Daftar Jalur Pendakian yang Ditutup Sementara untuk Cegah Corona

Penutupan sementara dilakukan sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

Jalur Pendakian yang Ditutup Sementara untuk Cegah Corona
Pendaki Cantik - @syevaseptiane

Pendaki Cantik – Sejumlah tempat wisata alam dan jalur pendakian gunung dikabarkan telah ditutup untuk sementara. Ada yang ditutup untuk jangka waktu 14 hari, ada juga yang ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut dilakukan oleh pihak-pihak pengelola sebagai langkah antisipasi dan pencegahan atas penyebaran virus corona atau Covid-19. Adanya penutupan sementara dimaksudkan untuk menghindari pertemuan dan kerumunan orang di tempat publik.

BacaCegah Corona, Jalur Pendakian Gunung Everest Ditutup

Pendaki Cantik berusaha untuk menghimpun informasi jalur pendakian yang ditutup untuk sementara, baik dari pemberitaan media massa maupun dari unggahan rekan-rekan pendaki di media sosial. Berikut daftarnya:

1. Pendakian Kawasan Gunung Merbabu

Penutupan seluruh jalur dan tempat wisata alam di kawasan Gunung Merbabu dilakukan terhitung sejak Minggu (15/3/2020) pada pukul 18.00 WIB. Disebutkan dalam keterangan resminya, penutupan tersebut dilakukan selama 14 hari.

Gunung Merbabu diketahui memiliki lima jalur resmi pendakian. Kelima jalur tersebut adalah Jalur Selo, Jalur Cunthel, Jalur Thekelan, Jalur Suwanting, dan terakhir Jalur Wekas.

Kabar tentang pengumuman resmi penutupan sementara ini diunggah oleh akun instagram resmi Taman Nasional Gunung Merbabu.

View this post on Instagram

PENUTUPAN SEMENTARA JALUR PENDAKIAN TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU . Sehubungan dengan persebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang semakin meluas dan memperhatikan Protokol Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko persebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0005942 tanggal 14 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Diseas (COVID-19) di Jawa Tengah, maka dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di tempat-tempat umum : 1. Seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu terhitung mulai tanggal 15 Maret 2020 pukul 18.00 WIB ditutup sementara sampai dengan 14 hari ke depan. 2. Balai TN Gunung Merbabu akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan persebaran Corona Virus Disease (COVID-19) ke depan. . Demikian kami sampaikan, agar dapat menjadi perhatian dan dipedomani

A post shared by Taman Nasional Gunung Merbabu (@tngunungmerbabu_official) on

2. Pendakian di Wilayah Perhutani KPH Kedu Utara

Penutupan sementara juga berlaku untuk bukit dan gunung yang ada di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, Jawa Tengah. Keputusan penutupan berlaku sejak tanggal 17 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Adapun jalur yang ditutup mencakup Bukit Sikunir, Gunung Kembang, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung sumbing, Gunung Sikendil, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Pakuwaja, Gunung Ungaran dan Gunung Bismo.

Kabar tentang pengumuman resmi penutupan sementara ini diunggah oleh sejumlah akun instagram pendaki, diantaranya @infoandong.

Baca10 Etika Seorang Pendaki Gunung

3. Jalur Pendakian Gunung Raung via Kalibaru

Terdapat dua jalur yang umum dilewati untuk menuju puncak Gunung Raung. Jalur yang pertama adalah jalur Kalibaru dan yang kedua adalah jalur Sumber Waringin.

Diketahui, pihak pengelola telah melakukan penutupan sementara jalur pendakian Gunung Raung via Kalibaru mulai tanggal 16 Maret hingga 29 Maret 2020 mendatang.

Kabar tentang pengumuman resmi penutupan sementara ini diunggah oleh akun [email protected]

Demikian daftar sejumlah jalur pendakian yang hingga saat ini dikabarkan ditutup sementara sebagai antisipasi penyebaran virus Corona. Stay safe, Sahabat Pendaki. Salam lestari!!