kerinduan terdalam dari seorang Pendaki Cantik tentang pasangannya.

Hobi Kami Sama

“Alhamdulilah, sejauh ini hobi ku didukung oleh orang-orang di lingkungan sekitarku. Pacarku sehobi juga, orangtua mendukung, lingkungan pertemanan juga. Kalo kata pepatah, semesta mendukung hehe.

Tapi ketika pada waktunya nanti, misalkan aku sudah akan dipinang calon suami. Dan ketika suami tidak lagi memperbolehkan naik gunung dsbnya, mau ngga mau, aku mengikuti.

Karena tugas utama wanita adalah mengabdi dan mengikuti apa kata suami kan? Hehe. Tapi ya, berdoa semoga pacar yang sekarang adalah jodoh dunia dan akhirat. Karena jodoh adalah sebaik-baiknya cerminan kita, aamiin.” – @lalakharisma

Hobi Kami Sama
Hobi Kami Sama | @sisadoe

BacaSahabat Seperjalanan Mendaki ke Puncak Gunung

Tidak Suka Ketika Hobi Dikekang

“Kita kenal pertama pas nanjak Prau satu grup. Ada 5 orang, dia newbie baru nanjak dan singkatnya pulang dari Prau timbul lah benih-benih. Dia ngajak taarufan dan ngajak nikah juga.

Agak sedikit syoook juga ya. Namanya kenal sekali trus diajakin nikah. Kenal beberapa bulan. Dia bilang ga usah nanjak lagi, ga boleh juga wanita keluar tanpa mahram yang mendampingi. Kecuali nanti udah halal.

Karena aku nya bandel tiap nanjak diem-diem dan ga bilang. Cuman aku ngomong, ini hobi aku, aku belum bisa seperti yang kamu inginkan. Kalo memang berjodoh juga nanti Tuhan mendekatkan kita lagi. Gitu dan akhirnya lost contact.” – @damayantifatima

Tidak Suka Ketika Hobi Dikekang
Tidak Suka Ketika Hobi Dikekang | @nadiraaulia

Jodoh Seharusnya Mendukung Hobi

“Kalo aku pilih hobi, karena aku pernah punya mantan yang ngelarang nanjak tapi aku tetep nanjak. Karena jodoh itu harusnya mendukung bukan mengekang dan membatasi ruang gerak kita.” – @winny.wiwin

Jodoh Seharusnya Mendukung Hobi
Jodoh Seharusnya Mendukung Hobi | @_meizda

BacaAku dan Kenangan di Puncak Gunung

Harus Saling Menerima Apa Adanya

“Tapi emang yang lebih indah kalo dapet jodoh yang sehobi. Kita mau pergi kemanapun gak akan dilarang. Dia pun juga bisa ikut mendaki sama kita.

Jodoh itu harus saling terima apa adanya. Misalnya dapet jodoh yang gak sehobi pun dia harus terima hobi kita. Gitu juga sebaliknya.” – @shintapocil

Harus Saling Menerima Apa Adanya
Harus Saling Menerima Apa Adanya | @novi_ekasulistia

Dapat Jodoh Sehobi Itu Berkah

“Setuju banget sama kak Lala, keberuntungan yang waw banget itu. Berlapis-lapis keberkahan karena dapet jodoh yang sehobi. Beruntungnya.. Semoga aku juga. Aamiinn ya Allah.

Aku lebih milih ke jodoh dulu. Urusan hobi nanti sih jodoh bakalan aku kenalin sama alam. Biar bisa jatuh cinta sama alam. Terus jalan-jalan di alam bareng. Ekspektasi banget ya, hahaha..

Iya sih kedengerannya tapi cuma bisa berdoa semoga semesta ikut meng-amin-i apa yang ku harapkan.

Jodoh dengan agama yang baik, akhlak yang baik. Kalo akhlaknya baik aku yakin semua baik, apalagi sama aku istrinya. Yakin aja apa yang aku inginkan apalagi jalan-jalan di alam pasti dia ngikut.

Masa iya si doi tega ngebiarin aku jalan-jalan ke gunung sendirian. Pastilah dia bakalan ikut, ngejagain. Kan dia sayang sama aku. Kadang mikir sih ya enak banget punya jodoh sehobi.

Indahnya. Kemana-mana berdua. Mengarungi indahnya dunia berdua walau dunia hanya tempat bermain. Hihihi tapi kan bareng jodoh. Duh…

Ya Allah. Aminkan doaku bisa dapet jodoh yang baik dan sehobi aku juga baru berusaha jadi yang baik.” – @mukaromah_29

Dapat Jodoh Sehobi Itu Berkah
Dapat Jodoh Sehobi Itu Berkah | @myriska26

Mengenalkan Hobi ke Pasangan

“Kalo solusi aku. Aku lebih memilih ke hobi aku. Apalagi hobi yang dibayar. Kalo jodohku benar-benar menerima dan mengerti, pasti dia support aku.

Kalo bisa jodohku itu aku ajak untuk menyukai atau mencintai hobi yang sama seperti aku. Kan enak kalo hobinya sama.” – @haerunnisaaini

Mengenalkan Hobi ke Pasangan
Mengenalkan Hobi ke Pasangan | @siska_kusmayanti

Memilih Ikut Hobi Pasangan

“Kalo aku sih, alhamdullilah yang insya Allah jadi jodoh aku sama hobinya sama aku. Sebenernya aku yang ngikutin hobi dia. Tiba-tiba jadi suka naik gunung terus ngetrip ke sana ke sini. pokoknya aku jadi punya hobi baru.

Alhamdullilah ngerasain seru banget kalo kemana-mana bareng pacar yang insya Allah jadi jodoh, dijagain terus, dimanjain terus, pokoknya lebih seruuuu haha.” – @ikaagustind

Memilih Ikut Hobi Pasangan
Memilih Ikut Hobi Pasangan | @chealseachristyy

BacaDatang Bulan Saat Mendaki? Ini Tipsnya

Memilih Jodoh

“Kalo aku sih lebih ke jodoh soalnya alo emang dia sayang sama kita, apapun itu dia pasti nerima dan nge-dukung kita.

Apalagi yang berbaur dengan alam, insya Allah yang tadinya dia ga suka nanjak kalo udah kita perkenalkan dg alam bisa-bisa jadi suka. Terus kalo jodoh itu, urusannya sama Allah ga bisa diganggu gugat.

Kalo hobi itu, ya namanya juga manusia pasti beda-beda hobinya. Kalo menurut aku ya begitu, tapi pendapat dan pandangan orang kan beda.” – @o.siska

Memilih Jodoh
Memilih Jodoh | @restipramandani

Dengan Hobi Bisa Menentukan Pilihan

“Kalo aku sih milih hobi aku sendiri. Karena dengan hobi aku bisa nentuin pilihan aku sendiri. Bisa ngerasain pengalaman baru orang-orang baru juga.

Mau punya jodohnya seorang yang hobinya sama atau tidak itu ga bikin masalah buat aku. Yang penting jodoh itu mau terima apa adanya kita buat ngejalanin berdua.

Kalo soal jodoh mungkin kita bisa memilih yang sehati sama kita.” – @alifadila.andd

Dengan Hobi Bisa Menentukan Pilihan
Dengan Hobi Bisa Menentukan Pilihan | @allesayu

Hobi Bisa Dilakukan Setelah Menikah

“Kalo aku milih jodoh, karena hobi bisa kita lakukan setelah menikah, gimna kalo ga sehobi? Ya udah mau gimana lagi.

Jika itu memang udah Tuhan yang pilih kalo dia jodoh aku. Ya aku bersyukur. Dan melupakan sejenak hobi aku.” – @gladissacm1899

Hobi Bisa Dilakukan Setelah Menikah
Hobi Bisa Dilakukan Setelah Menikah | @annisamalati

BacaSeperti Inilah Cowok Pendaki di Mata Kami

Jodoh Sudah Ditakdirkan

“Kalo menurut aku pribadi, aku lebih cenderung ke jodoh karena kalo menurut aku jodoh itu kan sudah ditakdirkan sebelum bumi ini diciptakan. Jodoh-maut-rezeki,Ya kan? Dan jodoh itu sifatnya rahasia Allah.

Toh kalo emang aku dikasih pasangan yang gak sehobi sama aku mau gak mau aku harus terima konsekuensinya, walaupun aku tahu buat mengubur hobi itu susah banget. Tapi bukannya alam itu selalu mengajarkan kita dan memberikan pelajaran di setiap perjalanan-nya?

Katanya mendaki itu bukan soal menggapai puncak tapi tentang mengalahkan diri sendiri, mengalahkan ego kita, biar kita lebih kuat, sabar, tenang buat nerima hidup. Aku yakin setelah mendaki pasti kita ngerasain dampaknya di kehidupan sehari-hari.

Contohnya dalam masalah jodoh dan hobi ini, bukannya kita sudah menerapkan tentang manfaat mendaki untuk mengalahkan ego sendiri, menerima kenyatan, sabar, ikhlas dengan kita memilih jodoh dan meninggalkan hobi?

Meskipun aku gak nyangkal kalo punya jodoh yang sehobi adalah dambaan semua manusia. Tapi balik lagi tergantung kondisinya kalo emang Allah menakdirkan kita sama pasangan sehobi mungkin kamu adalah 1:100 pasangan yang beruntung.

Jadi, tolong dijaga pasangannya, dilindungi, dan dicintai.” – @noviirawati

Jodoh Sudah Ditakdirkan
Jodoh Sudah Ditakdirkan | @vionanovianti.r

Menekuni Hobi

“Kalo aku pilih hobi, karna kalo kita sama pasangan yang hobinya berbeda itu pasti akan ada perselisihan.

Tapi kalo kita dapet pasangan yang sehobi itu akan lebih baik, kita bisa sama sama menekuni hobi bareng, tanpa adanya rasa tidak enak.” – @milasantika3

Menekuni Hobi
Menekuni Hobi | @ukiwardoyo

BacaDatang Bulan Saat Mendaki? Ini Tipsnya

Jodoh Adalah Masa Depan

“Jodoh atau hobi? Jodoh itu masa depan. Hobi itu bisa kapan saja. Jadi, seiring jalannya waktu, jodoh dan hobi bisa kita jalani bersamaan dengan hati yang ikhlas.

Jika kita menekuni hobi, siapa tahu jodoh kita bertemu di hobi yang sama. Jika kita memfokuskan ke jodoh siapa tahu jodoh kita sehobi dengan kita.” – @iethabolobolo

Jodoh Adalah Masa Depan
Jodoh Adalah Masa Depan | @dheaananda_12

Mudah-mudahan hasil sharing para Pendaki Cantik dapat membantumu, yang mungkin tengah mengalami dilema yang sama: antara jodoh atau hobi.

*Kontributor: Rana