#PendakiCantik –¬†Gunung Sago memiliki ketinggian 2.261 mdpl. Gunung ini secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Meskipun merupakan gunung api, namun kondisinya tidak aktif. Letusan terakhir Gunung Sago yakni sekitar tahun 1600.

Meski demikian, masyarakat sekitar masih tetap tanggap dan waspada karena sifat gunung yang tidak bisa diprediksi.

Beberapa gunung di Sumatera memang banyak yang berstatus tidak aktif namun dalam kurun waktu 20 tahun terakhir beberapa di antaranya tiba-tiba kembali meletus.

Jika kamu hendak mendaki Gunung Sago, simak ulasan tentang jalur pendakian berikut.

Jalur Sikabu Kabu

Kenali, Berikut Jalur Pendakian Gunung Sago
Foto: Pendaki Cantik – @giovananurul

Untuk bisa mendaki Gunung Sago, kamu bisa menggunakan beberapa jalur, salah satunya adalah dengan menggunakan jalur Sikabu Kabu yang paling sering digunakan oleh para pendaki.

Jalur ini selalu dipilih untuk menjadi jalur pendakian menuju Gunung Sago karena aksesnya yang mudah dan jalur pendakian yang mudah serta nyaman untuk dilalui.

Untuk bisa mendaki Gunung Sago lewat jalur Sikabu Kabu, terlebih dahulu kamu harus menuju ke arah Selatan dari Kota Payakumbuh, yaitu Nagari Sikabu Kabu, Padang Panjang, dan Tanjuang Haro.

Kemudian, kamu bisa menemukan pos pendakian pada Panorama Kayu Kolek di Sikabu Kabu. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau kendaraan roda 4 dengan jarak tempuh dari kota ke pusat untuk melapor adalah 20 menit.

Pos Kayu Kolek dan Shelter

Kenali, Berikut Jalur Pendakian Gunung Sago
Foto: Pendaki Cantik – @wahyunuraini09

Setelah kamu melakukan perjalanan selama 20 menit, kamu akan tiba pada pos pendakian yang bernama Pos Kayu Kolek.

Kamu bisa menemukan sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi stok air agar tidak dehidrasi selama perjalanan mendaki Gunung Sago.

Setelah berjalan dari Pos Kayu Kolek, lanjutkan perjalanan untuk menuju ke shelter Galanggang Antu. Kamu akan menemui jalur yang agak landai sehingga diharapkan untuk selalu berhati-hari.

Kenali, Berikut Jalur Pendakian Gunung Sago
Foto: Pendaki Cantik – @yuliaagustriani_29

Untuk mencapai shelter Galanggang Antu, hanya diperlukan waktu 2 jam perjalanan. Shelter ini cukup untuk dimanfaatkan para pendaki untuk mendirikan tenda. Namun, tidak terdapat sumber air di shelter ini.

Kemudian, kamu akan menemukan shelter selanjutnya yang hanya berjarak 1,5 jam. Pada shelter ini baru akan ditemui sumber air yang bisa kamu manfaatkan.

Harap untuk berhati-hati karena daerah sekitar sumber air ini licin dan agak curam. Untuk para pendaki, diharapkan mengisi air disini karena ketika di puncak nanti tidak akan menemui sumber air.

Puncak Robuang

Kenali, Berikut Jalur Pendakian Gunung Sago
Foto: Pendaki Cantik – @dikaantsy_

Kemudian, lanjutkan perjalanan untuk menuju Puncak Robuang yang memiliki jarak tempuh 2 jam perjalanan.

Untuk mencapainya, kamu akan memasuki hutan-hutan yang didalamnya banyak terdapat lumut dan tidak terdapat sumber air.

Disini, kamu bisa mendirikan sekitar tenda. Keindahan alam dari atas puncak gunung ini sangat cantik dan menakjubkan.

Terlebih jika kamu tiba pada waktu sunrise maupun sunset. Udara yang masih sangat sejuk menjadi ciri khas yang bisa kamu nikmati disini.

Share.