Jalur Pendakian Patak Banteng–Dieng; View Terindah Suguhan Gunung Prau

Jalur Pendakian Patak Banteng–Dieng; View Terindah Suguhan Gunung Prau
Foto: Pendaki Cantik - @maulananovan & @garnisayu_

Pendakicantik.com – Jalur Pendakian Patak Banteng–Dieng merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Prau.

Gunung Prau yang terletak di provinsi Jawa tengah sebagai salah satu tujuan pendakian favorit para pendaki terutama buat pendaki pemula.

Baca Juga: 50 Opsetan Burung Cenderawasih Berhasil Diaman di Bandara Mopah Merauke

Banyak pendaki yang datang dari berbagai wilayah yang hendak mendaki Gunung Prau.

LINTAS JALUR PATHAK BANTENG – DIENG

Salah satu jalur pendakian favorit Gunung Prau ialah lewat Patak Banteng yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga: 5 Puncak Gunung yang Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih

Karena letak lokasi Basecamp Patak Banteng ada di samping jalan utama Wonosobo – Dieng, sehingga gampang sekali dijangkau, khususnya untuk pendaki yang berasal dari daerah jauh, misalnya Jakarta.

Namun agar pendakian makin puas, para pendaki bisa turun melalui jalur lain, yakni turun melalui Basecamp Prau via Dieng.

Jalur Pendakian Patak Banteng–Dieng; View Terindah Suguhan Gunung Prau
Foto: Pendaki Cantik – @YulianiAstriati

Sunrise Camp Gunung Prau

Perjalanan santai mendaki Gunung Prau via Patak Banteng memerlukan waktu sekitar 2-3 jam untuk tiba di sunrise camp.

Selain jadi tempat camping, di sinilah spot panorama pertama di Gunung Prau karena pemandangan ke selatan terbuka luas.

Di bagian selatan, tersaji indahnya panorama Gunung Sindoro dan Sumbing. Terlihat pula barisan gunung-gunung, ada gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Andong, dan gunung Telomoyo yang seakan berada di ujung cakrawala.

Kala pagi tiba, indahnya matahari terbit bisa dinikmati di Sunrise Camp. Usai puas menikmati pemandangan, kamu bisa langsung berkemas untuk melanjutkan perjalanan.

Alih-alih turun melalui jalur yang sama, kamu bisa turun melalui jalur Dieng. Jalur ini ada di sisi utara Sunrise Camp. Turun melalui jalur Dieng, kamu hanya perlu melalui jalan datar di tengah padang rumput yang luas.

Baca Juga: Rana Tonjong; Danau Lotus Terbesar di Dunia Ada di Flores

View Indah Lintas Jalur Patak Banteng – Dieng

Kamu bisa memilih untuk naik ke beberapa puncak yang ada di samping jalur datar padang sabana untuk bisa melihat sisi barat Gunung Prau.

Setelah Telaga Wurung, jalan akan sedikit menanjak untuk sampai Puncak Gunung Prau via Jalur Dieng. Di sini, pemandangan ke arah barat berupa Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya tampak begitu indah mempesona.

Dari kejauhan, terlihat Telaga Warna yang airnya berwarna kehijauan. Ada pula kawah-kawah di Dieng yang mengeluarkan asap.

Jalur Pendakian Patak Banteng–Dieng; View Terindah Suguhan Gunung Prau
Foto: Pendaki Cantik – @LutphieWiiedheanti

Kamu juga bisa menyaksikan puncak-puncak di Dataran Tinggi Dieng, yakni Gunung Pakuwaja dan Gunung Bismo. Samar-samar di balik pepohonan, Laut Jawa bisa dilihat dengan jelas saat cuaca cerah. Tampak pula bentang dataran rendah Kabupaten Batang dan Kendal.

Setelah puas menikmati indahnya panorama alam, kamu bisa meneruskan perjalanan turun melalui jalur Dieng. Sesampainya di Basecamp Dieng, kamu bisa kembali ke Basecamp Patak Banteng dengan naik bus umum dengan tarif sebesar Rp 5.000 per orang.