Kasus Covid-19 Naik, Semua Pendakian Via Wonosobo Ditutup

Kasus Covid-19 Naik, Semua Pendakian Via Wonosobo Ditutup
Foto: Pendaki Cantik - @niningsyn_

#PendakiCantik – Semua jalur pendakian gunung yang diakses via Wonosobo ditutup sementara waktu pasca meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di kabupaten tersebut.

Penutupan wisata alam pendakian ini akan berlaku mulai Senin (24/8/2020) berdasarkan keputusan seluruh pengelola basecamp gunung di sana.

Menurut keterangan Ketua Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI), Harsono bahwa semua basecamp di Kabupaten Wonosobo ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Selain itu, Harsono juga menjelaskan bahwa keputusan ini dibuat pasca keluarnya peraturan pemerintah setempat yang mewajibkan adanya rapid test bagi wisatawan luar Wonosobo.

Bertujuan Membantu Pemerintah

Kasus Covid-19 Naik, Semua Pendakian Via Wonosobo Ditutup
Foto: Pendaki Cantik – @clrhanna

Upaya penutupan semua jalur pendakian menurut Harsono juga bertujuan agar tidak menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat.

Lebih dari itu, pertemuan yang dilakukan oleh semua pengelola basecamp Wonosobo pada Sabtu (22/8/2020) tersebut juga dalam rangka membantu pemerintah daerah setempat.

Dengan langkah tersebut, pihak pengelola basecamp berharap agar jumlah kasus Covid-19 bisa ditekan dan mata rantai penyebarannya bisa diputuskan.

Selain itu, pihak basecamp juga menuliskan usulan ke Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menerapkan protokol kesehatan di semua pelayanan publik.

Ditandatangani 15 Pengelola

Kasus Covid-19 Naik, Semua Pendakian Via Wonosobo Ditutup
Foto: Pendaki Cantik – @lellyet

Adapun, hasil diskusi tersebut juga ditandatangani langsung oleh para peserta dari semua basecamp gunung di Kabupaten Wonosobo.

Terdapat 15 tandatangan pengelola basecamp di Wonosobo yang menyatakan menutup jalur pendakian untuk sementara waktu.

15 basecamp itu yakni Sumbing via Garung, Sindoro via Alang-alang Sewu, Sindoro via Sigedang, Sindoro via Banaran, Gunung Kembang via Lengkong, dan Gunung Kembang via Blembem.

Kemudian, ada basecamp Bismo via Deroduwur, Bismo via Silandak, Bismo via Sikunang, Bismo via Pulosari, Bismo via Maron, Prau via Patak Banteng, Prau via Kalilembu, Prau via Igirmranak, dan Prau via Dieng.

Diumumkan Via Medsos

Pengumuman penutupan wisata pendakian gunung di basecamp wilayah Wonosobo juga sudah diinformasikan melalui akun media sosial @sindorosumbingmountain.

Dalam akun tersebut dituliskan bahwa para pendaki dipersilakan melalui jalur pendakian di wilayah lain.

“Untuk pendaki gunung dipersilahkan melalui basecamp gunung selain dari wilayah Wonosobo,” tulis akun @sindorosumbingmountain.

Para pendaki bisa melalui jalur lain. Misal Gunung Prau, bisa didaki melalui basecamp Wates, dan Dieng Kulon.

Untuk Gunung Sindoro, jalur pendakian via Bansari, Kledung, Ketekan, dan Mranggen Kidul tetap buka.

Sementara itu untuk Gunung Sumbing, bisa didaki melalui basecamp Butuh Kaliangkrik, Sipetung, Mangli Kaliangkrik, Cepit, dan Batursari.