Jejak Pendakian Gunung Gede – Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki banyak potensi wisata alam yang memukau.

Jejak Pendakian Gunung Gede – Pangrango
Pendaki Cantik di Gede – Pangrango | @annisamalati

Gunung Gede – Pangrango merupakan salah satu tempat atau lokasi favorit para pendaki di Indonesia. Selain karena jaraknya yang cukup dekat dengan kota besar seperti Jakarta dan Bandung, tempat ini juga punya keindahan dan panorama alam yang luar biasa.

Gunung Gede dan Gunung Pangrango berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP). TNGP sendiri merupakan salah satu dari lima taman nasional di Indonesia dan pertama kali diumumkan pada tahun 1980.

TNGP adalah kawasan hutan lindung yang mempunyai peranan penting dalam sejarah konservasi, dan masuk dalam bagian zona inti Cagar Biosfer Cibodas.

Keadaan alamnya yang khas dan unik, menjadikan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama.

BacaPendaki Cantik, Happy International Mountain Day

Pendakian Gunung Gede – Pangrango

Bagaimana cara mendaki ke puncak Gede-Pangrango? Seperti apa pengalaman mendaki ke Gunung Gede – Pangrango? Untungnya, kisah-kisah pendakian ke sana telah banyak dibagikan oleh para blogger dan vlogger Indonesia.

Ada enam pintu wisata menuju kawasan TNGP, yakni: Cibodas, Gunung Putri, Bodogol, Cisarua, Selabintana dan Situgunung. Berikut salah satu video yang berisi tentang kisah pendakian ke Gede-Pangrango via jalur Cibodas.

Objek Wisata di Gunung Gede – Pangrango

Tidak hanya serunya pengalaman pendakian dan keindahan puncak, TNGP juga punya sejumlah objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya, ada empat objek wisata alam menarik yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Gede-Pangrango.

BacaWajah-wajah Cantik di Pendakian Gunung Merbabu

1. Telaga Biru

Telaga Biru adalah nama sebuah telaga (danau kecil) di ketinggial 1.575 mdpl atau sekitar 1,5 kilometer dari pintu masuk TNGP via Cibodas. Konon, danau ini sekaligus merupakan mata air sehingga tidak pernah kering.

Telaga Biru TNGP
Telaga Biru TNGP | @adrianloa

Uniknya, warna Telaga Biru ini dapat berubah secara dramatis antara biru, hijau, atau kadang cokelat kemerahan akibat siklus tanaman yang hidup di dalamnya. Suasananya pun sangat asri, dikelilingi pepohonan hutan yang rimbun.

2. Curug Cibeureum

Curuq Cibeureum atau Air Terjun Cibeureum adalah salah satu objek wisata favorit di kawasan TNGP. Berjarak sekitar 2,7 Km dari pos masuk Cibodas, Curuq Cibeureum yang terletak di ketinggian 1.675 mdpl ini dapat ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan.

Curug Cibeureum TNGP
Curug Cibeureum TNGP | @pakrw25

Selain jalan menanjak yang menjadi tantangan tersendiri menuju tempat air terjun Cibeureum ini, pengunjung juga bisa sejenak singgah berfoto di Telaga Biru atau di jembatan panjang yang terbuat dari batu buatan.

3. Sumber Air Panas

Di ketinggian 2.150 mdpl atau kurang lebih 5,3 Km dari pintu masuk Cibodas terdapat satu wisata alam menarik lainnya, yakni sumber air panas. Suhu airnya bisa mencapai 50 hingga 70 derajat celcius.

Sumber Air Panas TNGP
Sumber Air Panas TNGP | @diniokta12

Tempat ini bisa dicapai dalam jarak tempuh sekitar 3,5 jam dari pintu masuk. Tentunya, sumber air panas di tengah jalur pendakian akan sangat jarang ditemui di gunung lainnya.

Namun karena terletak di jalur pendakian yang cukup curam, meski telah disediakan tali untuk berpegangan, pengunjung perlu ekstra hati-hati saat melewati tempat ini.

BacaRindu Mendaki Gunung Lagi? Kamu Tidak Sendiri

4. Alun-alun Surya Kencana

Dari puncak Gunung Gede, sekitar satu jam perjalanan ke arah tenggara, terdapat dataran seluas 50 Ha yang terletak di antara Gunung Gede dan Gunung Gumuruh.

Tempat yang dipenuhi dengan Eidelweis Jawa (Anaphalis Javanica) ini dinamai Alun-alun Surya Kencana. Tempat yang terletak di ketinggian 1.958 mdpl ini sering dijadikan tempat berkemah para pendaki.

Selain karena tempatnya yang sangat luas dam adanya sumber mata air, menikmati kecantikan bunga-bunga edelweiss yang tumbuh di sana momen yang akan jarang didapatkan di pendakian lain.

Alun-alun Surya Kencana TNGP
Alun-alun Surya Kencana TNGP | @lulnrcmsha

Selain keempat tempat wisata alam yang telah dibahas, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga masih memiliki sekian banyak potensi wisata lainnya.

BacaSeperti Inilah Cowok Pendaki di Mata Kami

Beberapa yang bisa disebutkan, antara lain: Kandang Batu, Kandang Badak, Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB), Air Terjun Cipadaranten, Air Terjun Cikaweni, Air Terjun Cikaracak.

Ada juga Air Terjun Cikahuripan, Air Terjun Cibeureum Selabintana, Air Terjun Sawer dan fasilitas Bumi Perkemahan (camping ground) Bobojong, Barubolang dan Salabintana.

Nah, tertarik untuk berwisata ke sana? Yuk persiapkan diri dan teman-temanmu di liburan mendatang. Untuk bisa mendaki ke Gede-Pangrango, kamu bisa melakukan registrasi/booking online melalui situs resminya di booking.gedepangrango.org.*

Kontributor Naskah: Rana